Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGINA PECTORIS. Definisi Angina pektoris ialah suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada yang khas( seperti ditekan atau terasa berat di dada yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGINA PECTORIS. Definisi Angina pektoris ialah suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada yang khas( seperti ditekan atau terasa berat di dada yang."— Transcript presentasi:

1 ANGINA PECTORIS

2 Definisi Angina pektoris ialah suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada yang khas( seperti ditekan atau terasa berat di dada yang sering menjalar ke lengan kiri. Nyeri dada tersebut biasanya timbul pada saat melakukan aktivitas dan segera hilang bila aktivitas dihentikan. Gejala tanpa kelainan morfologik permanen miokardium yang disebabkan oleh insufisiensi relatif yang sementara di pembuluh darah koroner.

3 ETIOLOGI Angina Pektoris disebabkan oleh karena berkurangnya aliran darah ke arteria koronaria sehingga terjadi ketidakseimbangan antara suplai oksigen ke myocardium dan kebutuhan oksigen.

4 Faktor-faktor Risiko: Yang tidak dapat diubah Usia Jenis kelamin Riwayat keluarga Ras

5 Yang dapat di ubah Peningkatan lipid serum Hipertensi Merokok Gangguan toleransi glukosa Diet tinggi lemak jenuh, kolesterol dan kalori Gaya hidup yang kurang

6 Ateroma bisa menonjol ke dalam arteri dan menyebabkan arteri menjadi pecah Supaya bisa berkontraksi dan memompa secara normal, otot jantung (mi ok ar di um) memerlukan pasokan darah yang kaya akan oksigen dari arteri koroner. Jika penyumbatan arteri koroner semakin memburuk, bisa terjadi is kemi (berkurangnya pasokan darah) pada otot jantung sehingga menyebabkan kerusakan jantung.

7 Angina stabil - angina klasik, terjadi jika arteri koroner yang arterosklerotik tidak dapat berdilatasi untuk meningkatkan alirannya sewaktu kebutuhan oksigen meningkat. Peningkatan kerja jantung dapat menyertai aktivitas misalnya berolah raga atau naik tangga.

8 2.Angina prinzmetal Terjadi tanpa peningkatan jelas beban kerja jantung dan pada kenyataannya sering timbul pada waktu beristirahat atau tidur. Pada angina prinzmetal terjadi spasme arteri koroner yang menimbulkan iskemi jantung di bagian hilir. Kadang-kadang tempat spasme berkaitan dengan arterosklerosis.

9 3. Angina tak stabil Adalah kombinasi angina stabil dengan angina prinzmetal ;dijumpai pada individu dengan perburukan penyakit arteri koroner. Angina tak stabil biasanya menyertai peningkatan beban kerja jantung; terjadi akibat arterosklerosis koroner, yang ditandai oleh trombus yang tumbuh dan mudah mengalami spasme.

10 Pemeriksaan 1.nyeri pada dada bagian kiri sering menjalar ke lengan kiri, bahu, punggung 2.Terasa pasan dan tertekan 3.Nyeri muncul saat aktivitas atau tidur malam 4.Nyeri terjadi 1-5 menit 5.EKG


Download ppt "ANGINA PECTORIS. Definisi Angina pektoris ialah suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada yang khas( seperti ditekan atau terasa berat di dada yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google