Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0

2 2 Pokok Bahasan (3) : Pemanfaatan berbagai fungsi/Instruksi grafik yang telah ada (OpenGL) dengan C/C++ Compiler Oleh : Djunaidy Santoso M.Kom.

3 3 Pokok Bahasan (3) : Pemanfaatan berbagai fungsi/Instruksi grafik yang telah ada (contoh OpenGL) dengan C/C++ Compiler

4 4 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menghasilkan program Grafik dengan IBM PC dalam grafika komputer.

5 5 Outline Materi Materi 1 : Inisialisasi fungsi grafik Materi 2 : Set modus video Materi 3 : Fungsi-fungsi grafik Materi 4 : Blok Diagram CGA/VGA/SVGA Materi 5 : Menggambar titik pada layar

6 6 PEMROGRAMAN GRAFIK (pada keluarga IBM PC) Memory Pemetaan Display Keluarga IBM PC menggunakan memory pemetaan display. Tergantung modus dan jenis video, memory ini lokasinya pada A0000H hingga BFFFFH. Modus : Text dan Graphics Jenis video : CGA, VGA (hanya ini yang kita bahas) SVGA ?? Lihat tabel Memory Assignment seperti berikut : pa charac Colors Start Mode card Type ge ters pixels[/pallets] Address 0H,1H CGA Text8 40x25 320x200 16B8000H 0H,1H VGA Text 8 40x25 360x400 16/256K B8000H 2H,3HCGA Text 4 80x25 640x200 16B8000H 2H,3HVGAText480x25720x40016/256KB8000H 4H,5HCGAGraphics140x25320x2004B8000H 4H,5HVGAGraphics140x25320x2004/256KB8000H 6HCGAGraphics180x25640x2002B8000H 6HVGAGraphics180x25640x2002/256KB8000H 10HVGAGraphics280x25640x35016/256KA8000H 12HVGAGraphics140x25320x200256/256KA8000H

7 7 Modus Teks Tiap Karakter menempati 2 byte memori : byte 1 : Kode ASCII yang ditampilkan byte 2 : atribut karakter bit 7 : blink-enable bit 6-4 : 3 bit warna latar belakang (000-111) bit 3-0 : 4 bit warna huruf (0000-1111) Konstanta simbolik pada Turbo C dan Turbo Pascal Konstanta Nilai Huruf atau simbolikNumerikBinerlatar belakang ? BLACK 00000keduanya BLUE 10001keduanya GREEN 20010keduanya CYAN 30011keduanya RED 40100keduanya MAGENTA 50101keduanya BROWN 60110keduanya LIGHTGRAY 70111keduanya DARKGRAY 81000hanya huruf LIGHTBLUE 91001hanya huruf LIGHTGREEN 101010hanya huruf LIGHTCYAN 111011hanya huruf

8 8 Turbo C : library void textattr (int attr) void textbackground (into color) void textcolor (int color) Turbo Pascal : Unit Crt var textattr:byte; procedure textbackground(c:byte); procedure textcolor( c:byte);

9 9 CGA (Color Graphics Adapter) pada modus grafik Mode 4H,5H: 2 bit per pixel (=1byte per 4 pixel) Mode 6H: 1 bit per pixel (=1byte per 8 pixel) CGA I/O Ports Mode Select Port(port 3D8H) bit 7 6 5 4 3 2 1 0 Arti dari bit 0 s/d 7 bisa dilihat dari buku wajib dan Lewat internet ( dengan google : CGA/VGA/SVGA I/O Port.)

10 10 VGA ( Video Graphics Array) Mode 4H,5H : 2bit per pixel (=1 byte per 4 pixel) Mode 6H : 1bit per pixel (=1 byte per 8 pixel) Mode DH,EH,FH 10H,11H, 12 H, 13H, dst Bentuk Umum Register Full Register AX 2 byte BX 2 byte CX 2 byte DX 2 byte

11 11 Half Register high byte low byte AH AL BH BL CH CL DH DL Struct fullregs { unsigned int ax ; unsigned int bx ; unsigned int cx ; unsigned int dx ; }; Struct halfregs { unsigned int ax ; unsigned int bx ; unsigned int cx ; unsigned int dx ; }; Unions REGS { struct fulltegs x ; struct halfregs h ; } General Registers Miscellaneous Output Register (Port 3c2), Write Only Miscellaneous Control Register (Port 3d2), Write Only Input Status Register Zero (Port 3c2), Read Only Input Status Register (Port 3d2), Read Only

12 12 Sequencer Register Port : 3c4, 3c5 Reset -Sequencer Register 0 Clocking Mode -Sequencer Register 1 Map Mask -Sequencer Register 2 Character Map Select- Sequencer Register 3 Memory Mode -Sequencer Register 4 Attribute Registers Port : 3c0h Pallete Register -Attribute Register 00h to 0fh Mode Control - Attribute Register 10h Oversan Color - Attribute Register 11h Color Plane Enable - Attribute Register 12h Horizontal Pixel Panning -Attribute Register 13h Color Select Register - Attribute Register 14h Note : Pelajari penggunaan register tersebut.

13 13 > Mahasiswa mampu menghasilkan program grafik dengan IBM PC dalam grafika Komputer.


Download ppt "1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google