Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Graphical User Interface. Slide 2 Tujuan Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Graphical User Interface. Slide 2 Tujuan Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi."— Transcript presentasi:

1 Graphical User Interface

2 Slide 2 Tujuan Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi visual di Java Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi visual di Java Mampu menggunakan komponen-komponen Swing untuk membuat aplikasi visual Mampu menggunakan komponen-komponen Swing untuk membuat aplikasi visual Mampu membuat event handling di Java Mampu membuat event handling di Java

3 AWT vs Swing AWT Terdapat pada package java.awt Terdapat pada package java.awt Dikembangkan lebih awal Dikembangkan lebih awal Look and feel depend on OS Look and feel depend on OS Komponen terbatas Komponen terbatas Applet mudah dikenali browser Applet mudah dikenali browser Swing Pada package javax.swing Pada package javax.swing Dikembangkan setelah AWT Dikembangkan setelah AWT Look and feel not depend on OS Look and feel not depend on OS Komponen lebih bervariasi Komponen lebih bervariasi Tidak semua browser support applet dg Swing Tidak semua browser support applet dg Swing

4 Slide 4 Contoh program dg Swing

5 Macam-macam komponen Swing JFrame JFrame JLabel JLabel JButton JButton JTextField JTextField JTextArea JTextArea JCombobox JCombobox Jlist Jlist JOptionPane JOptionPane JFileChooser, JFileChooser, dll dll Tiap komponen memiliki properti yang digunakan untuk mengatur tampilan Tiap komponen memiliki properti yang digunakan untuk mengatur tampilan Untuk menggunakan salah satu, harus impor dari javax.swing Untuk menggunakan salah satu, harus impor dari javax.swing

6 EVENT HANDLING (PENANGANAN KEJADIAN)

7 Slide 7 Event (kejadian) Event : kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Event : kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Contoh : Contoh : klik mouse klik mouse klik tombol klik tombol mouse bergerak di atas form mouse bergerak di atas form memilih dari combo box/list memilih dari combo box/list klik kanan/kiri mouse di atas komponen, klik kanan/kiri mouse di atas komponen, dll dll

8 Slide 8 Event Handling Proses untuk memberikan respon thd event. Proses untuk memberikan respon thd event. Di Java, mekanisme event handling di Java dikenal dg delegation event model. Di Java, mekanisme event handling di Java dikenal dg delegation event model. Istilah2 pd mekanisme tsb : Istilah2 pd mekanisme tsb : event source event source tempat terjadinya event tempat terjadinya event yaitu komponen2 visual yaitu komponen2 visual event listener : objek penerima & pengolah event event listener : objek penerima & pengolah event event object : objek yg terbentuk saat tjd event event object : objek yg terbentuk saat tjd event

9 Slide 9 Delegation Event Model

10 Slide 10 Contoh Event Handling langkah 1 langkah 3 langkah 2

11 Slide 11 Komponen pada event handling 1. Kelas untuk menangani event harus mengimplementasikan (kelas/interface) event listener. Cara lain adlh dg membuat kelas turunan dari kelas yang telah mengimplementasikan salah satu event listener. 2. Kelas yang mengimplementasikan listener harus mengimplementasikan seluruh method yang ada di kelas/interface listener. 3. Listener harus didaftarkan ke dalam objek yang akan berperan sbg event source.

12 Slide 12 Tipe-tipe event Tipe EventKeterangan ActionEvent Dibangkitkan pada saat objek button di-klik, item list di-doubleclick, maupun item menu dipilih AdjustmentEvent Dibangkitkan pada saat objek scrollbar diubah ComponentEvent Dibangkitkan pada saat sebuah komponen disembunyikan, dipindahkan, diubah ukurannya, maupun diset mjd visible ContainerEvent Dibangkitkan pd saat sebuah komponen ditambahkan/dipiindahkan ke/dari sebuah container FocusEvent Dibangkitkan pada saat sebuah komponen memperole atau kehilangan fokus keyboard InputEvent Kelas induk yg mrpkn kelas abstrak dr semua kelas yg termsk ke dlm event input ItemEvent Dibangkitkan pd saat sebuah item dlm list atau checkbox diklik; jg tjd saat item-nya dibuat, dan pd saat item menu di-check maupun un-check KeyEvent Dibangkitkan pd saat input dilakukan melalui keyboard MouseEvent Dibangkitkan pd saat mouse di-drag, dipindahkan, diklik, ditekan, maupun dilepas; jg tjd pd saat mouse masuk atau keluar dari sebuah komponen TextEvent Dibangkitkan pd saat teks yg berada dalam komponen textarea atau textfield diubah WindowEvent Dibangkitkan pd saat window atau form diaktivasi, ditutup, di-minimize, di- maximize, dibuka, atau dikeluarkan

13 Slide 13 Macam-macam Event Source Event SourceKeterangan Button Membangkitkan ActionEvent pd saat button diklik Checkbox Membangkitkan ItemEvent pd saat di-check atau un-check Choice Membangkitkan ItemEvent pd saat pilihan diubah List Membangkitkan ActionEvent pd saat sebuah item di-doubleclick dan membangkitkan ItemEvent pd saat item dipilih/di-check maupun di- uncheck Item Menu Membangkitkan ActionEvent pd saat item menu diklik dan membangkitkan ItemEvent pd saat item menu di-check maupun di- uncheck Scrollbar Membangkitkan AdjustmentEvent pd saat scrollbar diubah Text Membangkitkan TextEvent pd saat user memasukkan karakter pd komponen textarea atau textfield Window Membangkitkan WindowEvent pd saat sebuah window atau frame diaktivasi, ditutup, dinonaktifkan, di-minimize, di-maximize, dibuka, dan dikeluarkan

14 Slide 14 Beberapa Interface Listener Tipe EventKeterangan ActionListenerMendefinisikan sebuah method untuk menangani tjdnya event ActionEvent void actionPerformed (ActionEvent e) MouseListenerMendefinisikan 5method untuk menangani tjdnya event MouseEvent void mouseClicked(MouseEvent e) void mouseEntered(MouseEvent e) void mouseExited(MouseEvent e) void mousePressed(MouseEvent e) void mouseReleased(MouseEvent e) WindowListenerMendefinisikan 7 method untuk menangani tjdnya event MouseEvent void windowActivated (WindowEvent e) void windowClosed (WindowEvent e) void windowClosing (WindowEvent e) void windowDeactivated (WindowEvent e) void windowDeiconified (WindowEvent e) void windowIconified (WindowEvent e) void windowOpened (WindowEvent e)

15 Slide 15 Contoh Event handling (2) import java.awt.event.ActionEvent; import java.awt.event.ActionListener; import javax.swing.JComboBox; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; public class Swing3 extends JFrame implements ActionListener{ JComboBox cb; JLabel lb; String items[] = {"Acer", "Compaq", "Dell", "Fujitsu", "Sony", "Toshiba"}; public Swing3(String title){ super(title); setBounds(0, 0, 300, 170); getContentPane().setLayout(null); setResizable(false); setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);

16 Slide 16 cb = new JComboBox(); for (int i=0; i

17 Slide 17 public static void main(String[] args) { Swing3 frame = new Swing3("Demo JCombobox"); public void actionPerformed(ActionEvent e) { if (e.getSource() == cb){ String s = ""+ cb.getSelectedItem(); lb.setText(s);}}}

18 Slide 18

19 Slide 19 Tugas


Download ppt "Graphical User Interface. Slide 2 Tujuan Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google