Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSUMSI ENERGI KERJA. DEFINISI  Konsumsi energi merupakan faktor utama dan tolok ukur yang dipakai sebagai penentu besar/ringannya kerja fisik yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSUMSI ENERGI KERJA. DEFINISI  Konsumsi energi merupakan faktor utama dan tolok ukur yang dipakai sebagai penentu besar/ringannya kerja fisik yang."— Transcript presentasi:

1 KONSUMSI ENERGI KERJA

2 DEFINISI  Konsumsi energi merupakan faktor utama dan tolok ukur yang dipakai sebagai penentu besar/ringannya kerja fisik yang dilakukan

3 Pulsa Jantung  Pulsa jantung wanita umumnya akan berdenyut lebih tinggi dibandingkan dengan laki2 (sekitar 10 denyut/menit lebih tinggi).  Bila tidak ada kegiatan fisik dilakukan (dalam kondisi istirahat) biasanya pulsa akan sebesar 62 denyut/menit sepadan dengan pengeluaran energi sebesar 1.25 Kkal/menit.

4  Untuk kegiatan yang memerlukan gerakan fisik anggota tubuh dalam klasifikasi ringan (berjalan, duduk/berdiri, berpakaian) memerlukan total kebutuhan energi sebesar kcal/24 jam.

5 Waktu istirahat untuk kerja berat R = Waktu istirahat yang diperlukan (menit) T = Total waktu yang dipergunakan untuk kerja (menit) (menit) = Rata-rata energi yang dikonsumsi untuk kerja = Rata-rata energi yang dikonsumsi untuk kerja (kkal/menit) (kkal/menit) S = Standar beban kerja normal yang diaplikasikan (kkal/menit) (kkal/menit)

6 Kegiatan Otot Agar penggunaan tenaga otot bisa optimal maka pengaturan cara kerja otot harus diperhatikan dengan benar. Kegiatan otot dibedakan dalam 2 hal : 1. Kerja otot dinamik (berirama) Otot mengencang dan mengerut secara bergantian atau berirama. Sirkulasi darah + O 2 dan metabolis akan berlangsung secara lancar. Otot mengencang dan mengerut secara bergantian atau berirama. Sirkulasi darah + O 2 dan metabolis akan berlangsung secara lancar.

7 Kegiatan Otot 2.Kerja otot statik (kerja tetap) Otot berada dalam posisi mengencang dalam waktu yang cukup lama. Mengencang otot dalam waktu lama akan menyebabkan aliran darah & O 2 terganggu. Kondisi tersebut mengakibatkan rasa sakit dan lelah pada otot.

8  Pada usia sekitar tahun, tenaga otot hanya bisa menghasilkan sekitar 75% dari maksimum.  Kekuatan otot yang dihasilkan rata-rata wanita ternyata hanya sekitar 70% dari kekuatan otot laki-laki. Dalam perancangan dan penyusunan deskripsi pekerjaan harus ada pertimbangan- pertimbangan khusus yang berkaitan dengan kemampuan pekerja ditinjau dari jenis kelamin & usia.

9 96%50 96%40 100%20-30 Persentase Kemampuan (%) Usia (tahun) 90%60 75%65

10 Kelelahan  Lelah otot. Otot menerima beban yang berlebihan  Lelah visual. Mata yang berkonsentrasi terus-menerus pada suatu obyek. Misal komputer, chaya yg terlalu kuat yang mengenai mata juga akan bisa menimbulkan gejala yang sama.

11 Kelelahan  Lelah mental Bukan aktivitas fisik, melainkan kerja mental (berpikir) – lelah otak.  Lelah monotonis. Disebabkan oleh aktivitas kerja yang bersifat rutin, monoton atau lingkungan kerja yang menjemukan.

12 Cara Membawa Beban  Metode Double Pack Beban dibawa dengan cara meletakkannya menempel lekat di bahu & dada. Kebutuhan O 2 ditetapkan 100%.

13 Cara Membawa Beban  Metode Head Pack Beban diletakkan di atas kepala. Kebutuhan O 2 ditetapkan 105%.

14 Cara Membawa Beban  Metode Yoke Pack Beban diletakkan pada masing-masing ujung alat pemikul beban. Kebutuhan O 2 ditetapkan 130%.

15 Cara Membawa Beban  Metode Hands Pack Beban dibawa oleh kedua tangan Kebutuhan O 2 ditetapkan 145%.

16 Soal penjadwalan waktu istirahat  Seorang pekerja pabrik setiap jam kerjanya harus melaksanakan tiga macam aktivitas fisik yang berbeda-beda dengan proporsi yang relatif sama untuk masing-masing aktivitas tersebut. Dari hasil pengukuran energi fisik yang diperlukan untuk masing-masing aktivitas tersebut diperoleh data sebagai berikut :

17 Soal penjadwalan waktu istirahat  Aktivitas A = 5.8 Kkal/menit  Aktivitas B = 4.7 Kkal/menit  Aktivitas C = 5.5 Kkal/menit Bila standar beban kerja ditetapkan sebesar 4.0 Kkal/menit. Tentukan waktu istirahat yang diperlukan pekerja.


Download ppt "KONSUMSI ENERGI KERJA. DEFINISI  Konsumsi energi merupakan faktor utama dan tolok ukur yang dipakai sebagai penentu besar/ringannya kerja fisik yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google