Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Grafik Komputer 2 Hal.: 1Isikan Judul Halaman Teori Warna Grafik Komputer 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Grafik Komputer 2 Hal.: 1Isikan Judul Halaman Teori Warna Grafik Komputer 2."— Transcript presentasi:

1 Grafik Komputer 2 Hal.: 1Isikan Judul Halaman Teori Warna Grafik Komputer 2

2 Hal.: 2Isikan Judul Halaman Apa itu Warna? Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Dari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.

3 Grafik Komputer 2 Hal.: 3Isikan Judul Halaman Teori Warna Warna di Komputer Di dunia komputer ada banyak sistem warna, antara lain RGB (Red-Green-Blue), CMYK (Cyan-Magenta-Yellow- Black), LAB Color (lightness A (Green-red axis) B(blueyellow axis)), HLS (Hue-Lightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.

4 Grafik Komputer 2 Hal.: 4Isikan Judul Halaman Teori Warna Berdasarkan fungsinya, aplikasi warna di layar komputer dibedakan menjadi dua, yaitu : 1. warna additive Warna additive digunakan untuk desain tampilan di layar monitor, tidak untuk kebutuhan cetak. Di antara sistem warna additive adalah RGB, LAB Color dan HLS. Desain yang menggunakan model warna additive, misalnya game, wallpaper, web dan video. 2. warna subtractive. Warna ini merupakan perpaduan beberapa warna primer. Warna subtractive digunakan untuk kebutuhan cetak. Sistem warna yang digunakan adalah CMYK. Sistem warna ini berasal dari tiga warna primer dan perpaduan ketiganya menghasilkan warna hitam.

5 Grafik Komputer 2 Hal.: 5Isikan Judul Halaman Spektrum warna  Cahaya matahari yang dilewatkan pada prisma menghasilkan spetrum warna.  ‘warna’ objek yang diterima oleh penglihatan manusia ditentukan oleh cahaya dipantulkan oleh objek tersebut.

6 Grafik Komputer 2 Hal.: 6Isikan Judul Halaman Akromatik vs Kromatik  Cahaya akromatik: tidak berwarna, hanya menggunakan intensitas yang diukur dengan tingkat  keabuan. Contoh: TV hitam-putih, citra monokrom yang kita gunakan  Cahaya kromatik: panjang gelombang 400~700 nm. Tiga satuan yang digunakan untuk mendeskripsikan kualitas dari sumber cahaya akromatik:  Radiance  Luminance  Brightness

7 Grafik Komputer 2 Hal.: 7Isikan Judul Halaman Cahaya Kromatik  Radiansi:  jumlah energi yang memancar dari sumber cahaya (dalam satuan watt)  Luminasi:  jumlah energi yang diterima oleh observer dari sumber cahaya (dalam satuan lumens, lm). contoh: sinar inframerah memiliki radiansi yang besar tapi nyaris tidak dapat dilihat oleh observer  Brightness:  Deskriptor yang subjektif, mirip dengan pengertian intensitas pada akromatik, walah satu faktor penentu dalam menggambarkan sensasi warna

8 Grafik Komputer 2 Hal.: 8Isikan Judul Halaman Gelombang warna

9 Grafik Komputer 2 Hal.: 9Isikan Judul Halaman Pemrosesan Informasi oleh Observer Manusia  Persepsi visual  Berhubungan dg bagaimana persepsi thd citra oleh observer manusia Pemrosesan awal oleh mata Pemrosesan lebih jauh oleh otak  Penting utk mengembangkan image fidelity measure Diperlukan utk perencanaan & evaluasi algoritma & sistem DIP/DIV  Trichromatic color theory (Thomas Young): color vision adalah hasil dari tiga photoreceptors berbeda

10 Grafik Komputer 2 Hal.: 10Isikan Judul Halaman Anatomi Mata

11 Grafik Komputer 2 Hal.: 11Isikan Judul Halaman Mata vs Kamera

12 Grafik Komputer 2 Hal.: 12Isikan Judul Halaman Persepsi Warna Manusia  Retina berisi photo receptors  Cones: day vision dp melihat (persepsi) color tone (Hue) Tiga tipe cones (Red, green & blue cones)  overlapping passband dg puncak sekitar merah (560 nm), hijau (530 nm) dan biru (440 nm) Teori Tri-receptors color vision [Young 1802]  Rods: night vision, persepsi hanya brightness  Sensasi color dikarakteristikkan oleh  Luminance (brightness)  Chrominance Hue (color tone) Saturation (color purity) Respon dari suatu cone bergantung pd panjang gelombang dan intensitasnya Interaksi diantara paling sedikit 2 tipe cone diperlukan utk mendpka kemmampuan mempersepsi warna Diperkirakan masing2 dari tipe cone HVS dp membedakan 100 gradasi berbeda, otak mengkombinasikan variasi ini shg manusi dp membedakan sekita 1 juta warna berbeda

