Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUALAFAH, 4101406550 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN DAN LKPD MATERI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUALAFAH, 4101406550 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN DAN LKPD MATERI."— Transcript presentasi:

1 MUALAFAH, EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN DAN LKPD MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MUALAFAH - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - lafah02 pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Dr. St. Budi Waluyo, M. Si - PEMBIMBING 2 : Endang Sugiharti, S. Si, M. Kom - TGL UJIAN :

3 Judul EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN DAN LKPD MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII

4 Abstrak vii ABSTRAK Mualafah Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Compact Disc (CD) Pembelajaran dan LKPD Materi Kubus dan Balok Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Dr. St. Budi Waluyo, M.Si dan Endang Sugiharti, S,Si, M.Kom. Kata kunci: Konstruktivisme, CD Pembelajaran, LKPD, Hasil Belajar, Kubus, Balok. Pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan media CD pembelajaran dan LKPD dilakukan pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori disertai LKPD pada kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah motivasi belajar dan keaktifan peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajar, dan (3) apakah hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Dengan cara cluster random sampling terpilih sampel 2 kelas yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitiannya meliputi hasil belajar, motivasi dan keaktifan peserta didik. Data diambil dengan metode tes, observasi dan angket, kemudian diolah dengan uji banding t, uji proporsi, dan uji pengaruh regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu ketuntasan belajar individual dengan nilai KKM 65 dan ketuntasan belajar klasikal dapat mencapai 80%; (2) terdapat pengaruh motivasi (ıı) terhadap hasil belajar ııı sebesar 83,2% dengan persamaan estimator ıı= ı74,165 ı 1,960 ıı, keaktifan (ıı) terhadap ı sebesar 85,4% dengan persamaan estimator ıı= ı22,534 ı 1,318 ıı, motivasi (ıı) dan keaktifan (ıı) terhadap hasil belajar (ı) sebesar 90% dengan persamaan estimator ıı= ı54,236 ı 0,952 ıı ı 0,766 ıı; dan (3) rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 77,00 lebih baik daripada kelas kontrol 70,13. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut menunjukkan efektivitas pembelajaran tercapai.

5 Kata Kunci Konstruktivisme, CD Pembelajaran, LKPD, Hasil Belajar, Kubus,Balok

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "MUALAFAH, 4101406550 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN DAN LKPD MATERI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google