Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG” ( STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG” ( STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN."— Transcript presentasi:

1 “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG” ( STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI PENGUNJUNG ) SKRIPSI Diajukan Untuk Menempuh Ujian Sarjana Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas Oleh, Ofik Permana Setiawan NIM PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2012

2 Latar Belakang Masalah Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Cantik CitraMinat Beli

3 Pertanyaan Makro Bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Cantik Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung ?

4 Pertanyaan Mikro Bagaimana produk jasa (Produk) yang ditawarkan Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung ? Bagaimana harga (Price) yang ditawarkan Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung? Bagaimana distribusi (Place) yang dilakukan Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung ? Bagaimana promosi (Promotions) yang dilakukan Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung ?

5 Kegunaan Penelitian Teoritis Hasil penelitian secara teoritis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan sebagai sumbangan Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Ilmu Humas pada umumnya dan mengenai Komunikasi Pemasaran khususnya.

6 Kegunaan Penelitian Praktis Bagi Peneliti Untuk menambah pengetahuan dan wawasan sehubungan dengan masalah yang diteliti melalui pemaparan ilmu dan teori yang telah diperoleh selama masa perkuliahan serta membandingkannya dengan fakta dan realita yang peneliti peroleh dilapangan. Bagi Akademik Penelitian ini secara praktis berguna bagi mahasiswa UNIKOM secara umum dan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Ilmu Humas secara khusus sebagai litelatur, terutama bagi mahasiswa atau peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama. Bagi Perusahaan/Masyarakat Penelitian ini bisa dijadikan bahan evaluasi serta saran bagi Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung.

7 Kerangka Pemikiran Studi Kasus “Studi kasus adalah suatu eksplorasi dari sebuah sistem terbatas atau suatu kasus secara mendetail, pengumpulan data secara mendalam dari informasi-informasi (Creswell, 1998:61). Penelitian melalui studi kasus yaitu unsur salah satu perusahaan yang terkait dengan populasi tertentu. Kesimpulan studi kasus tersebut yang diambil tidak berlaku secara umum, tetapi hanya terbatas pada suatu kasus-kasus tertentu yang sedang diteliti pada objek tertentu atau perusahaan yang bersangkutan”. Strategi Komunikasi Pemasaran Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen, sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Konsep secara umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan adalah apa yang disebut sebagai bauran promosi (promotion mix). (Sulaksana, 2007: 125). “Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Komunikasi pemasaran juga menyedot anggaran yang sangat besar, oleh karena itu harus secara hati-hati dan penuh perhitungan dalam menyusun rencana komunikasi pemasaran. Penentuan siapa saja yang menjadi sasaran komunikasi akan sangat menentukan keberhasilan komunikasi akan berjalan efektif dan efisien.” (Sulaksana, 2007: 162) ProdukPricePlacePromotion

8 Metode Penelitian Menurut Bodgan dan Tylor dalam Mulyana (2001:150) penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar individu tersebut secara holistik (utuh atau menyeluruh). Studi kasus adalah suatu eksplorasi dari sebuah sistem terbatas atau suatu kasus secara mendetail, pengumpulan data secara mendalam dari informasi-informasi (Creswell, 1998:61). Penelitian melalui studi kasus yaitu unsur salah satu perusahaan yang terkait dengan populasi tertentu. Kesimpulan studi kasus tersebut yang diambil tidak berlaku secara umum, tetapi hanya terbatas pada suatu kasus-kasus tertentu yang sedang diteliti pada objek tertentu atau perusahaan yang bersangkutan.

