Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Elastisitas permintaan terhadap harga : Persentase perubahan kuantitas komoditi yang diminta dibagi dengan persentase perubahan harga. Pada titik B ; Ep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Elastisitas permintaan terhadap harga : Persentase perubahan kuantitas komoditi yang diminta dibagi dengan persentase perubahan harga. Pada titik B ; Ep."— Transcript presentasi:

1 Elastisitas permintaan terhadap harga : Persentase perubahan kuantitas komoditi yang diminta dibagi dengan persentase perubahan harga. Pada titik B ; Ep = -100/$1. 5$/100 = -5 Kuantitas yang diminta menurun 5% untuk setiap 1% peningkatan harga.

2  Q/  P ditunjukkan oleh a 1, koefisien estimasi dari P dalam Persamaan Qx = a 0 + a 1 Px + a 2 N + a 3 I + a 4 Py + a 5 T +... Rumus elastisitas titik terhadap harga : Elastisitas terhadap Harga, Penerimaan Total, dan Penerimaan Marjinal TR = P. Q Apabila terjadi penurunan harga ; 1.TR meningkat jika permintaannya elastis (jika Ep>1) 2.TR tetap jika permintaannya elastis uniter (Ep = 1) 3.TR menurun jika permintaannya inelastis (0

3 P ($) QEpTR = PQ ($) MR =  TR/  Q ($) Tabel 3.1. Elastisitas harga, Penerimaan Total, dan Penerimaan marjinal TR meningkat selama |Ep| >1 ; TR maksimum pada saat |Ep| = 1 ; TR meurun pada saat |Ep| < 1 Terdapat hubungan antara MR, P dan Ep :

4 ELASTISITAS PERMINTAAN TERHADAP PENDAPATAN : Barang normal (makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, pendidikan: E I (+) tetapi rendah : 0-1 Barang Mewah ( Liburan ke LN, perhiasan, mobil BMW) : E I (+) tinggi ) >1 Barang Inferior : barang yang dianggap rendah dan sangat murah : E I (-) ELASTISITAS PERMINTAAN SILANG TERHADAP HARGA Jika E XY positip, maka komoditi X dan Y adalah substitusi (kopi dan teh, kopi dan coklat, mentega dan margarin, humburger dan hot dog) Jika E XY negatip, maka komoditi X dan Y adalah komplementer (kopi dan gula, kopi dan krim, humburger dan roti, mobil dan bensin)

5 PENGGUNAAN ELASTISITAS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJERIAL Perusahaan Tasty Company memasarkan kopi merk X dan mengestimasi regresi dari permintaan akan kopinya sebagai berikut : Q X = P X I P Y - 0.6P S + 1.2A dengan : Q X = penjualan kopi merek X (jutaan pon/tahun) P X = harga kopi merek X (dollar per pon) I = pendapatan disposible perseorangan (tryliun dollar/thn) P Y = harga kopi pesaing (dollar/pon) PS = harga gula (dollar/pon) A = pengeluaran iklan untuk kopi merek X (ratusan ribu dollar/pon) Misalkan pada tahun ini ; P X = $2, I = $2.5, PY = $1.8, PS = $0.5 dan A = $1. a.Tentukan jumlah kopi yang dijual pada tahun ini. b.Tentukan E P, E I, E XY, E XS dan E A c.Tentukan permintaan kopi tahun depan, jika prsh ingin meningkatkan harga 5%, iklan 12%, memperkirakan I(+ 4%), PY (+ 7%), PS (-7%)?

6 Jawab : a. Q X = 1.5 – 3(2) + 0.8(2.5) + 2(1.8) – 0.6(0.5) + 1.2(1) = 2 Pada tahun ini perusahaan akan menjual 2 juta ton kopi merek X. b. Perusahaan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan elastisitas permintaan dari kopi merek X terhadap harganya, pendapatan, harga kopi pesaing, harga gula dan periklanan. c. = 2 + 2(5%)(-3) +2(4%)(1) + 2(7%)(1.8) + 2(7%)(1.8)+2(-8%)(-0.15) +2(12%)(0.6) = 2.2

7 Selera Konsumen : Kurva Indiferen : kombinasi dari komoditi X dan Y yang menghasilkan kepuasan yang sama terhadap konsumen Kurva Indiferen menunjukkan individual menerima tingkat kepuasan yang sama dari mengkonsumsi 1X dan 4 Y(titik A), 2X dan 2.5Y (B), 4X dan 1.5Y (C) MRS XY =  X/  Y

8 Kendala Konsumen : Garis Anggaran : kombinasi komoditi X dan Y yang dapat dibeli konsu- men, dengan pendapatan dan harga tertentu dari kedua komoditi. QYQY QXQX G FF’F” 0 Pendapatan seorang kunsumen, M = $6 dan P X =P Y =$1, jika konsumen menghabiskan semua pendapatannya pada salah satu dari X atau Y, dia dapat membeli 6X(titik F) atau 6Y (titik G) ; garis anggaran adalah GF Dengan kondisi M dan P Y yang tidak berubah, garis anggaran akan berubah menjadi GF’ jika P X = $2 dan menjadi GF” jika P X = $0.67

9 Keseimbangan Konsumen : Seorang konsumen berada dalam keadaan keseimbangan jika dengan tingkat pendapatan dan harga yang ada, konsumen tersebut dapat memaksimumkan kepuasan dari pengeluarannya E F G U2U2 0 QXQX QYQY M = $6 dan P X dan P Y = $1 Garis anggaran GF, konsumen berada pada saat keseimbangan pada saat mengkonsumsi 3X dan 3Y (titik E) dengan kurva indiferen U 2 (kurva indiferen yang dapat dicapai konsumen dengan kondisi anggarannya)


Download ppt "Elastisitas permintaan terhadap harga : Persentase perubahan kuantitas komoditi yang diminta dibagi dengan persentase perubahan harga. Pada titik B ; Ep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google