Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Komputer. Klasifikasi Bahasa Pemrograman Bahasa Generasi Pertama  Berorientasi pada mesin  Disusun dengan menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Komputer. Klasifikasi Bahasa Pemrograman Bahasa Generasi Pertama  Berorientasi pada mesin  Disusun dengan menggunakan."— Transcript presentasi:

1 BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Komputer

2 Klasifikasi Bahasa Pemrograman Bahasa Generasi Pertama  Berorientasi pada mesin  Disusun dengan menggunakan Bahasa Mesin  Sulit dipahami dan membosankan.  Eksekusinya sangat cepat  Sangat bergantung pada mesin (machine dependent)

3 Bahasa Generasi Kedua  Menggunakan Bahasa Rakitan (Assembly)  Untuk pengganti kode biner, digunakan kependekan perintah (mnemonic). Misal: CMP (Compare), MOV (Move), dan lain sebagainya.  Setiap instruksi Bahasa Rakitan, identik dgn instruksi Bahasa Mesin.Lebih mudah dipahami, dibandingkan denghan Bahasa Mesin  Bahasa Rakitan masih banyak digunakan, terutama untuk pengendalian hardware.  Bahasa Mesin dan Bahasa Rakitan digolongkan bahasa beraras rendah (low-lavel language), krn berorientasi pada mesin.  Contoh: Turbo Assembler, Macro Assembler, dan lain-lain.

4 Bahasa Generasi Ketiga  Menggunakan pendekatan prosedural.  Menggunakan kata-kata yang mendekati bahasa ma- nusia.  Sering disebut sebagai bahasa beraras tinggi (high- level language).  Contoh: Ada, Algol, Cobol, C, Euclid, Basic, Fortran, Pascal, dan lain sebagainya.

5 Bahasa Generasi Keempat  Dirancang utk mengurangi waktu pemrogram dalam membuat program, sehingga produktivitas pemrogram meningkat.  Dikenal dengan sebutan 4GL (Forth Generating Langu- age).  Umumnya dipakai oleh pemakai yg kurang mengetahui hal-hal teknis.  4GL biasanya disebut dengan bahasa beraras sangat tinggi (very high level language) atau bahasa yang ber- orientasi pada masalah (problem oriented language).  Menggunakan pendekatan non-prosedural.

6 Bahasa Generasi Keempat.... lanjutan  4GL mendukung:  Pembangkitan program (application/program generator): piranti yg berfungsi utk membuat aplikasi dgn mudah.  Pembangkit laporan (report generator): piranti yang ber- fungsi utk membuat laporan dgn cepat & mudah.  Bahasa query: piranti yg memungkinkan query dgn SQL dgn cara yang mudah & cepat.  Pembangkit gambar (graphics generator): piranti utk me- nyajikan data dalam bentuk grafik.  Contoh: Oracle, Informix, Sybase, PowerHouse, Access, Focus, dan lain sebagainya.

7 Bahasa Generasi Kelima  Kelompok bahasa pemrograman yang ditujukan utk me- nangani kecerdasan buatan (Artificial Intelligence -- AI)  Aplikasi AI: natural language, robotika, sistem pakar (ex- pert system), neural network (jaringan syaraf tiruan), dan lain sebagainya.  Contoh: Prolog, Lisp, Smal Talk, dan lain-lain.

8 Karakteristik Berbagai Bahasa Pemrograman

9 FORTRAN  FORTRAN (FORmula TRANslator)  Dikembangkan Th oleh John Backus  Di IBM (International Business Machine)  Untuk mempermudah pembuatan aplikasi: matematika, ilmu pengetahuan, dan teknik.  Bahasa beraras tinggi pertama yang diciptakan.  Keunggulan Fortran:  Untuk menangani perhitungan, termasuk bilangan kompleks.  Kelemahan Fortran:  Operasi I/O yang sangat kaku.  Kode sumber sulit dipahami, dibanding bhs. tingkat tinggi lainnya.

