Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HTML (cont.) (Nelly Sofi). Peng. Komp & TI 2C2 Untuk mempelajari HTML saat ini tidaklah sulit karena sudah banyak program yang mampu menghasilkan dokumen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HTML (cont.) (Nelly Sofi). Peng. Komp & TI 2C2 Untuk mempelajari HTML saat ini tidaklah sulit karena sudah banyak program yang mampu menghasilkan dokumen."— Transcript presentasi:

1 HTML (cont.) (Nelly Sofi)

2 Peng. Komp & TI 2C2 Untuk mempelajari HTML saat ini tidaklah sulit karena sudah banyak program yang mampu menghasilkan dokumen dalam format HTML, misalnya semua produk Microsoft office, MotMetal, HotDog, HTMLLed dsb. Bahkan dengan hadirnya Microsoft Frontpage 2000 dan Frontpage XP (experience) untuk membuat dokumen atau web page sudah sangat mudah sekali, karena berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan pembuatan web page sudah tersedia seperti component, hyperlink dsb.

3 Peng. Komp & TI 2C3 PENAMAAN DOKUMEN File yang disimpan dalam format HTML akan berekstensi HTM atau HTMl. File yang berakhiran HTM atau HTML ini sama untuk berbagai jenis sistem operasi seperti Linux, Unix, Windows dsb. Elemen HTML Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. “Elemen “ adalah merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Bebrapa contoh elemen adalah head, body, table, paragraf, list. Elemen dapat berupa teks murni atau buakan teks atau keduanya. Definisi TAG Untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML, kita menggunakan TAG.

4 Peng. Komp & TI 2C4 PENAMAAN DOKUMEN (cont.) Petunjuk menggunakan TAG adalah : Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung bersusdut (angle bracket)  Tag HTML secara normal selalu berpasangan seperti dan  Tag pertama dalam suatu pasangan adalah tag awal dan tag yang kedua merupakan tag akhir Tag HTML tidak case sensitive. berarti sama dengan Jika dalam suatu tag ada tag lagi maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang harus berurut. Misalnya Huruf Tebal dan Miring

5 Peng. Komp & TI 2C5 PENAMAAN DOKUMEN (cont.) Gunakan tag dengan huruf kecil (lowercase) Nama elemen ditunjukkan dengan nama tagnya. Suatu elemen didalam dokumen HTML harus ditandai dengan penulisan tagnya yang berpasangan. Ada beberapa elemen yang tidak mengharuskan tagnya dituliskan secara berpasangan, elemen tersebut adalah : - paragraf dengan tag - ganti baris- line break dengan tag - garis datar- horizontal rule dengan tag - list item dengan tag

6 Peng. Komp & TI 2C6 PENAMAAN DOKUMEN (cont.) Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tagnya, dituliskan : …….. Elemen HTML yang dibutuhkan Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumenHTML dinyatakan dengan tag,, dan berikut tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang sebenarnya tersusun dari link, grafik, paragraf dan elemen lainnya.

7 Peng. Komp & TI 2C7 PENAMAAN DOKUMEN (cont.) Secara umum dokumen web dibagi menjadi dua bagian yaitu head dan body. Sehingga setiap dokumen html harus mempunyai pola dasar sebagai berikut : ……informasi tentang dokumen HTML ……informasi yang ditampilakn dalam browser web Setiap dokumen html harus diawali dengan menuliskan tag dan tag diakhir dokumen. Tag ini menandai bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Dalam satu dokumen hanya ada satu elemen html.

8 Peng. Komp & TI 2C8 PENAMAAN DOKUMEN (cont.) Elemen head ditandai dengan tag dan diakhiri dengan tag. Bagian ini berisi informasi tentang dokumen HTMLnya. Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen, judul ini akan ditampailkan pada caption bar dari window browser, ditandai dengan menggunakan tag dan diakhiri dengan. Elemen body ditandai dengan tag dan diakhiri. Bagian ini merupakan elemen terbesar di dalam dokumen html. Elemen ini berisi isi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi paragraf, grafik, link, tabel dsb.

9 Peng. Komp & TI 2C9 PERSYARATAN SYSTEM  Sebuah komputer yang siap web. Komputer dengan windows 95/98/NT, Mac atau Unix  Editor teks, notepad atau lainnya  koneksi ke server web(kalau mungkin koneksi ke internet)  Browser web, direkomendasikan Internet Explorer atau Netscape navigator.

