Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADD-ON Dasar HTML. HTML? singkatan dari HyperText Markup Language menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADD-ON Dasar HTML. HTML? singkatan dari HyperText Markup Language menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu."— Transcript presentasi:

1 ADD-ON Dasar HTML

2 HTML? singkatan dari HyperText Markup Language menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Software yang diperlukan: Text editor sederhana. Contoh: Windows: Notepad Linux: gEdit, mcedit, pico, dan vi. Web browser untuk menampilkan dokumen web yang dibuat. Contoh: Windows: Internet Explorer, Opera dan Firefox Linux: Firefox dan Conqueror.

3 Istilah-istilah dalam HTML: Tag - Digunakan untuk menentukan tingkah laku web browser. Dinyatakan dengan tanda lebih kecil “ ” (tag akhir).Tag kontainer:..... Element – Jenis-jenis dari tag. HTML mempunyai banyak elemen untuk berbagai keperluan dengan berbagai bentuk penggunaan. Attribute - Digunakan untuk memodifikasi nilai dari elemen HTML. Suatu elemen biasanya akan mempunyai banyak atribut.

4 Tag Utama dalam struktur dokumen HTML:

5 Tag-tag dalam : Untuk warna latar belakang Untuk heading Untuk paragraf Untuk preformatted text Untuk blockquote Untuk break Untuk font Untuk format dokumen Untuk garis pemisah horisontal Untuk list/daftar Untuk memuat gambar Untuk hypertext link Dan lain-lain

6 Membuat warna latar belakang: Menggunakan warna... Script: Penggunaan Latar Belakang Warna Kami sedang mulai belajar Pemrograman Basis Data Berbasis Web

7 Menggunakan gambar... Script: Penggunaan Latar Belakang Gambar Kami sedang mulai belajar Pemrograman Basis Data Berbasis Web Tampilan:

8 Relative Path Dalam direktori yg sama:./ Dalam direktori sebelumnya:../

9 Heading: Untuk judul atau sub judul dalam dokumen HTML Script: Heading Heading 1: Materi HTML Heading 2: Materi HTML Heading 3: Materi HTML Heading 4: Materi HTML Heading 5: Materi HTML Heading 6: Materi HTML Tampilan:

10 Paragraf: Paragraf yang bisa diatur perataannya (kiri, tengah, kanan):... Untuk Tulisan awal paragraph Gunakan :   sesuai yang diinginkan Script: Paragraf Materi HTML Kami sedang mulai belajar Pemrograman Berbasis Web. Pada awal materi kami diperkenalkan pada konsep dasar Web Saat ini masuk ke materi Dasar-dasar HTML Tampilan:

11 Break: Untuk menulis teks pada baris berikutnya:

12 Font: Ukuran font... Jenis font... Warna font...

13 Format dokumen: Bold:... Italic:... Superscript:... Subscripted:... Strike trough:...

14 Garis pemisah horisontal: Garis horisontal untuk memisahkan teks dengan teks lain.

15 Memuat Gambar: Memuat gambar ke dalam halaman Web Script: Insert Gambar Aloooo... Tampilan:

16 Hypertext Link: Format:... Link ke dokumen lain... Link ke bagian tertentu dalam dokumen yang sama... Link ke alamat URL atau WebSite... Link ke alamat ... Link File yang akan didownload...

17 Tag-tag Membuat Tabel Tabel merupakan sekumpulan baris dan kolom. Bentuk Umum pendeklarasian table adalah sebagai berikut : ………. tag untuk membuat baris,kolom, dll ………. Jenis-jenis tag HTML yang digunakan dalam pembuatan table, yaitu : tag Table Row → Untuk pembuatan Baris tag Table Data → Untuk pembuatan Kolom tag Table Header → Untuk membuat judul Tabel

18 Tag-tag Membuat Tabel Untuk membuat tabel, HTML menyediakan tag. Dalam tag terdapat banyak atribut, yaitu : AtributFungsi BORDERMenentukan ukuran border / garis tabel WIDTHMenentukan lebar table HEIGHTMenentukan tinggi table BGCOLORMenentukan background table BACKGROUNDMenentukan gambar yang digunakan untuk background tabel COLORUntuk mengatur warna suatu sel dalam tabel ALIGNMengatur bentuk perataan horizontal VALIGNMengatur bentuk perataan vertical ROWSPANMenggabungkan beberapa baris COLSPANMenggabungkan beberapa kolom CELLSPACING & CELLPADDING Mengatur spasi antarsel & spasi dalam sel

19 Tag-tag Membuat Form Form digunakan untuk menerima masukan / input dari user dan memproses hasil inputan. User menerima informasi melalui sejumlah elemen yang disebut Kontrol. Kontrol ini bisa berupa textbox, checkbox, radio button, list menu dan lainya. Standar Penulisan FORM, yaitu : Beberapa atribut yang terdapat dalam FORM, yaitu : AtributFungsi METHODMetode pengiriman data ke file tujuan, 2 yaitu POST dan GET ACTIONAksi yang akan dilakukan jika user menekan tombol submit. NAMEMemberikan nama tiap input. VALUEMemberikan nilai suatu input. TYPETipe form yang akan kita gunakan

20 Tag-tag Membuat Form  TEXTBOX Textbox merupakan salah satu jenis control untuk memasukan data. HTML menyediakan tag dengan atribut type=”text” untuk membuat kotak input. CONTOH : OUTPUT :

21 Tag-tag Membuat Form  CHECKBOX Checkbox digunakan untuk memberi beberapa pilihan kepada user. Dengan checkbox user dapat memilih salah satu, lebih dari satu pilihan atau tidak sama sekali memilih. Atribut Checked memberi tanda bahwa pilihan tersebut sedang diaktifkan. CONTOH : OUTPUT :

22 Tag-tag Membuat Form  RADIO BUTTON Pada type Radio, maka user memilih salah satu pilihan yang tersedia, sehingga user tidak bisa memilih kurang atau lebih dari satu pilihan. CONTOH : OUTPUT :

23 Tag-tag Membuat Form  TEXT AREA Text Area untuk menginput data string ataupun angka yang terdiri atas banyak baris. CONTOH : OUTPUT :

24 Tag-tag Membuat Form  COMBO BOX digunakan untuk menampilkan daftar data berupa menu list yang berisi pilihan. CONTOH : OUTPUT :

25 Pembuatan Frame FRAME Frame HTML dapat digunakan untuk membuat tampilan HTML yang terbagi-bagi menjadi beberapa dokumen HTML, dimana setiap bagian merupakan satu halaman HTML, sehingga tampilan halaman HTML yang salah satu atau beberapa bagian berganti-ganti isinya sedangkan bagian lain tetap sehingga dapat menghemat bandwith internet dan mempercepat proses download secara keseluruhan. Bentuk Umum :

26 Tag-tag Membuat Frame Atribut-atribut yang digunakan dalam FRAME : AtributFungsi FRAMESET ROWS Membuat frame horisontal dengan tinggi baris tertentu. Bentuk umumnya: FRAMESET COLS Membuat frame vertikal dengan lebar kolom tertentu. Bentuk umumnya : FRAME SRCMemasukan dokumen HTML ke dalam frame NOFRAMEMemasukan body text untuk browser yang tidak dapat menampilkan frame. CONTOH :

27 Terima Kasih


Download ppt "ADD-ON Dasar HTML. HTML? singkatan dari HyperText Markup Language menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google