Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By : Nanda Prasetia, ST. KOMUNIKASI ANTAR PROSES.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By : Nanda Prasetia, ST. KOMUNIKASI ANTAR PROSES."— Transcript presentasi:

1 By : Nanda Prasetia, ST

2 KOMUNIKASI ANTAR PROSES

3 ada kalanya proses-proses yang berjalan saling bekerja sama sehingga sistem operasi harus menyediakan fasilitas komunikasi antar proses. ada 2 macam model komunikasi antar proses yang saling bekerja sama, yaitu : 1. Model bertukar pesan (message passing) 2. Model berbagai pakai memori (shared memory)

4 Gambar model komunikasi antar proses a. Message Passing b. Shared Memory

5 Melibatkan intervensi sistem operasi secara langsung. Misalnya proses A hendak menyampaikan suatu pesan M ke proses B maka proses A akan mengirimkan pesannya ke kernel sistem operasi (1), yang kemudian diteruskan ke proses B (2). Pesan M harus mengandung informasi alamat tujuan dari pesan tersebut. Hal ini sama halnya jika kita ingin mengirim kartu pos ke orang lain. Pada kartu pos dicantumkan pesan dan alamat tujuannya. Kemudian kita menyampaikan kartu pos tersebut ke kantor pos, dan kemudian pihak kantor pos menyampaikan pesan tersebut ke pihak penerima

6 Mekanisme ini melibatkan sistem operasi pada saat mengalokasikan memory ke proses-proses yang akan saling berkomunikasi lewat fasilitas ini. Caranya adalah bagian tertentu dari ruang alamat dua proses tersebut dipetakan ke suatu lokasi memory fisik yang sama sehingga proses-proses tersebut dapat menulis maupun membaca dari lokasi memory ini. Proses A mengirimkan pesan dengan cara menulis pesannya diruang memori bersama ini. Proses B menerima pesan tersebut dengan dengan membacanya dari ruang memori tersebut. Perhatikan, dari perspektif masing-masing proses, mereka menulis atau membaca ruang alamat mereka sendiri. Pengaksesan ke memori bersama ini umumnya membutuhkan sinkronisasi agar tidak terjadi perebutan akses bersamaan yang dapat menyebabkan ketidakkonsistenan data yang diakses.

7 Model komunikasi message passing dapat dikelompokkan dalam dua bentuk, yaitu : 1. Komunikasi langsung 2. Komunikasi tidak langsung

8

9 1. Tuliskan, jelaskan dan gambarkan 2 model komunikasi antar proses yang saling bekerja sama! 2. Tuliskan, jelaskan dan gambarkan 2 model komunikasi message passing! 3. Tuliskan ciri-ciri komunikasi langsung dan tak langsung! 4. Gambarkan model komunikasi tak langsung lewat sejumlah mailbox dan jelaskan! 5. Kenapa komunikasi message parsing sering membutuhkan penggunaan message buffer? Jelaskan! 6. Gambarkan dan jelaskan skema penggunaan message buffer pada komunikasi message passing! 7. Tuliskan dan jelaskan bentuk-bentuk antrian yang merupakan implementasi dari message buffer! 8. Tuliskan dan jelaskan kesulitan-kesulitan yang muncul pada konkurensi! 9. Tuliskan prinsip-prinsip konkurensi! 10. Tuliskan masalah-masalah yang harus diselesaikan pada proses konkurensi!


Download ppt "By : Nanda Prasetia, ST. KOMUNIKASI ANTAR PROSES."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google