10 COBOL  COBOL: Common Business Oriented Language  Dikembangkan th  Tergolong bahasa beraras tinggi.  Untuk pembuatan aplikasi di bidang bisnis.  Masih banyak digunakan di minikomputer dan mainframe.  Keunggulan COBOL:  Tak bergantung mesin.  Sintaks-nya menggunakan kata-kata Bhs. Inggris, shg mudah dipahami pemrogram.  Penanganan berkas sudah tersedia, dan mendukung berbagai tipe berkas.  Penanganan I/O mudah dilakukan.

11 COBOL..... lanjutan  Kelemahan:  Struktur penulisan program yang sangat kaku, dan bertele-tele.  Kata-kata yang digunakan dalam instruksi/program membuat pemrogram mudah bosan dan lelah.

12 PL/1  PL/1 (Programming Language 1)  Diperkenalkan oleh IBM, th  Untuk bisnis maupun perhitungan data dalam ilmu pengetahuan.  Hanya dikenal di lingkungan komputer IBM, dan tidak populer di PC.  Jarang digunakan, karena sulit dipelajari.

13 RPG  RPG: Report Program Generator  Program generasi ke tiga.  Populer di lingkungan minikomputer dan mainframe IBM.  Membuat laporan-laporan bisnis.  Diperkenalkan pertama kali th  Th. 1970, muncul RPG II  RPG III tergolong sebagai bahasa generasi ke empat.

14 APL  APL: A Programming Language  Termasuk bhs. Pemrograman generasi ke tiga.  Diciptakan th. 1962, oleh Kenneth Iverson.  Menggunakan keyboard khusus, ang memungkinkan untuk melakukan penyelesaian matematika yang kom- pleks.

15 Logo  Khusus untuk membantu anak-anak dlm menyelesaikan masalah dan melakukan pemrograman.  Dibuat di MIT, th. 1967, oleh Seymour Papert.  Bahasa yang digunakan adalah Lisp.  Sangat mudah untuk membuat gambar, dan utk meng- hasilkan laporan-laporan bisnis dalam bentuk grafik.

16 BASIC  BASIC: Beginer All-purpose Symbolic Instruction Code.  Dikembangkan th. 1965, di Darmouth College  Pencipta: John Kemeny dan Thomas Kurtz.  Awalnya: ditujukan sebagai bahasa sederhana untuk pengajaran komputer.  Merupakan bhs. yang populer dan serbaguna (untuk aplikasi apa saja).  Keunggulan BASIC:  Mudah untuk dipakai.  Berbentuk interpreter.  Kinerjanya lambat

17 BASIC.... lanjutan  Belakangan muncul versi compiler.  Kelemahan:  Tidak mendukung operasi bilangan kompleks.  Penanganan berkas sangat terbatas, sehingga tidak cocok untuk aplikasi bisnis.  BASIC menjadi populer, setelah Microsoft mengeluar- kan Visual BASIC, yang mendukung pemrograman vi- sual.

18 Pascal  Dibuat oleh Nicklaus Wirth, th  Berasal dari nama Blaise Pascal – matematikawan Perancis (1623 – 1662).  Awalnya: untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.  Pascal sangat populer di lingkungan mhs. Ilmu kompu-ter dan teknik, menggeser Fortran dan BASIC.  Keunggulan:  Mudah untuk dipelajari.  Dukungan fungsi matematika yang sangat lengkap.  Kelemahan:  Tidak mendukung operasi bilangan kompleks.  Tidak mendukung sarana untuk aplikasi bisnis.  Landasan pembuatan: PL Delphi (Windows) dan Kylix (Linux).

