Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN “ Ny M “ DENGAN POST PARTUM HARI I DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD KABUPATEN WAJO TANGGAL 25 S/D 27 JULI 2011 Karya Tulis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN “ Ny M “ DENGAN POST PARTUM HARI I DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD KABUPATEN WAJO TANGGAL 25 S/D 27 JULI 2011 Karya Tulis."— Transcript presentasi:

1

2 ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN “ Ny M “ DENGAN POST PARTUM HARI I DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD KABUPATEN WAJO TANGGAL 25 S/D 27 JULI 2011 Karya Tulis Ilmiah Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada program D. III Keperawatan Akademi Keperawatan Wajo RASNA MAULANI NIM PEMERINTAH KABUPATEN WAJO DINAS KESEHATAN AKADEMI KEPERAWATAN WAJO 2011

3 pendahuluan Latar Belakang Angka Kematian Ibu (AKI) menujukkan yang terjadi pada ibu hamil dan ibu melahirkan selama masa nifas karena sebab-sebab yang ada hubunganya dengan kehamilan dengan persalinannya per kelahiran hidup AKI tidak hanya menggambarkan derajat kesehatan dan kemajuan dan pembangunnan disuatu tempat tetapi juga ada hubungannya dengan hal-hal yang bekaitan dengan usaha- usaha peningkatan status wanita, kesehatan dan keseimbangan jender serta kesehatan reproduksi termasuk Keluarga Berencana. Angka Kematian Ibu di Indonesia bervareasi. Variasi ini antara lain disebabkan oleh perbedaan norma, nilai, lingkungan dan kepercayaan masyarakat, disamping infrastruktur yang ada. Satu hal yang penting lainnya adalah perbedaan kualitas pelayanan kesehatan pada setiap tingkat pelayanan.

4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Masa Nifas (puerpurium) dimulai setelah placenta lahir dan berakhir ketika alat – alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil,berlangsung selama kira – kira 6 minggu (,Sarwono, P (2006), Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, edisi keempat, Buku Acuan Nasional, YBP-SP, Jakarta. Hal:121) Persalinan normal adalah proses pengeluaran bayi dengan usia kehamilan cukup bulan, letak memenjang atau sejajar sumbu badan ibu, presentasi belakang kepala, kesimbangan diameter kepala bayi.

5 BAB III TINJAUAN KASUS A.Pengkajian Pengumpulan Data (Tanggal Pengkajian 25 Juli 2011) Biodata Identitas Klien Nama: “Ny.M” Umur: 41 Thn Agama: Islam Suku / Bangsa: Bugis/Indonesia Pendidikan: SD Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga Status Perkawinan: Nikah Perkawinan ke: 1 (pertama) Lamanya: 19 Tahun Alamat: Pasangrahan Tanggal Masuk :24 Juli 2011

6 Data Biologis / Fisiologis Keluhan utama :Nyeri yaitu nyeri pada perineum dan abdomen. Riwayat keluhan utama: Klien mengatakan nyeri perineum dan abdomen dialami sejak tanggal 24 Juli 2011 akibat persalinan. Nyeri perineum dirasakan dengan skala 4 (tingkat sedang) dan nyeri abdomen dirasakan dengan skala 3 (tingkat ringan). Hilang timbul dan lebih dirasakan pada saat nyeri bergerak, nyeri perineum dan abdomrn dirasakan selama ± 10 menit, dan berkurang bila berbaring/istirahat.

7 Data Subjektif :  Klien mengatakan nyeri pada perineum.  Klien mengakan nyeri pada abdomen bagian bawah.  Klien mengatakan nyeri dirasakan apabila bergerak.  Klien mengatakan bahwa nyeri hilang timbul.  Klien mengatakan belum bisa bergerak banyak.  Klien mengatakan masih banyak darah yang keluar dari vagina.  Klien mengatakan sulit bergerak.

