Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER TM 2 Wisnu Djatmiko 1 Organisasi & Arsitektur Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER TM 2 Wisnu Djatmiko 1 Organisasi & Arsitektur Komputer."— Transcript presentasi:

1 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER TM 2 Wisnu Djatmiko 1 Organisasi & Arsitektur Komputer

2 Daftar Pustaka Organisasi & Arsitektur Komputer 2 1.Bab 1 Wisnu Djatmiko

3 Daftar Pustaka Organisasi & Arsitektur Komputer 3 2.Bab 2 Wisnu Djatmiko

4 TIK Organisasi & Arsitektur Komputer 4  Peserta MK Arsikom dapat menjelaskan definisi CPU Time dengan 90% benar.  Peserta MK Arsikom dapat menjelaskan cara mengurangi CPU Time dengan 90% benar.  Peserta MK Arsikom dapat menghitung CPU time sebuah fungsi dengan 90% benar. Wisnu Djatmiko

5 Pokok Bahasan Organisasi & Arsitektur Komputer 5  CPU time Wisnu Djatmiko

6 Architectural Development & Styles  Desainer Komputer berusaha meningkatkan kinerja komputer (mengurangi "kesenjangan semantik“ antara high level vs low level)  Adanya kerumitan untuk membuat sebuah mesin harus diprogram untuk dapat mengkonversikan data (lambang) menjadi kode-kode biner  A (latin capital letter A) = 0041H (ASCII) Organisasi & Arsitektur Komputer 6

7 Architectural Development & Styles  Banyaknya mode pengalamatan (>20 mesin VAX) menambah kompleksitas instruksi  Misal mesin CISC  Intel Pentium TM Organisasi & Arsitektur Komputer 7

8 Architectural Development & Styles Perlu strategi untuk mempercepat kinerja mesin Misal nya meningkatkan kecepatan clock Efek stunami : meningkatkan kompleksitas perhitungan dalam satu siklus clock. Hasil penelitian menunjukkan 80% instruksi dari sebuah program berisi : assignment statements (50%), conditional branching, dan procedure calls. Organisasi & Arsitektur Komputer 8

9 Architectural Development & Styles  [Optimasi arsitektur] : mempercepat instruksi yang sering digunakan dapat mengurangi kompleksitas instruksi dan jumlah mode pengalamatan.  Misal : mesin RISC (Reduced Instructions Set Computers) Organisasi & Arsitektur Komputer 9

10 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 10  CC (Clock Cycle) menyatakan jumlah siklus clock sebuah CPU yang digunakan untuk menyeleseikan sebuah tugas,  CT (Cycle Time) menyatakan waktu yang dibutuhkan 1 clock atau f (CPU Speed).

11 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 11  CPI (jumlah rata-rata clock cycle per instruksi) dapat dihitung :  Persamaan CPU time menjadi :

12 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 12  It is known that the instruction set of a given machine consists of a number of instruction categories: ALU (simple assignment and arithmetic and logic instructions), load, store, branch, and so on.  where Ii is the number of times an instruction of type i is executed in the program and CPIi is the average number of clock cycles needed to execute such instruction.

13 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 13  Example : Hitung CPI untuk Mesin A yang mempunyai clock rate 200 MHz  CR = 200 MHz  CT = 5 nS

14 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 14  Example : Mesin A mengerjakan X dengan instruksi

15 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 15  Jika Mesin A mengerjakan program X menggunakan 100 instructions, maka CPI mesin A[X] adalah :  It should be noted that the CPI reflects the organization and the ISA (instruction set architecture) of the processor while the instruction count reflects the instruction set architecture and compiler technology used.

16 PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer 16

17 What time to measure?  Elapsed time, wall-clock time:  actual time from start to completion  depends on CPU, system, I/O, etc.  often used in real benchmarks  only suitable choice when I/O is included

18 What time to measure?  CPU Time:  measure/analyze CPU performance only  may be suitable when machine is timeshared  possibly both user and system component  User CPU time is our focus for first part of course

19 What time to measure?  Elapsed time = CPU time + Idle time  usually and assuming time is accurately accounted for

20 Metrics of performance  Different performance metrics are appropriate at different levels: Compiler Language Programming Application Datapath Control Function Units Transistors ISA Frames per second Operations per second (millions) of Instructions per second – MIPS (millions) of (F.P.) operations per second – MFLOP/s Cycles per second (clock rate) Cycles per Instruction

21 Relating Processor Metrics  CPU execution time per program = CPU clock cycles/program X Clock cycle time = CPU clock cycles/program ÷ Clock rate (frequency)  CPU clock cycles/program = Instructions/program X Clock cycles Per Instruction  Clock cycles Per Instruction (CPI) is an average measurement, it depends on :  ISA, the implementation, and the program measured  CPI = CPU clock cycles/program ÷ Instructions/program  Also, Instructions per clock cycle or IPC = 1 / CPI  CPU execution time = Instructions X CPI X Clock cycle

22 How much work can our structure perform?  For a program Q:  Time = Number of executed instr * Number of cycles per instr * Time per cycle  T = Nq * CPI * Tc

23 How to reduce T?  T = Nq * CPI * Tc  Make this a function of the instruction  CPI goes up, but we can use an average, not the worst case  Tc goes down, time to do the longes step, not the entire instruction

24 CPU time ---- Organisasi & Arsitektur Komputer 24  CPI < 1 [RISC dan pipeling]  Branch Prediction  Modular  Terstruktur


Download ppt "ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER TM 2 Wisnu Djatmiko 1 Organisasi & Arsitektur Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google