10 Peng. Komp & TI 2C10 TAG TAG DASAR HTML Tag dasar berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. HTML Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan satu keharusan bagi pemrogram web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML. di awal dokumen dan di akhir dokumen.

11 Peng. Komp & TI 2C11 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Head Merupakan tag berikutnya setelah untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan di awal setelah, dan di akhir section head Title Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/ informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser. judul dokumen

12 Peng. Komp & TI 2C12 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Body Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan. di awal, segera setelah tag di akhir, diletakkan sebelum tag Paragraf Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf. Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag. diakhir paragraf tidak diharuskan menuliskan sebagai akhir paragraf. Setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan kembali.

13 Peng. Komp & TI 2C13 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh Soal :

14 Peng. Komp & TI 2C14 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil :

15 Peng. Komp & TI 2C15 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh Soal :

16 Peng. Komp & TI 2C16 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil :

17 Peng. Komp & TI 2C17 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Line Break Kita dapat memaksakan ganti baris pada dokumen web. Ganti baris disini dimaksudkan hanya menyajikan informasi pada baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Untuk menampilkan suatu teks ditampilkan pada baris yang baru dalam suatu paragraf, maka harus digunakan tag sebelum teks yang dimaksud dituliskan.

18 Peng. Komp & TI 2C18 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh Soal :

19 Peng. Komp & TI 2C19 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil :

20 Peng. Komp & TI 2C20 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Heading Teks dalam dokumen umumnya mempunyai judul topik, pada dokumen HTML judul ini disebut heading. Heading tulisan akan ditampilkan dengan huruf yang lebih besar atau ditebalkan. Heading juga dimanfaatkan untuk menunjukkan tingkat keberartian dari teks yang dituliskan. Ada 6 tingkat heading dalam HTML, dinomori dari satu sampai dengan nomor 6. Nomor 1 merupakan heading terbesar. Setiap heading dalam dokumen harus diberi tag, tergantung pada kebutuhan teks tersebut, jika dianggap sebagai heading1-digunakan tag Sintaks elemen heading Teks yang menjadi heading, dimana y adalah nomor heading

21 Peng. Komp & TI 2C21 TAG TAG DASAR HTML (cont.)

22 Peng. Komp & TI 2C22 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh Soal :

23 Peng. Komp & TI 2C23 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Mengatur letak Heading Tag heading mempunyai atribut yang digunakan untuk mengatur letak heading dalam baris –align. Aligment heading  kiri-left  tengah –center  kanan-right

24 Peng. Komp & TI 2C24 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh Soal :

25 Peng. Komp & TI 2C25 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil : Jika atribut align tidak diisi maka heading secara default akan ditampilkan rata sebelah kiri.

26 Peng. Komp & TI 2C26 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Penggaris Mendatar Sebuah garis dapat dsisipkan dalam dokumen web, umumnya digunakan sebagai pemisah antar bagian atau paragraf. Tag disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dokumen.

27 Peng. Komp & TI 2C27 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh :

28 Peng. Komp & TI 2C28 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil : Garis yang disisipkan dapat dalam bentuk penggaris karena lebar garis dapat diatur, ukuran garis dapat dalam bentuk point atau dalam bentuk relatif dalam window browser.

29 Peng. Komp & TI 2C29 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Komentar Dalam suatu dokumen informasi ada sebagian teks dalam dokumen yang berfungsi sebagai catatan atau komentar terhadap program itu sendiri. Catatan/komentar dalam dokumen tidak ditampilkan dalam browser. Komentar disisipkan pada section body, diletakkan pada bagian-bagian teks dokumen yang memang perlu dikomentari.

30 Peng. Komp & TI 2C30 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Contoh :

31 Peng. Komp & TI 2C31 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Tag komentar dapat digunakan untuk menyembunyikan sebagian dokumen web. Teks yang berfungsi sebagai komentar disimpan dalam dokumen ditandai dengan tag

32 Peng. Komp & TI 2C32 TAG TAG DASAR HTML (cont.) Hasil :


Download ppt "HTML (cont.) (Nelly Sofi). Peng. Komp & TI 2C2 Untuk mempelajari HTML saat ini tidaklah sulit karena sudah banyak program yang mampu menghasilkan dokumen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google