8 Data objektif : Tanda – tanda Vital : TD: 100/60 mmHg N: 76 x / menit P: 20 x / menit S: 36,5 O C Nampak luka laserasi pada perineum P : Apabila bergerak Q : Nyeri hilang timbul R : Lokasi nyeri pada perineum S : Sedang skala “4” (0-10) T :Nyeri timbul selama ± 10 menit. Ekspresi wajah nampak meringis

9 Lanjut…. Nyeri tekan abdomen P : Apabila bergerak Q : Nyeri hilang timbul R : Lokasi nyeri pada perineum S : Ringan skala “3” (0-10) T : Nyeri timbul selama ± 10 menit. Nampak terpasang infuse RL 28 tetes/menit pada tangan kiri dan kanan lochea rubra Kebutuhan klien nampak dipenuhi oleh keluarganya. KU lemah Gerakan klien terbatas Post partum hari 1.

10 DIAGNOSA KEPERAWATAN NO.DIAGNOSA KEPERAWATANTANGGAL DITEMUKA N TANGGAL TERATASI Nyeri perineum berhubungan dengan terputusnya kontinuitas jaringan Nyeri abdomen berhubungan dengan kontraksi spasme uterus Resiko infeksi berhubungan dengan trauma jaringan. Intoleran aktiviti berhubungan kelemahan fisik 25 Juli 2011 Tidak teratasi 27 Juli 2011 Tidak teratasi 27 Juli 2011

11 INTERVENSI KEPERAWATAN 1. Nyeri perineum berhubungan dengan terputusnya kontinuitas Tentukan adanya, lokasi dan sifat nyeri. Ajarkan tehnik relaksasi (tarik nafas dalam) Beri posisi anatomis yang nyaman sesuai keinginan klien Kolaborasi pemberian analgetik. 2.Nyeri abdomen berhubungan dengan kontraksi/spasme uterus Kaji tingkat nyeri, lokasi, sifat ( skala 0 – 10 ) Observasi tanda – tanda vital. Ajarkan teknik relaksasi (napas dalam). Berikan posisi anatomis yang nyaman bagi klien. Penatalaksanaan pemberian analgetik : Injeksi ketorolac 1 ampul/12 jam

12 Lanjut….. 3. Resiko infeksi berhubunga dengan trauma jaringan Kaji jumlah darah yang keluar dari vagina Pantau tanda-tanda vital terutama suhu tubuh Melakukan perawatan vagina yaitu vulva hygiene Kaji terhadap tanda – tanda infeksi saluran kemih Penatalaksanaan pemberian anti biotik : -Injeksi Cefotaxine 1 gr/ 12 jam 4. Intoleran aktiviti berhubungan imobilisasi fisik Kaji kemampuan klien dalam melaksanakan aktivitas Penuhi kebutun klien di tempat tidur Beri kesempatan pada klien untuk beraktivitas secara bertahap bila nyeri berkurang. Informasikan tentang pentingnya aktivitas secara bertahap.

13 Kesimpulan Pada pengkajian keperawatan “Ny.M” dengan post partum hari I didapatkan kesenjangan antara teori dengan kasus karena tidak semua data yang terdapat dalam teori didapatkan pada klien begitupula sebaliknya. Pada diagnosa keperawatan klien “Ny.M” dengan post partum hari I didapatkan kesenjangan dimana pada teori terdapat 12 diagnosa keperawatan, sedangkan pada kasus hanya ditemukan 4 diagnosa keperawatan. Penyusunan rencana keperawatan “Ny.M” dengan post partum hari I ditemukan kesenjangan dimana tidak semua intervensi yang terdapat dalam teori dimasukkan dalam perencanaan tindakan keperawatan.

14 Lanjut…. Pada pelaksanaan tindakan keperawatan “Ny.M” dengan post partum hari I ditemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus, semua rencana tindakan keperawatan dapat diimplementasikan pada klien tapi terdapat implementasi yang tidak terdapat pada teori. Pada evaluasi, dari 4 diagnosa keperawatan yang ditemukan yaitu nyeri perineum, nyeri abdomen, resiko infeksi dan intoleran aktiviti namun hanya nyeri abdomen dan intoleran aktiviti yang dapat teratasi.

15 SEKIAN DAN TERIMA KASIH…….


Download ppt "ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN “ Ny M “ DENGAN POST PARTUM HARI I DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD KABUPATEN WAJO TANGGAL 25 S/D 27 JULI 2011 Karya Tulis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google