Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI RUMAH TANGGA KELOMPOK 7 1.Himawan Era Prasetya 2.Tri Agusman 3.Akhmad Mulyanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI RUMAH TANGGA KELOMPOK 7 1.Himawan Era Prasetya 2.Tri Agusman 3.Akhmad Mulyanto."— Transcript presentasi:

1 EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI RUMAH TANGGA KELOMPOK 7 1.Himawan Era Prasetya 2.Tri Agusman 3.Akhmad Mulyanto

2 DEFINISI Efisiensi merupakan salah satu langkah dalam pelaksanaan konservasi energi. Penggunaan lebih sedikit energi untuk menghasilkan jumlah layanan yang sama. Di masyarakat umum, efisiensi energi juga diartikan sebagai penghematan energi.

3 EFISIENSI ENERGI: SIAPA SAJA DAN MENGAPA? KARENA: 1.Cadangan energi fosil terbatas. 2.Mengurangi kerusakan lingkungan hidup. 3.Mengurangi subsidi pemerintah. 4.Penghematan biaya pada pengguna energi.

4 Human Development Index Source : ADB, Key Indicators for Asia and the Pacific 2011

5 GDP per unit of energy use (US$ per kilogram of oil equivalent) Asean Source : ADB, Key Indicators for Asia and the Pacific 2011

6 Electricity Consumption and Electrification – Indonesia(*) Electricity Consumption (per capita kWh) Household Electrification Rate (percent of households) (*) Asian Development Bank (ADB) Key Indicators for Asia and the Pacific 2011

7 KOMPOSISI PENGGUNA ENERGI DI INDONESIA Sumber : Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, 2011.

8 2025 ARAH KEBIJAKAN ENERGI NASIONAL

9 PARADIGMA PENGELOLAAN ENERGI NASIONAL

10 MENJAGA DEMAND RUMAH TANGGA 1. Membuat masyarakat tahu harga konsumsi energi per alat rumah tangga. 2. Mengajak masyarakat untuk berhemat.

11 CONTOH CARA BERHEMAT LSITRIK 1. Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kebutuhan. 2. Memilih peralatan pemanfaat listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 3. Menyalakan peralatan pemanfaat listrik hanya pada saat diperlukan. 4. Memelihara peralatan pemanfaat listrik secara teratur. 5. Desain bangunan rumah.  Contoh kampanye hemat listrik yang diterbitkan oleh EECCHI (Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia adalah sebuah fasilitas pelayanan yang berada di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan upaya konservasi energi dan efisiensi energi di Indonesia).

12

13 KESIMPULAN 1.Meskipun porsinya hanya 11%, Rumah Tangga merupakan segmen pengguna energi yang paling mudah untuk diterapkan upaya-upaya efisiensi energi. 2.Perlu dicari kebijakan dan strategi yang tepat untuk secara efektif meningkatkan tingkat konservasi energi pada segmen ini selain mengandalkan efisiensi, seperti: biogas, mikrohidro, dll.

14 TERIMAKASIH


Download ppt "EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI RUMAH TANGGA KELOMPOK 7 1.Himawan Era Prasetya 2.Tri Agusman 3.Akhmad Mulyanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google