Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI Oleh : Rudy Eko Rahardjo, SE., M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI Oleh : Rudy Eko Rahardjo, SE., M.Kom."— Transcript presentasi:

1 PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI Oleh : Rudy Eko Rahardjo, SE., M.Kom

2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar MateriIndikator Melakukan operasi dasar komputer Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system

3 SEJARAH PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Perangkat Lunak adalah Program yang berisi instruksi untuk melakukan pengolahan data. Hierarki informasi Bentuk paling sederhana perangkat lunak menggunakan aljabar boolean yang direpresentasikan bilangan binner Bilangan binner dikelompokkan menjadi Nible (4 bit), Byte (8 bit), Word (16 bit), Double Word (32 bit) Ppengolahan Data InformasiPengetahuan Data

4 Kelompok bit disusun kedalam struktur instruksi dan diubah menjadi kode2 yg dikenal sbg Assembler (Bahasa Mesin) Assembler cukup sulit krn harus menghafal kode dan format penulisan instruksi, maka lahir Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi.

5 PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK 1. Era Pemula, bentuk perangkat lunak awalnya adalah sambungan2 kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara mengakses komputer menggunakan punched card. 2. Era Stabil, perangkat lunak bergeser menjadi sebuah produk. Baris2 perintah perangkat lunak banyak proses yg dilakukan secara serempak (multi tasking), Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak user (multi user). Pada era ini dikenal sistem basis data (memisahkan antara program (proses) dan data.

6 3. Era Mikro, otomatisasi yang ada dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan (artificial intellegent). 4. Era Modern, perangkat lunak tidak hanya ditanamkan pada komputer, tapi juga telepon, TV, mesin cuci, microwave, robot, dll. Tingkat kecerdasan perangkat lunak semakin meningkat.

7 MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK 1. Sistem Operasi (Operating System)  Sistem operasi adalah program awal yang mengendalikan kerja komputer : kerja input, proses, memori dan output termasuk jadwal kerja prosesor.  Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat lunak.

8  Pemakai perangkat lunak bebas (freeware), Pemakai perangkat lunak berbayar (shareware).  Interaksi antara pengguna dan komputer dikenal melalui 2 cara :  CUI (Character User Interface), pemberian instruksi melalui penulisan perintah.  GUI (Graphical User Interface) pemberian instruksi dengan cara tunjuk (pointer).

9 APPLICATION PROGRAM Program aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan- kebutuhan tertentu. Jenis Program Aplikasi : Word Processing, merupakan program aplikasi pengolah kata (contoh : WordStar, Word Perfect, ChiWriter, Ms Word, dll). Spreadsheet, aplikasi yang mengolah angka (contoh : Lotus, SuperCalc, Quatro, Symphony, Ms Excel, dll).

10  Presentasi, aplikasi untuk mempresentasikan materi / makalah (contoh : Ms. PowerPoint, Macromedia Flash, dll).  Database, aplikasi untuk mengolah database (contoh : dBase III+, Fox Base, Foxpro, Ms. Access, dll).  Desktop Publishing / Grafis, aplikasi yang mengolah gambar (contoh : Ventura, Page Maker, CorelDraw, Photosop, dll).  Multimedia, aplikasi untuk mengoperasikan beberapa media (contoh : Winamp, Real Player, Media Player, dll).

11  Internet, aplikasi untuk mencari informasi dari dunia maya (cyber) (contoh : Mozila Fire Fox, Internet Explore, Opera, Google Chrome, dll).  CAD (Computer Aid Design), aplikasi yang mengolah rancangan konstruksi (contoh : AutoCAD, dll).

12 BAHASA PEMROGRAMAN (Programming Language) Bahasa Pemrograman adalah software yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa dan aturan atau prosedur tertentu. Level bahasa pemrograman : Bahasa Tingkat Rendah (low level language), bahasa ini disebut juga dengan assembler (bahasa mesin) dimana pengkodean bahasa ini menggunakan angka 0 dan 1 (bit) (contoh : Machine language, Assembly Language, RPG (Report Program Generator), dll).

13  Bahasa Tingkat Tinggi (high level language), bahasa ini menggunakan bahasa yang dipahami oleh manusia (contoh : BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL, dll).  Bahasa Generasi keempat (4 GL), bahasa yang berorientasi pada objek (Object Oriented Programming) (contoh : Visual Basic, Delphi, Visual C++, dll).

14 PROGRAM BANTU (Utility) Software ini berfungsi sebagai program bantu. Jenis-Jenis Utility : Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor), Norton Commander mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengcopy file, membuat folder / direktori. Norton Disk Doctor membantu mengecek harddisk atau disk yang rusak dan memindahkan bad sector untuk tidak digunakan lagi.

15  Winzip, aplikasi ini membantu mengkompres (memadatkan) file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.  Norton Ghost, aplikasi ini membantu backup harddisk dan backup partisi.  Antivirus, aplikasi ini membantu untuk memberikan keamanan komputer terhadap serangan virus (worm, trojan, backdoor, dll).


Download ppt "PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI Oleh : Rudy Eko Rahardjo, SE., M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google