Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER PERANGKAT KERAS & KOMPUTER PERANGKAT LUNAK Presented by : Kho Yunita Agustina S. (1022100533) Lailiya Hidayati (1022100563) Ninik Isnugrahani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER PERANGKAT KERAS & KOMPUTER PERANGKAT LUNAK Presented by : Kho Yunita Agustina S. (1022100533) Lailiya Hidayati (1022100563) Ninik Isnugrahani."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER PERANGKAT KERAS & KOMPUTER PERANGKAT LUNAK Presented by : Kho Yunita Agustina S. ( ) Lailiya Hidayati ( ) Ninik Isnugrahani ( )

2 KOMPUTER PERANGKAT KERAS

3 Perangkat Keras (Hardware) 1.Central Processing Unit (CPU) Cpu merupakan pusat dari komputer, cpu berfungsi untuk melakukan kegiatan arithmetic, logika, dan mengawasi seluruh sistem EDP.

4 CPU dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan fungsinya, yaitu : 1.Main Memory Section (internal strorage unit), bagian ini untuk menyimpan data yang akan diproses, yang sudah diproses, dan intruksi untuk bagian yang lain dari CPU. 2. Arithmetic logic section, bagian ini berfungsi untuk melakukan kegiatan kegiatan perhitungan dan logika. 3. Control Section, bagian ini berfungsi untuk mengkoordinasi dan mengatur semua kegiatan dalam sistem EDP.

5 2. Input Equipment Proses dimana data dimasukkan ke dalam komputer. Alat yang dapat digunakan untuk memasukkan data dapat berupa mesin pembaca kartu plong dan mesin pembaca pita kertas plong, alat input langsung, point of sales terminal, automatic tag readers dll.

6 3. Output Equipment Alat alat yang menerima informasi dari komputer CPU dan mengubahnya kedalam bentuk yang dapat dibaca. Output ini dapat dihasilkan dengan menggunakan mesin plong, mesin plong pita kertas, printer, visual display terminal, plotters.

7 Alat Komunikasi Komputer (Computer Communication Equipment) Alat komunikasi dengan komputer merupakan alat yang menghubungkan seseorang langsung dengan CPU atau dengan komputer file yang online. Contoh alat komunikasi dengan komputer antara lain terminal, key entry devices dan computer console.

8 Kombinasi Input Output Kombinasi input output atau disebut juga secondary storage devices adalah alat- alat yang digunakan untuk menyimpan data input maupun output dari komputer. Secondary storage ini digunakan karena kapasitas memori dari CPU adalah sangat terbatas dan mahal harganya. Alat yang digunakan untuk secondary storage adalah pita magnetis, cakram magnetis, drum magnetis dan mass storage system.

9 Pita Magnetis (Magnetic Tape) Pita magnetis yang digunakan untuk menyimpan data mempunyai ukuran sebesar pita tape recorder. Penulisan dan pembacaan data ke dan dari pita ini dilakukan dengan mesin khusus yang disebut tape drive. Pita magnetis ini ada yang memiliki 7 track (channel) dan 9 track. Dari setiap jenis pita magnetis tersebut satu track digunakan untuk mengecek data dan sisanya untuk mencatat data.

10 Cakram Magnetis Cakram magnetis memiliki bentuk seperti piringan hitam. Pada permukaannya terdapat track-track yang berbentuk lingkaran-lingkaran yang berdiri sendiri-sendiri. Penulisan data ke dalam cakram magentis maupun pembacaannya dilakukan dengan disk drive.

11 Drum Magnetis Drum magnetis berbentuk silinder, permukaannya digunakan untuk mencatat data. Sifat dari drum ini juga merupakan direct access storage device. Drum ini dipasang secara permanen pada suatu as yang dapat berputar. Untuk mencatat atau membaca data, drum ini akan berputar.

12 Mass Storage Devices Alat ini merupakan kombinasi dari pita magnetis dan cakram magnetis sehingga dapat menggabungkan kelebihan kedua alat tersebut, yaitu harganya lebih murah dan mempunyai sifat direct access. Untuk memasukkan data dari alat ini ke komputer diperlukan tahap sisipan, yaitu memindahkan data ke cakram magnetis (disebut staging) dan kemudian baru dapat digunakan oleh CPU secara direct access. Alat ini merupakan online equipment.