13 Grafik Komputer 2 Hal.: 13Isikan Judul Halaman Trichromatic Color Mixing  Dari struktur mata manusia, semua warna dipandang sebagai kombinasi variabel dari primary color: red (R), green (G) dan blue (B)  Utk standarisasi CIE (Commission Internationale de l’Eclairage – the International Commission on Illumination):  Blue = 435,8 nm  Green = 546,1  Red = 700 nm  Nilai R, G, dan B yg diperlukan utk membentuk sembarang color disebut nilai tristimulus: X, Y, Z  Suatu color dispesifikasikan oleh trichromatic coefficient: x = Z/(X+Y+Z) y = Y/(X+Y+Z)  x + y + z =1 z = Z/(X+Y+Z)

14 Grafik Komputer 2 Hal.: 14Isikan Judul Halaman Bagaimana Warna Dinyatakan  Warna dinyatakan dalam komponen RGB (red, green, blue), CMYK (cyan, magenta, yellow, black), HSV, HLS atau YIQ. RGB color cube Mengubah RGB ke CMYK: C = 1 - R M = 1 - G Y = 1 - B K = min(C,M,Y) C’ = C - K M’ = M - K Y’ = Y - K

15 Grafik Komputer 2 Hal.: 15Isikan Judul Halaman CIE Colorspace  CIE (Commision Internationale d’Eclairage) mendefinisikan spektrum warna seperti gambar berikut:

16 Grafik Komputer 2 Hal.: 16Isikan Judul Halaman CIE Chromacity Diagram  Lebih mudah melihat warna CIE dalam diagram berikut

17 Grafik Komputer 2 Hal.: 17Isikan Judul Halaman Color Gamut  Beberapa device hanya bisa menampilkan spektrum warna yang terbatas 10

18 Grafik Komputer 2 Hal.: 18Isikan Judul Halaman Dithering  Dithering dilakukan untuk mensimulasikan warna yang lebih banyak daripada yang bisa dihasilkan suatu device  Dibutuhkan saat kapan? 11 Classical halftone pada suratkabar

19 Grafik Komputer 2 Hal.: 19Isikan Judul Halaman Dither Pattern  Pada komputer, dithering merupakan trade-off antara spatial resolution dan warna.

20 Grafik Komputer 2 Hal.: 20Isikan Judul Halaman Membuat Dither Pattern  Pattern ukuran berapapun dapat dibuat dengan rule di atas. Lihat contoh pattern 8x8 di atas!

21 Grafik Komputer 2 Hal.: 21Isikan Judul Halaman Warna primer vs warna sekunder (pada cahaya)  Warna primer:  red (R), green (G), blue (B)  perhatikan bahwa komponen RGB saja tidak bisa menghasilkan semua spektrum warna, kecuali jika panjang gelombangnya juga dapat bervariasi  Warna sekunder:  Magenta (R+B), cyan (G+B), yellow(R+G)  Campuran 3 warna primer: putih

22 Grafik Komputer 2 Hal.: 22Isikan Judul Halaman Warna primer vs warna sekunder pada pigmen  Warna primer:  magenta, cyan, yellow  Definisi: menyerap warna primer cahaya dan merefleksikan/mentransmisikan dua warna lainnya  Warna sekunder:  R,G,B  Campuran ketiga warna: hitam

23 Grafik Komputer 2 Hal.: 23Isikan Judul Halaman

24 Grafik Komputer 2 Hal.: 24Isikan Judul Halaman Brightness, hue, saturation  Tiga karakteristik yang digunakan untuk membedakan satu warna dengan lainnya  Brightness: intensitas kromatik  Hue: panjang gelombang dominan dalam campuran gelombang cahaya (warna dominan yang diterima oleh observer). Kita menyebut suatu benda ‘merah’ atau ‘biru’ -> berarti kita menyebutkan hue-nya  Saturasi: kemurnian relatif (pada spektrum warna murni: merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan violet tersaturasi penuh, sedangkan pink saturasinya lebih rendah  Hue + saturasi  kromatisitas

25 Grafik Komputer 2 Hal.: 25Isikan Judul Halaman Model Warna  Memfasilitasi spesifikasi warna, model warna digunakan untuk menspesifikasikan sebuah sistem koordinat 3D untuk representasi warna  Model warna berorientasi hardware: model RGB untuk monitor warna dan kamera video, model CMY untuk printer warna, model YIQ untuk siaran TV warna

26 Grafik Komputer 2 Hal.: 26Isikan Judul Halaman Model RGB- unit cube

27 Grafik Komputer 2 Hal.: 27Isikan Judul Halaman Model RGB: kubus warna

28 Grafik Komputer 2 Hal.: 28Isikan Judul Halaman

29 Grafik Komputer 2 Hal.: 29Isikan Judul Halaman Safe RGB Colors  Banyak sistem terbatas pada 256 warna walaupun 24-bit citra RGB tersedia  Dibentuklah kumpulan warna RGB aman (dapat digunakan pada semua sistem: all-systems-safe)  Dari 256 warna tersebut, 40 warna diproses dengan cara yang berbeda oleh bermacam OS, sisanya tinggal 216 warna yang berlaku umum bagi semua sistem.