9 Lokasi dan Waktu Penelitian Waktu Penelitian Penelitian dilaksanakan, pada bulan Februari 2012 sampai bulan Juli Mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penyelesaian. Lokasi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Cantik Citra, yang beralamat di Jl. Sunda No. 46, Kota Bandung. Telp : (022)

10 Subjek dan Informan Penelitian NoNamaJabatan 1Reyan Ahmad KuryanaManager 2Y.H. MujiyonoMarketing Manager 3AnitaPengunjung 4Selfi NugrahaPengunjung

11 Gambar Kegiatan Wawancara

12 Hasil Penelitian Komunikasi Pemasaran Rumah Cantik Citra memiliki peranan penting dalam memberikan informasi mengenai program yang dimiliki perusahaan, sehingga pengunjung/konsumen yang tadinya tidak tahu menjadi tahu akan keberadaan program yang ada di perusahaan rumah cantik citra. Hasil penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara mendalam dengan narasumber sebagai bentuk pencarian data, dokumentasi langsung di lapangan, agar penelitian ini lebih objektif dan akurat. Dari sini dapat terlihat berhasil atau tidaknya Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung. Sehingga dengan adanya keberhasilan strategi tersebut nama perusahaan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

13 Hasil Penelitian Strategi yang dipakai oleh perusahaan rumah cantik citra dalam mengenalkan produk jasanya kepada pengunjung adalah dengan melakukan iklan di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Selain melakukan promosi di berbagai media, rumah cantik citrapun melakukan promosi dengan mengunjungi kampus- kampus, mall, dan tempat keramaian lain sebagai sarana pengenalan produk dan jasa yang ada di rumah cantik citra kepada pengunjung.

14 Kesimpulan (Produk/Jasa) Rumah Cantik Citra Merupakan salah satu tempat perawatan kecantikan yang menawarkan perbedaan dengan produk/jasa sejenis. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari karakteristik produk/jasa yang dimiliki oleh Rumah Cantik Citra, konsep penampilan yang inovatif dan kreatif dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Price (harga) Faktor harga merupakan penentu kritis yang membedakan produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya. Artinya, faktor harga dapat membentuk keyakinan, dan harga merupakan faktor kunci. Place (Distribusi) Distribusi adalah bagian dari bauran pemasaran yang mempertimbangkan cara penyampaian produk dari produsen ke konsumen. Faktor distribusi memberikan kualitas pada konsumen karena produk tersebut mudah untuk dibeli saat dibutuhkan. Sehingga Rumah Cantik Citra yang siap berkompetisi dengan kompetitor yang lainnya mampu mengatasi hal ini dengan baik. Promotion (Promosi) yang dilakukan oleh Rumah Cantik Citra sudah sangat baik, mulai dari media elektronik, cetak, dan online dapat berjalan dengan baik, hal dapat membawa pengaruh yang signifikan bagi perkembangan perusahaan untuk meningkatkan produk dan jasanya.

15 Saran Bagi Perusahaan Sebaiknya perusahaan harus menjaga setiap pengunjung/konsumen yang datang, dan selayaknyalah mereka mendapatkan pelayanan yang baik, supaya jalinan perusahaan dengan pengunjung/konsumen tetap terjaga dengan baik, walau bagaimanapun mereka adalah yang membantu maju atau mundurnya perusahaan. Perusahaan harus mempunyai berbagai macam inovasi supaya pengunjung yang datang tidak merasa bosan dengan penampilan perusahaan, selain itu Rumah Cantik Citra juga harus terus melakukan berbagai promosi sebagai penunjang perusahaan dalam meningkatkan pengunjung.

16 Saran Bagi Peneliti Selanjutnya Mempunyai rasa ketertarikan terhadap permasalahan yang akan diteliti. Mempersiapkan waktu dengan baik untuk melakukan penelitian. Penelitian yang telah dilakukan ini dapat dijadikan sebagai bahan pengalaman dan pengetahuan, tanpa melupakan unsur nilai keahliannya, dalam penelitian dibidang Ilmu Komunikasi konsentrasi Ilmu Humas, khususnya penelitian mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Cantik Citra Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Pengunjung.

17


Download ppt "“STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG” ( STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH CANTIK CITRA BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google