Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

S1 Teknik Informatika - Unijoyo 1 Pemrograman Basis Data Berbasis Web Pertemuan Ke-4 (HTML )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "S1 Teknik Informatika - Unijoyo 1 Pemrograman Basis Data Berbasis Web Pertemuan Ke-4 (HTML )"— Transcript presentasi:

1 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 1 Pemrograman Basis Data Berbasis Web Pertemuan Ke-4 (HTML )

2 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 2 Sub Pokok Bahasan: Frame  Nama dan target frame  Frame Vertikal  Frame Horisontal  Gabungan Frame Vertikal-Horisontal Meta tag  Meta tag keywords  Meta tag description  Meta tag revised  Refresh page dan redirect Entitas Karakter HMTL Spasi Tambahan dan Simbol “ ” Embed Tag

3 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 3 FRAME Fungsi: Menampilkan beberapa dokumen HTML secara sekaligus dalam satu jendela web browser. Standar penulisan:... Atribut-atribut: AtributFungsi frameset colsMembuat frame vertikal dengan lebar kolom tertentu frameset rowsMembuat frame horisontal dengan tinggi baris tertentu frame srcMemasukkan dokumen HTML ke dalam frame scrolling=["yes"|"no"]Menentukan fitur scrolling noresizeMembuat frame tidak dapat diubah ukurannya nameMemberi nama untuk frame frameborder=["0"|"1“]Menentukan batas antara frame

4 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 4 Nama dan Target Frame Frame dapat diberi nama dan diatur targetnya dengan menggunakan tag base target. Contoh: Frame menu dapat digunakan sebagai link untuk mengakses halaman di frame content. Script HTML: Potongan kode file menu.html:...

5 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 5 Frame Vertikal Contoh: Membuat Frame Vertikal Tampilan:

6 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 6 Frame Horisontal Contoh: Membuat Frame Horisontal Tampilan:

7 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 7 Gabungan Frame Vertikal- Horisontal Contoh: Membuat Frame Vertikal-Horisontal Tampilan:

8 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 8 Entitas Karakter HMTL Beberapa entitas (atau simbol) tidak dapat ditulis langsung di halaman web karena tidak ada di keyboard. Oleh karena itu diperlukan kombinasi entitas. Terdapat tiga bagian untuk setiap entitas, yaitu: i.Dimulai dengan sebuah ampersand [“&”] ii.Diberi nama entitas, misalnya [“copy”] iii.Diakhiri dengan semicolon [“;”]

9 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 9 Contoh: Entitas karakter Simbol "copyright" : "©" Simbol "alpha" : "α" Tampilan:

10 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 10 Spasi Tambahan dan Simbol “ ” Spasi tambahan (“ “) dapat dibuat dengan kombinasi entitas Contoh: Spasi Tambahan Setelah ini ada lima spasi tambahan:" ". Sekarang lanjut kalimat lagi. Tampilan:

11 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 11 Kombinasi entitas untuk menampilkan simbol“ ” di dalam halaman web: “<“  < [less than] “>”  > [greater than] Contoh: Simbol " " Karakter "Kurang dari" : "<" Karakter "Lebih dari" : ">" Tampilan:

12 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 12 Meta Tag Digunakan untuk men-supply informasi kepada search engines yang tidak akan terlihat oleh pengunjung web kecuali jika mereka menampilkan kode dari halaman HTML yang diaksesnya. Penggunaan meta tag akan membuat search bot yang ada mengenali website tersebut sehingga dapat tampil di daftar search engine dan tentu saja mudah dicari oleh pengguna Internet

13 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 13 Meta tag keywords Fungsi: Meletakkan kata kunci (keyword) dari website Format:

14 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 14 Meta tag description Fungsi: menunjukkan deskripsi singkat dari halaman web kepada search engine. Format: Tag description dan keywords sangat mirip. Jika tidak ada kecocokan/relasi antara nilai dua tag ini mungkin saja situs anda tidak diproses oleh search engine, jadi anda harus cerdas menentukan keyword dan deskripsinya.

15 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 15 Meta tag revised Fungsi: Untuk mencatat kapan update terakhir dilakukan terhadap situs web. Format:

16 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 16 Refresh page dan redirect Fungsi: Digunakan untuk keperluan redirect. Dengan meta tag refresh, pengunjung akan di-redirect (atau di-refresh) ke halaman web yang telah ditentukan. Format:

17 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 17 Embed Tag Standar penulisan: Atribut-atribut: Fungsi: menyisipkan media (misalnya musik) ke dalam halaman web AtributFungsi widthMenentukan lebar dari player heightMenentukan tinggi dari media player hidden=["yes" |"no"] Jika atribut ini bernilai true, maka media player tidak ditampilkan. autostartMenentukan apakah file musik dijalankan secara otomatis saat halaman web dimuat oleh web browser loopMengatur apakah file musik dijalankan berulang atau hanya cukup satu kali volumeMengatur volume dari file musik, range nilainya 0 sampai 100

18 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 18 Tampilan: Contoh: Penggunaan Embed (Musik)

19 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 19 Summary Untuk menampilkan beberapa dokumen HTML secara sekaligus dalam satu jendela web browser adalah dengan menggunakan Frame. Meta Tag digunakan untuk men-supply informasi kepada search engines. Untuk menuliskan beberapa entitas karakter HMTL yang tidak terdapat di keyboard, diperlukan kombinasi entitas dengan format tertentu. Oleh karena web browser hanya akan mengenal dan memformat satu spasi antar kata meskipun di dalam kode HTML telah dibuat lebih dari satu spasi, maka kombinasi entitas “ ” digunakan untuk menampilkan spasi tambahan Simbol “ ” adalah simbol pembuka dan penutup tag. Untuk menampilkannya di dalam web browser dapat dengan menggunakan kombinasi entitas “<” dan “>”. Embed Tag digunakan untuk menyisipkan media (misalnya musik) ke dalam halaman web.

20 S1 Teknik Informatika - Unijoyo 20 Daftar Pustaka Chris Bates [2006]. Web Programming: Building Internet Applications, Third Edition, John Wiley & Sons Ltd, England. Husni [2007]. Pemrograman Database Berbasis Web, Graha Ilmu, Yogyakarta. Sebesta, R.W. [2002], Programming the World Wide Web, Addison Wesley. Sutarman, S.Kom [2003]. Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Download ppt "S1 Teknik Informatika - Unijoyo 1 Pemrograman Basis Data Berbasis Web Pertemuan Ke-4 (HTML )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google