13 KOMPUTER PERANGKAT LUNAK

14 Perangkat lunak komputer terdiri atas : 1.Program Program komputer digunakan untuk memerintah komputer untuk melaksanakan langkah-langkah yang tercantum dalam program itu. 2. Dokumentasi Dokumentasi merupakan catatan dan penjelasan dari program komputer (atau sistem) yang dibuat dengan maksud untuk memudahkan memahami suatu program atau sistem.

15 Langkah-langkah penyusunan program komputer : 1.Mendefinisikan masalah Dalam langkah ini perlu ditunjukkan : 1.1.Definisi masalah 1.2.Penjelasan mengenai bentuk input dan output yang diinginkan 1.3.Alat penyimpan (file) yang akan digunakan

16 Contoh mendefinisikan masalah : Misalnya dirasakan kebutuhan untuk membuat daftar depresiasi untuk aktiva tetap yang dimiliki. Pertama kali perlu didefinisikan apakah depresiasi, akumulasi depresiasi, nilai buku dan informasi-informasi lainnya. Kemudian menjelaskan data input apa saja yang diperlukan untuk membuat daftar tersebut, misalnya cost, residu dan taksiran umur. Kemudian perlu ditentukan bentuk informasi (output)nya, misalnya dibuat dalam daftar yang menunjukkan jumlah depresiasi, akumulasi depresiasi dan nilai buku setiap tahun untuk setiap aktiva tetap yang dimiliki. Yang terakhir perlu ditentukan informasi itu akan disimpan dalam bentuk dan format seperti apa.

17 2.Menyusun flowchart Menyusun flowchart program komputer akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun program. Flowchart disusun dengan menggunakan simbol-simbol. Arus informasi digambarkan dalam sistem flowchart, sedangkan langkah-langkah dalam program komputer ditunjukkan dalam program flowchart. Sistem flowchart merupakan gambar yang menunjukkan arus dokumen (data) dalam suatu sistem dan perangkat keras serta file yang digunakan. Flowchart ini dibuat dengan simbol-simbol tertentu. Sistem flowchart berguna sebagai alat dokumentasi yang memberikan penjelasan tentang suatu sistem tertentu. Program flowchart merupakan gambar yang menunjukkan tahap-tahap dalam suatu program komputer. Flowchart ini berguna sebagai dasar untuk menulis program komputer

18 START STOP Baca data input Output label depresiasi Hitung depresiasi tahunan Hitung depresiasi termasuk bulan ybs. Hitung depresiasi tahun-tahun berikutnya Hitung depresiasi tanpa bulan ybs. Dibeli sebelum tgl 15?

19 3.Menyusun program komputer Program komputer untuk menghitung depresiasi aktiva tetap dapat disusun berdasarkan flowchart. Program ini disusun sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh komputer.

20 4.Memeriksa kesalahan dan membetulkannya Jenis kesalahan terdiri dari : 4.1.Syntax error Adalah kesalahan yang terjadi karena program yang disusun tidak sesuai dengan peraturan-peraturan dari bahasa yang digunakan. Misalnya dalam bahasa Pascal, setiap akhir baris harus diberi tanda. 4.2.Execution error Adalah kesalahan yang terjadi ketika program itu dijalankan (run). Misalnya ada perintah membaca input, tetapi datanya tidak tersedia 4.3.Logic error Adalah kesalahan yang menimbulkan output yang salah. Logic error dapat terjadi karena kesalahan menuliskan rumus untuk perhitungan, urutan, perhitungan keliru, formatnya tidak benar.

21 Teknik Menyusun Program Komputer Organisasi Programmer Program komputer dapat disusun oleh seorang programmer yang bertanggungjawab sepenuhnya atas program yang disusunnya. Programmer merencanakan program tersebut seluruhnya dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ditemukan. Program komputer dapat juga disusun oleh satu team yang terdiri dari beberapa orang. Setiap anggota team akan bekerja sesuai dengan tanggungjawabnya.

22 PENDEKATAN DALAM PENYUSUNAN PROGRAM Cara yang sesuai adalah top down approach. Top down dapat dirinci : – Top down design – Top down programming – Top down testing Top down design adalah merancang program komputer yang dipisah-pisahkan untuk setiap kegiatan atau fungsi. Top down programming dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menulis program komputer untuk semua modul atau sub-kegiatan yang setingkat, kemudian dilanjutkan dengan menulis program untuk modul atau sub-kegiatan di bawahnya. Top down testing adalah mengecek kebenaran suatu program sesudah program itu ditulis.