19 FORTH  FORTH (FOuRTH-generation language).  Bahasa generasi ketiga  Diciptakan th oleh Charles Moore.  Dirancang untuk menangani sistem kontrol secara waktu nyata (real time system), maupun untuk aplikasi bisnis dan grafis.  Cocok untuk akuisisi data yang melibatkan sensor atau untuk pengendalian sistem robotika.  Kelebihan:  Kemampuan memproses sangat cepat.  Memerlukan sedikit memori dan tersedia utk berbagai plat- form (dari PC hingga mainframe).

20 Ada  Dikembangkan di Departemen Pertahanan Amerika Serikat, th. 1975, dan dirilis th  Penghargaan bagi Lady Augusta Ada Byron.  Dijadikan standar untuk seluruh aplikasi di departemen tersebut.  Ada mendukung: pemrograman terstruktur, penyembunyian informasi (information hiding), tipe data abstrak, dan pemrosesan paralel.  Bukan untuk aplikasi militer, tetapi untuk aplikasi bisnis, termasuk dim lingkungan PC.

21 C  Diciptakan oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie, th. 1972, di Laboratorium Bell AT&T.  Menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dan struktur data (aras rendah), serta struktur kontrol (beraras tinggi).  C dipakai untuk mengembangkan Sistem Operasi UNIX dan Linux.  Kelebihan C:  Sifat portabilitas (dpt dipindahkan ke platform lain tanpa perubahan).  Cepat dan efisien  Memungkinkan manipulasi dalam bentuk bit.

22 C..... lanjutan  Kelemahan C:  Banyak yg menganggap C bahasa yang sulit dipahami dan dipelajari.  Tidak ada dukungan utk aplikasi bisnis (perlu pustakan tambahan untuk manipulasi basis data)

23 C++  Dibuat oleh Bjarne Stroustrup, th. 1983, di Lab. Bell AT&T.  Awalnya dinamakan “a better C”  Nama C++ diberikan oleh Rick Mascitti, th  C++ merupakan bahasa berorientasi objek, dan menggunakan kaidah Bahasa C.  Pemrograman grafis di lingkungan Windows, UNIX, dan Linux dibuat dgn bhs ini.  Visual C++ merupakan PL yg dapat dipakai utk membuat berbagai aplikasi, termasuk basis data.

24 dBase  Merupakan pemrograman yg berorientasi basis data.  Populer dgn istilah DBMS (Database Management System)  Diawali dgn dBase II.  Versi 2.4 dirilis September  Th. 1985, perusahaan Ashton-Tate mengeluarkan dBase III.  Produk berikutnya dBase III+  Di lingkungan PC muncul produk serupa, yaitu: Clipper dan FoxPro.  Penerusnya adalah Visual dBase, yg beroperasi di Windows  Demikian juga pada Visual FoxPro.

25 Java  Dibuat th oleh Sun Microsystems.  Merupakan bhs. berorientasi objek dan serba guna.  Kode Java dikompilasi dlm format bytecode.  Bytecode dpt dijalankan disemua komputer yg dilengkapi Java Interpreter dan Java Vitual Machine.  Java menyediakan applet (berjalan di Web browser) dan mendukung koneksi ke database, menyediakan aplikasi berbasis Windows, serta untuk pemrograman jaringan dan mobile.

26 LISP  LISP (LISt Processing).  Diciptakan oleh John McCarthy di MIT, th  Merupakan bahasa AI yang pertama.  Pada th. itu banyak muncul bhs. untuk AI.  Salah satu contohnya adalah ELIZA (program yg ber- tindak sebagai psikoanalis), yg diciptakan oleh Joseph Wizenbaum

27 PROLOG  PROLOG (PROgrammation en LOGique – PROgramming in LOGic.  Untuk aplikasi AI, dibuat th di Universitas Marseille-Aix Perancis.  Penciptanya: Alain Colmerauer.  Mejadi terkenal setelah Jepang mengumumkan bhs. tersebut sebagai basis komputer generasi ke lima, pada th


Download ppt "BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Komputer. Klasifikasi Bahasa Pemrograman Bahasa Generasi Pertama  Berorientasi pada mesin  Disusun dengan menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google