Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKA LUKMAN ISKANDAR, 4101404544 KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKA LUKMAN ISKANDAR, 4101404544 KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN."— Transcript presentasi:

1 EKA LUKMAN ISKANDAR, KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : EKA LUKMAN ISKANDAR - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - l0ecky pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Amin Suyitno, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Isnaeni Rosyida, S.Si., M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 SEMARANG

4 Abstrak Komunikasi dalam matematika merupakan salah satu kemampuan dasar. Komunikasi dalam pembelajaran matematika sangat penting karena dapat membantu dalam kemampuan lain yaitu pemecahan masalah, penalaran, pemahaman, keterampilan sosial, dan berpikir kritis. Pembelajaran matematika yang selama ini digunakan hanya sekedar latihan soal dan pemberian tugas sehingga pembelajaran di kelas kurang menarik, dan keaktifan peserta didik masih rendah yang mengakibatkan komunikasi matematika tidak berlangsung efektif. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih mengedepankan keaktifan peserta didik. Model pembelajaran kooperatif JIGSAW dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Dari latar belakang tersebut, muncul permasalahan ”Apakah pembelajaran kooperatif JIGSAW lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 dengan kelas VIII sebanyak 3 kelas sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling tes dipilih satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis yang diperoleh peneliti, persentasi ketuntasan belajar pada kelas eksperimen mencapai 100%. Ini berarti hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil uji kesamaan dua rata-rata menggunakan SPSS.15 didapat tes komunikasi matematika diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,041≤0,05 maka H0 ditolak, artinya rata-rata kedua kelas berbeda secara signifikan. Dengan kata lain, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvesional terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII semester I SMP N 4 Semarang tahun pelajaran 2008/ Dari hasil penelitian yang didapat, peneliti memberi saran guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, karena dengan model pembelajaran ini ketuntasan belajar dapat tercapai dan hasil belajar peserta didik pada aspek komunikasi matematika lebih baik.

5 Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, komunikasi matematika.

6 Referensi Pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, komunikasi matematika. Komunikasi dalam matematika merupakan salah satu kemampuan dasar. Komunikasi dalam pembelajaran matematika sangat penting karena dapat membantu dalam kemampuan lain yaitu pemecahan masalah, penalaran, pemahaman, keterampilan sosial, dan berpikir kritis. Pembelajaran matematika yang selama ini digunakan hanya sekedar latihan soal dan pemberian tugas sehingga pembelajaran di kelas kurang menarik, dan keaktifan peserta didik masih rendah yang mengakibatkan komunikasi matematika tidak berlangsung efektif. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih mengedepankan keaktifan peserta didik. Model pembelajaran kooperatif JIGSAW dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Dari latar belakang tersebut, muncul permasalahan ”Apakah pembelajaran kooperatif JIGSAW lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 dengan kelas VIII sebanyak 3 kelas sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling tes dipilih satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis yang diperoleh peneliti, persentasi ketuntasan belajar pada kelas eksperimen mencapai 100%. Ini berarti hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil uji kesamaan dua rata-rata menggunakan SPSS.15 didapat tes komunikasi matematika diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,041≤0,05 maka H0 ditolak, artinya rata-rata kedua kelas berbeda secara signifikan. Dengan kata lain, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvesional terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII semester I SMP N 4 Semarang tahun pelajaran 2008/ Dari hasil penelitian yang didapat, peneliti memberi saran guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, karena dengan model pembelajaran ini ketuntasan belajar dapat tercapai dan hasil belajar peserta didik pada aspek komunikasi matematika lebih baik.

7 Terima Kasih


Download ppt "EKA LUKMAN ISKANDAR, 4101404544 KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google