Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membangun Aplikasi GUI Pemrograman Berorientasi Obyek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membangun Aplikasi GUI Pemrograman Berorientasi Obyek."— Transcript presentasi:

1 Membangun Aplikasi GUI Pemrograman Berorientasi Obyek

2 Komponen AWT Tipe KomponenDeskripsi ButtonKotak persegi panjang, digunakan untuk menerima klik mouse CanvasSuatu panel, digunakan untuk menggambar CheckboxSuatu komponen, mengijinkan user untuk memilih sebuah item CheckboxMenuItemSuatu checkbox di dalam menu ChoicePilihan item dengan pull-down ComponentParent dari semua komponen AWT, kecuali komponen Menu ContainerParent dari semua kontainer AWT DialogClass dasar dari semua modal dialog-box FrameClass dasar dari semua GUI window dengan kontrol window manager

3 Tipe Komponen Deskripsi LabelSuatu komponen text string ListSuatu komponen yang berisi sekumpulan dinamik dari item MenuSuatu elemen dibawah menu bar, yang berisi sekumpulan menu item MenuItemSuatu item didalam Menu PanelSuatu class kontainer dasar, yang sering dipakai untuk membuat complex layout ScrollbarSuatu komponen yang mengijinkan user untuk memilih sekumpulan nilai ScrollPaneSuatu class kontainer yang mengimplementasikan scroll horizontal & vertikal secara otomatis TextAreaSuatu komponen yang mengijinkan user untuk memasuki suatu blok teks TextFieldSuatu komponen yang mengijinkan user memasuki 1 baris teks WindowSuatu class dasar dari semua GUI window, tanpa kontrol window manager

4 Component Events KomponenActAdjCmpCntFocItmKeyMouMMTxtWin Button Canvas Checkbox CheckboxMenuItem Choice Component Container Dialog Frame Label List MenuItem Panel Scrollbar ScrollPane TextArea TextField Window

5 Component Events Act = ActionListener Adj = AdjusmentListener Cmp= ComponentListener Cnt = ContainerListener Foc = FocusListener Itm = ItemListener Key = KeyListener Mou= MouseListener MM = MouseMotionListener Text= TextListener Win = WindowListener

6 How to Create Menu 1. Buat sebuah objek MenuBar dan set objek tsb kepada menu container (misal sebuah Frame ) 2. Buat satu atau lebih objek Menu dan tambahkan ke pada objek MenuBar 3. Buat satu atau lebih objek MenuItem dan tambahkan ke pada objek Menu

7 Membuat Menu Bar import java.awt.*; public class CreateMenuBar { private Frame f; private MenuBar mb; public CreateMenuBar() { f=new Frame("Creating menu bar..."); mb=new MenuBar(); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateMenuBar guiApp = new CreateMenuBar(); } MenuBar tidak mensupport listener

8 Membuat Menu import java.awt.*; public class CreateMenu { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; public CreateMenu() { f=new Frame("Creating menu..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); } public void launchFrame() { mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateMenu guiWindow=new CreateMenu(); guiWindow.launchFrame(); }

9 Membuat Menu Item import java.awt.*; public class CreateMenuItem { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; private MenuItem miNew, miSave, miQuit; public CreateMenuItem() { f=new Frame("Creating menu item..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); miNew=new MenuItem("New"); miSave=new MenuItem("Save"); miQuit=new MenuItem("Quit"); } public void launchFrame() { mFile.add(miNew); mFile.add(miSave); mFile.addSeparator(); mFile.add(miQuit); mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateMenuItem guiApp=new CreateMenuItem(); guiApp.launchFrame(); }

10 Membuat Menu Item Tambahkan ActionListener pada MenuItem untuk menghandle event yang diinginkan

11 Membuat Checkbox Menu Item import java.awt.*; public class CreateCheckboxMenuItem { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; private MenuItem miNew, miSave, miQuit; private CheckboxMenuItem miLoad; public CreateCheckboxMenuItem() { f=new Frame("Creating checkbox menu item..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); miNew=new MenuItem("New"); miSave=new MenuItem("Save"); miQuit=new MenuItem("Quit"); miLoad=new CheckboxMenuItem("Load"); } public void launchFrame() { mFile.add(miNew); mFile.add(miSave); mFile.add(miLoad); mFile.addSeparator(); mFile.add(miQuit); mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateCheckboxMenuItem guiApp = new CreateCheckboxMenuItem(); guiApp.launchFrame(); }

12 Membuat Checkbox Menu Item Gunakan interface ItemListene r untuk memonitor CheckboxMenuItem Panggil method itemStateChanged() ketika terjadi modifikasi state pada checkbox

13

14

15

16

17

18

19

20

21 Mengontrol Aspek Visual Untuk mengeset warna dari komponen AWT digunakan method : - setForeground() - setBackground() Kedua method ini membutuhkan satu argumen yang merupakan instance dari class java.awt.Color, contoh - setForeground(Color.blue) - setBackground(Color.red)

22 Swing Swing merupakan toolkit GUI generasi kedua Memiliki banyak pengembangan dari AWT Dibangun di atas AWT, namun menyediakan komponen dalam versi “lightweight” Swing menambahkan banyak komponen baru dan lebih kompleks termasuk tabel dan tree


Download ppt "Membangun Aplikasi GUI Pemrograman Berorientasi Obyek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google