Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DUNIA FUNGI PETA KONSEP DUNIA FUNGI VIDEO LATIHAN SOAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DUNIA FUNGI PETA KONSEP DUNIA FUNGI VIDEO LATIHAN SOAL."— Transcript presentasi:

1

2 DUNIA FUNGI PETA KONSEP DUNIA FUNGI VIDEO LATIHAN SOAL

3

4 5 Peranan Fungi

5 Apakah itu fungi (jamur) ? Apakah hanya seperti gambar di bawah ini yang dikatakan sebagai fungi (jamur) ?

6 Jamur atau kulat (bahasa Madura, Melayu) merupakan organisme eukariotik dan tidak berklorofil. Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Oleh karena sifat-sifat tersebut, jamur tidak dapat dikelompokkan ke Kingdom Hewan maupun Tumbuhan. Jamur dikelompokkan dalam kindom tersendiri yaitu kindom Fungi.

7 Secara umum, fungi memiliki karakteristik sebagai berikut: 1. Eukariotik. 2. Multiseluler, dan ada yang uniseluler. 3. Reproduksi dengan spora. 4. Tubuh disusun dengan benang- benang yang disebut hifa, hifa-hifa bersatu membentuk miselium. Ada pula yang miseliumnya berkembang membentuk tubuh buah. 5. Habitatnya di tempat lembap. Tutup jamur Lamela Hifa Miselium Inti sel

8 Ascomycota Deuteromycota Basidiomycota Zygomycota

9 Tubuh Zygomita terdiri dari benang-benang hifa yang bersekat melintang, ada pula yang tidak bersekat melintang. Hifa bercabang-cabang banyak, dan dinding selnya mengandung kitin. Contoh : Jamur tempe( Rhizapus orizae) Jamur tempe (Rhizapus orizae), Merupakan contoh Zygomycota

10 5. Reproduksi menghasilkan spora dilakukan dengan dua cara : a. Aseksual : dilakuakn saat kondisi lingkungan mendukung b. Seksual : dilakukan saat kondisi lingkungan mendukung Ciri-ciri umum Zygomicota : 1.Heterotrof saprofit 2.Tubuh disusun oleh hifa dan miselium 3.Hifa tidak bersekat 4.Spora dihasilkan oleh sporangium.

11

12 Ciri khusus dari jamur Ascomycota adalah dapat menghasilkan spora askus (askospora). Askospora adalah spora hasil reproduksi seksual, berjumlah 8 spora yang tersimpan di dalam kotak spora. Kotak spora ini menyerupai kantong sehingga disebut askus.

13 Sarcoscypta coccine Morchella esculenta Venturia Inaequalis

14

15 Fungi Basidiomycota umumnya merupakan jamur makroskopik, dapat dilihat karena berukuran besar. Pada musim penghujan, jamur kuping dan jamur kayu (yang merupakan contoh dari divisis ini) dapat kita temukan pada pohon atau di tanah yang banyak mengandung bahan organik. Bentuk tubuh buah jamur ini mirip sperti payung, misalnya pada jamur merang yaitu Volvariella volvacea.

16 Auricularia polytricha Pleurotes sp. Lentinula edodes

17

18

19 Yaitu kelompok jamur yang belum diketahuai reproduksi seksualnya. Semua jamur yang belum diketahui reproduksi seksualnya dimasukkan ke dalam kelompok ini. Yaitu kelompok jamur yang belum diketahuai reproduksi seksualnya. Semua jamur yang belum diketahui reproduksi seksualnya dimasukkan ke dalam kelompok ini.

20 SIMBIOSIS FUNGI MIKORIZA LICHEN LICHEN

21 MIKORIZAMIKORIZA Mikoriza merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut simbiosis antara jamur dengan akar tumbuh- tumbuhan. Kata mycorrizae berarti “akar fungi” yang mengacu pada struktur yang dibentuk baik oleh sel-sel akar dan hifa dari fungi yang bergabung.

22 LICHEN LICHEN Lichen bukan lumut daun atau jenis tumbuhan lain, dan lichen juga bukan merupakan organisme individual. Lichen adalah suatu asosiosi simbiotik dari berjuta-juta mikorganisme fotosintetik yang disatukan dalam jaringan hifa fungi.

23 Peran Fungi bagi Kehidupan Peran Fungi bagi Kehidupan

24 1. Khamir Sacharomyces, berguna sebagai fermentor dalam industri keju, roti, dan bir. 2. Penicillium notatum, berguna sebagai penghasil antibiotik. 3. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer. 4. Volvariella volvacea (jamur merang ) berguna sebagai bahan pangan yang berprotein tinggi. 5. Rhizopus dan Neurospora berguna dalam pembuatan tempe dan oncom. Peran Menguntungkan Beberapa contoh fungi yang mempunyai peran menguntungkan

25 Peran Merugikan Beberapa contoh fungi yang mempunyai peran merugikan 1. Pneumonia carinii, menyebabkan penyakit pnemonia pada paru-paru manusia. 2. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian 3. Candida sp. penyebab penyakit keputihan dan sariawan pada manusia.

26 1. Apa yang kamu ketahui mengenai jamur? 2. Jelaskan ciri-ciri jmaur! 3. Apakah perbedaan antara sporangiofor dan konidiofor? 4. Apakah perbedaan antara askus dan basidium? 5. Jelaskan proses terbentuknya askospora! 6. Jelaskan antara Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota! 7. Tuliskan contoh jamur yang bermanfaat bagi manusia! 8. Jelaskan perbedaan antara endomikoriza dan ektomikoriza! 9. Jelaskan apa yang dimasud dengan lichen! 10. Tuliskan contoh jamur yang merugikan!

27 Daftar Pustaka Campbell, N. A., J.B. Reece, & L.G. Mitchell.2005.Biologi. Edisi kelima-Jilid 2. Jakarta: Erlangga Fried, Ph. D.,George H. & Hademones, Ph. D., George J Biologi. Jakarta: Erlangga Kimball, John W Biologi. Edisi kelima-jilid 3. Terj. dari: Biology. 3th ed. Oleh Soetarmi Tjitrosomo, Siti, & Sugiri, Nawangsari. Jakarta: Erlangga

28


Download ppt "DUNIA FUNGI PETA KONSEP DUNIA FUNGI VIDEO LATIHAN SOAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google