Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRESS DAN CARA MENGATASINYA. 1.PENGERTIAN STRESS Stress dapat didefenisikan sebagai sebuah keadaan yang kita alami ketika ada sebuah ketidaksesuain antara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRESS DAN CARA MENGATASINYA. 1.PENGERTIAN STRESS Stress dapat didefenisikan sebagai sebuah keadaan yang kita alami ketika ada sebuah ketidaksesuain antara."— Transcript presentasi:

1 STRESS DAN CARA MENGATASINYA

2 1.PENGERTIAN STRESS Stress dapat didefenisikan sebagai sebuah keadaan yang kita alami ketika ada sebuah ketidaksesuain antara tuntutan yang diterima dan kemampuan untuk mengatasinya. Stress adalah keseimbangan antara bagaimana kita memandang tuntutan dan bagaimana kita memandang tuntutan-tuntutan dan bagaimana kita berpikir bahwa kita dapat mengatasi semua tuntutan yang menentukan apakah kita tidak merasakan stres, merasakan distress atau eutres. Distres adalah suatu keadaan dimana terlalu sedikit tuntutan yang merangsang anda yang menyebabkan kebosanan dan frustasi. Eutres adalah pengalaman stres yang tidak berlebihan, cukup untuk menggerakan dan memotivasi orang agar dapat mencapai tujuan, mengubah lingkungan mereka dan berhasil dalam menghadapi tuntutan hidup.

3 2. PENYEBAB STRESS/ SUMBER-SUMBER POTENSI STRESSS tresor adalah penyebab stres, yakni apa saja kondisi lingkungan tempat tuntutan fisik dan emosional pada seseorang.terdapat banyak steresor dalam organisasi dan aktivitas hidup lainnya. Adapun hal-hal yang menyebabkan stress adalah sbb :  Beban kerja yang berlebihan  Tekanan waktu yang tidak mungkin dipenuhi  Komunikasi buruk  Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan  Ketidak jelasan tugas yang diberikan dll. Adapun sumber-sumber stress yaitu sebagai berikut : 1)Faktor lingkungan 2)Faktor organisasi 3)Faktor antar pribadi

4 Akibat stress dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu sebagai berikut : 1. Fisik Akibat stress pada fisik mudah dikenali. Ada sejumlah penyakit yang disinyalir karena orang tersebut mengalami stress yang cukup tinggi dan berkepanjangan, di antaranya adalah penyakit jantung, bisul, tekanan darah tinggi, sakit kepala, gangguan tidur, tambah sakit jiwa sedang menderita sakit. 2. Psikis Dampak stress pada aspek psikis bisa dikenali, di antaranya adalah ketidakpuasan kerja, depresi, keletihan, kemurungan dan kurang bersemangat. 3. Perilaku Akibat stress bisa dikenali dari perilaku, yaitu kinerja rendah, naiknya tingkat kecelakaan kerja, salah dalam mengambil keputusan, tingkat absensi kerja tinggi, dan agresi di tempat kerja.

5 Cara mengatasi stress Ada beberapa hal yang haru dilakukan untuk mengontrol dan me’manage stress yang dapat saya dan anda lakukan :  Mengendalikan pikiran Rata-rata pikiran setiap orang dalam sehari itu hampir 80% nya adalah pikiran-pikiran negatif. Banyangkan saja jika sehari kita banyak pikiran-pikiran negatif dalam diri kita.  kurangi hal yang menyebabkan stress Resah, gelisah, stress, sulit tidur, pikiran yang tidak tenang, seperti dikejar- kejar sesuatu, dan sulit dikendalikan biasanya adalah efek samping dari kebanyakan kafein. Atau bisa saja kopi.  tarik nafas dalam-dalam cara yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi stress dan membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Jika benar-benar mengalami stress, maka napas kita cenderung dangkal

6 Tips mengatasi stress Ada 8 tips cara mengatasi stress di tempat kerja yaitu sbb : 1.Rencanakan dengan baik aktivitas anda 2. ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan 3.Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda 4.Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja 5.Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja 6.Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda 7.Pertahankan semangat tim anda 8.Sediakan lingkungan kerja yang baik

7 Ada 8 tips cara mengatasi stres dalam kehidupan yaitu sbb: 1.Lakukan pemijitan tubuh (body massage) 2.Berolahraga teratur 3.Lakukan hobi anda 4.Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress 5.Lakukan meditasi 6.Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan 7.Seks adalah penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress 8.Tidur yang teratur

8 Ketahuilah bahwa setiap orang mempunyai kecendrungan untuk mengalami stress dengan cara yang berbeda. Sebetulnya mengendalikan stress tidak sesulit seperti yang dipikikan, ini hanya masalah bagaimana kita melihat sesuatu dari sudut yang berbeda. Membaca dan mengikuti tips-tips atau teknik- teknik mengendalikan stress juga akan sangat membantu kita.

9 REFERENSI  Sopiah,2008.perilaku organisasional.yogyakarta:c.v andi


Download ppt "STRESS DAN CARA MENGATASINYA. 1.PENGERTIAN STRESS Stress dapat didefenisikan sebagai sebuah keadaan yang kita alami ketika ada sebuah ketidaksesuain antara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google