Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

- PERTEMUAN 9- JAVA GUI PBO. JAVA GUI Java menyediakan API untuk membuat aplikasi GUI (Graphic User Interface). GUI merupakan suatu aplikasi pada Java.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "- PERTEMUAN 9- JAVA GUI PBO. JAVA GUI Java menyediakan API untuk membuat aplikasi GUI (Graphic User Interface). GUI merupakan suatu aplikasi pada Java."— Transcript presentasi:

1 - PERTEMUAN 9- JAVA GUI PBO

2 JAVA GUI Java menyediakan API untuk membuat aplikasi GUI (Graphic User Interface). GUI merupakan suatu aplikasi pada Java yang berbasis grafik. Pertimbangan untuk menggunakan aplikasi GUI ini antara lain adalah tampilan yang lebih menarik dan kemudahan dalam penggunaannya. Tampilan yang atraktif akan menarik orang untuk menggunakannya, sedangkan dari segi kemudahan akan membuat konsumen merasa nyaman dalam menggunakan program yang telah dibuat. Ada dua package yang disediakan Java dalam pembuatan aplikasi GUI, yaitu AWT dan Swing.

3 AWT (Abstract Windowing Toolkit) AWT (Abstract Windowing Toolkit) merupakan paket yang disedikan oleh Java dalam pembuatan aplikasi berbasis grafik yang bersifat platform. AWT terdiri dari banyak widget grafik yang dapat ditambahkan dan diatur dalam tampilan seperti butons, checkbox, radiobutton, menu, list, canvas, textfield, scroolpane, panel. Semua komponen UI non-menu memiliki kelas yang diturunkan dari kelas java.awt.Component. Sedangakan komponen menu diturunkan dari java.awt.ComponentMenu. a. Kekurangan AWT Bersifat heavyweight. Bersifat Opaque (tidak transparan) b. Kelebihan AWT Didukung oleh browser kuno maupun baru, karena paket ini telah diimplementasikan sejak lama.

4 Contoh Komponen AWT KomponenKeterangan java.awt.ButtonTombol yang jika ditekan akan mengerjakan instruksi tertentu java.awt.CheckBoxTombol berbentuk kotak yang dapat di- check atau n-check java.awt.ChoiceMenu yang terdiri dari beberapa pilihan java.awt.LabelUntuk meletakkan teks statis dan tidak dapat diedit java.awt.ListUntuk menyajikan beberapa pilihan teks dalam satu daftar yang dapat di-scroll (gulung) java.awt.PanelMenyediakan space untuk meletakkan komponen atau panel lainnya java.awt.ScrollbarUntuk memilih nilai dalam range tertentu java.awt.TextAreaUntuk menampilkan teks multi-line dan dapat diedit.

5 SWING SWING adalah package lainnya dalam JAVA yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik. Swing mempunyai beberapa komponen untuk pembuatan aplikasi GUI antara lain button, checkbox, textfield, radio button, progress bar, tabel, menu, dan text area. Komponen swing bersifat lightweight, yaitu komponen dapat ditampilkan sama pada sistem operasi multi-platform. Semua komponen pada Swing diawali dengan huruf “J”, misalnya Jbutton, JtextArea, Jlabel. Semua class pada Java Swing diambil dari package javax.swing.

6 Contoh Komponen Swing ComponentKeterangan javax.swing.JbuttonPush-Button atau tombol yang jika ditekan akan mengerjakan instruksi tertentu javax.swing.JRadioButtonButton untuk menampilkan keadaaan select atau deselect javax.swing.JCheckBoxTombol berbentuk kotak yang dapat di- check atau n-check javax.swing.JlabelUntuk meletakkan teks atau image javax.swing.JTextFieldUntuk mengedit satu baris teks javax.swing.JTextAreaUntuk menampilkan teks multi-line dan dapat diedit oleh user. javax.swing.JMenuBarUntuk menapilkan menu dalam frame java.swing.JtabelMenampilkan dan mengedit tabel

7 Standard Widget Toolkit (SWT) Standard Widget Toolkit (SWT) adalah toolkit bersaing yang awalnya dikembangkan oleh IBM dan kini dikelola oleh komunitas Eclipse. Implementasi SWT yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan komponen kelas AWT. SWT merupakan pemecahan masalah yang terdapat pada rangka kerja AWT dan Swing. Ada beberapa blok penyusun aplikasi SWT, yaitu : Display Display bertugas untuk mengatur perulangan event (dari keyboard atau mouse) dan mengatur komunikasi antara thread UI dan thread lainnya. Shell Shell adalah jendela di mana aplikasi berjalan. Setiap aplikasi SWT memiliki paling tidak satu Display dan satu atau lebih instansi Shell. Kumpulan Widget

8 SetLayout Kelas Container mendefinisikan metode bernama setLayout() yang ditujukan untuk mengatur tata letak komponen- komponen. AWT menyediakan 5 LayoutManager yaitu : FlowLayout GridLayout BorderLayout CardLayout GridBagLayout NullLayout


Download ppt "- PERTEMUAN 9- JAVA GUI PBO. JAVA GUI Java menyediakan API untuk membuat aplikasi GUI (Graphic User Interface). GUI merupakan suatu aplikasi pada Java."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google