23 MENULIS PROGRAM KOMPUTER YANG BAIK Aturan-aturan yang harus dipatuhi : 1.Program disusun sebagai suatu hirarki modul-modul dimana modul yang tingkatnya lebih tinggi memanggil atau melakukan modul yang tingkatnya lebih rendah. 2.Setiap modul hanya mempunyai satu titik untuk masuk dan satu titik untuk keluar. 3.Setiap modul dibatasi dengan 50 sampai 100 source statement. 4.Tidak menggunakan statement GO-TO atau kalau terpaksa baru memakai GO-TO statement. 5.Menggunakan nama data yang mempunyai arti. 6.Digunakan komentar-komentar yang cukup untuk menunjukkan fungsi dari suatu modul dan sifat interfacenya. 7.Mengikuti pedoman identation untuk setiap baris.

24 Untuk menulis program komputer tanpa GO-TO statement, dapat digunakan tiga macam struktur kontrol, yaitu : 1.Urutan sederhana (Simple Sequence) 2.Pemilihan berdasar struktur kontrol test (IF-THEN-ELSE) 3.Struktur kontrol pengulangan bersyarat (seperti DO-WHILE, DO- UNTIL, FOR n TO m dan lain-lain)

25 Urutan Sederhana (Simple Sequence) Kerjakan A Kerjakan B Kerjakan C

26 Pemilihan berdasar Struktur Kontrol Test (IF-THEN-ELSE) Kerjakan A Kerjakan B TEST KEADAAN

27 Struktur Kontrol Pengulangan Bersyarat TEST KEADAAN Kerjakan A

28 BAHASA KOMPUTER Bahasa Mesin Bahasa mesin akan berbeda untuk setiap merek komputer, tetapi semuanya didasarkan pada kode binary yaitu suatu sistem pemberian angka dengan menggunakan angka 0 dan 1. Sekarang ini hampir tidak ada programmer yang menulis program dengan menggunakan bahasa mesin. Assembler Languange Merupakan bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan huruf (sistem mnemonic) untuk menunjukkan instruksi-instruksi yang diperlukan. Misalnya huruf A untuk menunjukkan penambahan (Add), huruf B untuk Branch, huruf ST untuk Store (simpan), dll. High Level Languange Merupakan bahasa yang berorientasi pada prosedur atau problem dan merupakan bahasa yang berdiri sendiri, terlepas dari mesin komputer. Bahasa ini menggunakan istilah-istilah dalam bahasa inggris dan simbol- simbol matematika yang umum digunakan.

29 Jenis-jenis High Level Languange 1.FORTRAN Singkatan dari FORmula TRANslator. Menggunakan simbol-simbol matematika. Untuk penulisan program matematika 2.BASIC Beginners’ Allpurpose Symbolic Instruction Code Menggunakan instruksi-instruksi yang lebih sedikit. 3.COBOL Singkatan dari Cominon Business-Oriented Languange Digunakan untuk memproses data dalam bentuk huruf, kombinasi huruf dan angka, dan data angka. 4.PASCAL Program terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang menjelaskan variabel-variabel yang digunakan dalam program tersebut, dan bagian kedua berisi pernyataan-pernyataan yang akan dilaksanakan.

30 JENIS PROGRAM KOMPUTER 1.APPLICATION PROGRAM Adalah program komputer yang digunakan untuk pekerjaan memproses data tertentu. 2.UTILITY PROGRAM Adalah program komputer yang disediakan oleh perusahaan komputer atau penghasil software. 3.OPERATING SYSTEM PROGRAM Adalah program yang mengkoordinasikan kegiatan CPU dengan peripheral equipment, baik input maupun output.

31 DOKUMENTASI Dokumentasi adalah catatan atau keterangan- keterangan yang dibuat untuk menjelaskan urut-urutan suatu program, dan segala keterangan yang berkaitan dengan proses data yang akan dilakukan dengan program tersebut. Sukses tidaknya suatu program tidak hanya tergantung pada benar tidaknya program komputer itu, tetapi juga sangat bergantung pada lengkap tidaknya dokumentasi.

32 Terima Kasih..


Download ppt "KOMPUTER PERANGKAT KERAS & KOMPUTER PERANGKAT LUNAK Presented by : Kho Yunita Agustina S. (1022100533) Lailiya Hidayati (1022100563) Ninik Isnugrahani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google