Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom. Definisi Saluran Pemasaran Saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung yang terlibat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom. Definisi Saluran Pemasaran Saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung yang terlibat."— Transcript presentasi:

1 Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom

2 Definisi Saluran Pemasaran Saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam proses untuk menjadikan produk atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi. Saluran distribusi dapat dibedakan menjadi: 1. Saluran distribusi tidak langsung 2. Saluran distribusi langsung.

3 Fungsi dan Arus Saluran Pemasaran Anggota saluran pemasaran melaksanakan sejumlah fungsi utama: 1. Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan,pesaing, serta pelaku dan kekuatan lain 2. Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian 3. Mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan syarat lain sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan 4. Melakukan pemesanan ke perusahaan manufaktur 5. Memperoleh dana untuk membiayai persediaan pada berbagai level saluran pemasaran 6. Menanggung risiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran 7. Mengatur kesinambungan penyimpanan dan pergerakan produk fisik dari bahan mentah sampai ke pelanggan akhir 8. Mengatur pelunasan tagihan pembeli melalui bank dan institusi keuangan lainnya 9. Mengawasi transfer kepemilikan aktual dari suatu orrganisasi atau orang ke organisasi atau orang yang lain.

4 Level-Level Saluran Saluran pemasaran konsumen dapat dikategorikan berdasarkan levelnya, yaitu 1. Saluran level nol 2. Saluran satu level 3. Saluran dua level 4. Saluran tiga level.

5 Saluran Pemasaran di Sektor Jasa Dalam merancang saluran pemasaran jasa, pemasar harus memahami level output jasa yang diinginkan pelanggan sasaran. Saluran menghasilkan lima output jasa antara lain: 1. Ukuran lot 2. Waktu tunggu 3. Kenyamanan tempat 4. Variasi produk 5. Pelayanan pendukung.

6 Mengidentifikasi Alternatif Saluran Utama Suatu alternatif saluran digambarkan dengan tiga elemen, yaitu: 1. Jenis perantara bisnis yang tersedia 2. Jumlah perantara yang diperlukan, ada 3 strategi: Distribusi ekslusif Distribusi selektif Distribusi intensif 3. Syarat dan tanggung jawab setiap anggota saluran Kebijakan harga Syarat penjualan Hak teritorial distributor Jasa dan tanggung jawab timbal balik.

7 Usaha Eceran dan Perdagangan Besar Usaha eceran (retailing) meliputi semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau ajsa langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Perdagangan besar (grosir/distributor) meliputi semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa kepada orang-orang yang membelinya untuk dijual kembali atau untuk penggunaan bisnis.


Download ppt "Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom. Definisi Saluran Pemasaran Saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung yang terlibat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google