Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROTOKOL LAPISAN APLIKASI. Komunikasi antar protokol terjadi hanya antar layer. Masing-masing protokol dari tiap layer akan melakukan komunikasi dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROTOKOL LAPISAN APLIKASI. Komunikasi antar protokol terjadi hanya antar layer. Masing-masing protokol dari tiap layer akan melakukan komunikasi dengan."— Transcript presentasi:

1 PROTOKOL LAPISAN APLIKASI

2 Komunikasi antar protokol terjadi hanya antar layer. Masing-masing protokol dari tiap layer akan melakukan komunikasi dengan protokol pada layer yang sama. Sedangkan untuk proses komunikasi dari satu host dengan host yang lain harus melalui mekanisme enkapsulasi dan dekapsulasi. Layer aplikasi merupakan layer yang lebih dekat dengan pengguna karena pengguna berinteraksi secara langsung dengan layer ini. Dalam layer aplikasi terdapat protokol-protokol yang mendukung kerja dari aplikasi. Khusus jaringan berbasis protokol TCP/IP terdapat protokol di antaranya adalah HTTP, FTP, SMTP, Telnet, dan DNS. Perangkat

3 HyperText Transfer Protocol merupakan protokol utama yang digunakan untuk mengakses data melalui Word Wide Web. Protokol ini dapat digunakan untuk mentransfer data dalam format plaintext, hypertext, audio, video, dan lain-lain. Namun demikian, protokol ini lebih uraum disebut dengan protokol transfer berformat hypertext dengan alasan cfisiensi. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

4 HyperText Transfer Protocol merupakan protokol utama yang digunakan untuk mengakses data melalui Word Wide Web. Protokol ini dapat digunakan untuk mentransfer data dalam format plaintext, hypertext, audio, video, dan lain-lain. Namun demikian, protokol ini lebih uraum disebut dengan protokol transfer berformat hypertext dengan alasan cfisiensi. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

5 Next.. Transaksi HTTP

6 File Transfer Protocoladalah protokol standar yang disediakan oleh TCP/IP sebagai protokol untuk copy file dari satu host ke host yang lain. Sebelum sebuah host bisa melakukan proses copy file, terlebih dahulu hams membentuk hubungan komunikasi. Dalam FTP hubungan koneksi terdiri dua hubungan yang berfungsi untuk transfer data dan koptrol. FTP menggunakan layanan TCP menggunakan well-known port 21 sebagai control connection dan wellknown port 22 untuk data transfer. File Transfer Protocol (FTP)

7 Next.. Operasi FTP

8 Salah satu dari keseluruhan layanan jaringan adalah electronic mail ( ). Protokol TCP/IP mendukung e- mail dalam jaringan internet dengan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). SMTP adalah protokol yang dapat dipergunakan untuk mengirim ke suatu tujuan yang sudah ditentukan. SMTP dapat digunakan oleh user sebagai protokol untuk saling menukar antar user dalam komputer yang sama atau komputer yang lain. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)

9 Layanan SMTP yaitu: Untuk mengirimkan satu pesan ke satu atau banyak penerima Untuk mengirim pesan termasuk teks, suara, video, dan grafik Untuk mengirim pesan ke user dalam satu jaringan ataupun di luar jaringan Next..

10 Konsep kerja SMTP

11 Hal terpenting dan paling sering terjadi masalah dalam menjalankan situs web adalah masalah Domain Name System (DNS). DNS adalah metode agar sebuah situs web dapat ditemukan, tanpa harus mengetahui letak secara fisik situs tersebut di dalam internet. Domain Name System (DNS)

12 Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke dalam IP Address. Client DNS disebut resolvers dan DNS server disebut name server. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memroses dengan cara melakukan cek ke lokal database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Next..

13 Domain Name Space

14 TerminaL NETwork (TELNET) adalah protokol yang digunakan untuk melakukan remote access, dengan mengakses suatu "machine"dari jarak jauh. Boleh jadi sistem operasinya berlainan, misalnya linux, BSD maupun Unix dan mungkin juga Windows. Akses TELNET di jaringan menggunakan port 23 pada jaringan TCP/IP. TELNET

15 Next.. Remote Login

16 SEKIAN


Download ppt "PROTOKOL LAPISAN APLIKASI. Komunikasi antar protokol terjadi hanya antar layer. Masing-masing protokol dari tiap layer akan melakukan komunikasi dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google