30 Grafik Komputer 2 Hal.: 30Isikan Judul Halaman Safe RGB Colors  216 warna ini telah menjadi standar de facto untuk safe colors, terutama untuk aplikasi internet.  Setiap 216 warna ini terdiri dari 3 komponen RGB, tapi masing-masing hanya boleh bernilai 0,51,102, 153, 204, 255 (lihat tabel di bawah)  Warna merah murni: FF0000, biru murni: 0000FF, hitam: , putih: FFFFFF

31 Grafik Komputer 2 Hal.: 31Isikan Judul Halaman 216 safe colors

32 Grafik Komputer 2 Hal.: 32Isikan Judul Halaman Model CMY  Asumsikan semua nilai warna dinormalisasi menjadi [0,1]  Model CMY digunakan untuk membuat output hardcopy  CMYK  K adalah warna keempat: hitam; karena CMY yang dicampur tidak dapat menghasilkan warna hitam pekat, sedangkan seringkali kita harus mencetak dengan warna hitam pekat.  Rumusan:  C = 1 – R  M = 1 – G  Y = 1 – B

33 Grafik Komputer 2 Hal.: 33Isikan Judul Halaman Model HSI  RGB dan CMY tidak cocok untuk mendeskripsikan colors berdasarkan interpretasi manusia  Hue (H), Saturation (S), Intensitas (I)  Hue: mendeskripsikan warna murni  Saturasi: derajat banyaknya warna murni dilunakkan dengan warna putih  Intensitas: menggabungkan informasi warna dari H dan S

34 Grafik Komputer 2 Hal.: 34Isikan Judul Halaman Model HSI  I (intensity)  garis yang menghubungkan titik black dan white  Semua titik pada garis ini adalah abu-abu.

35 Grafik Komputer 2 Hal.: 35Isikan Judul Halaman Model HSI  H (hue)  semua titik pada bidang yang dibatasi oleh titik black, white dan warna-x, memiliki hue yang sama, yaitu warna-x.  Contoh pada gambar sebelumnya: warna-x: cyan  S (saturasi)  untuk menentukan saturasi (kemurnian) dari warna-x: buat bidang dari titik warna-x tegak lurus dengan sumbu intensitas dan memiliki hue yang sama. Saturasi adalah jarak terdekat antara titik warna-x dengan sumbu intensitas

36 Grafik Komputer 2 Hal.: 36Isikan Judul Halaman

37 Grafik Komputer 2 Hal.: 37Isikan Judul Halaman

38 Grafik Komputer 2 Hal.: 38Isikan Judul Halaman Model YIQ YIQ (Y for luminance, I for in-phase and Q for quadrature), like YUV, is a color space used in television signals. YIQ is used predominantly by the NTSC television standard for encoding color information. The Y component, like in YUV, is used to encode luminance information, and is the only component used by black-and-white television receivers. The I and Q signals contain the actual color information. The YIQ color space is actually exactly the same as YUV, except the I-Q plane differs from the U-V plane by a simple 33-degree rotation and axis-swap. This rotation puts the I color axis in the orange region of the color space, which is where flesh tones are found. Since the human eye notices incorrect flesh tones more easily than other color defects, I can then be given a higher bandwidth than Q in a severely limited-bandwidth video signal such as NTSC by modifing the circle-based quadrature modulation into an ellipse-based variant, where the I axis is the major axis of the ellipse and the Q axis is the minor axis.luminancequadratureYUVcolor spacetelevisionNTSCluminancequadrature modulation

39 Grafik Komputer 2 Hal.: 39Isikan Judul Halaman Model YIQ  Most newer systems from PAL onward, that don't suffer from such tight bandwidth limits, prefer the technically easier-to-use YUV color space.PAL  A formula exists for converting colors from the RGB color space to YIQ. This formula, where R, G, and B are defined on a scale from zero to one, is shown below.RGB  The approximate value of the matrix is:


Download ppt "Grafik Komputer 2 Hal.: 1Isikan Judul Halaman Teori Warna Grafik Komputer 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google