Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen modal kerja Alternative working capital policies Cash management Inventory management Accounts receivable management Working capital financing.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen modal kerja Alternative working capital policies Cash management Inventory management Accounts receivable management Working capital financing."— Transcript presentasi:

1 Manajemen modal kerja Alternative working capital policies Cash management Inventory management Accounts receivable management Working capital financing policies Trade credit Cara penentuan kebutuhan modal kerja: metode keterikatan dana dan metode perputaran modal kerja

2 Terminologi Modal kerja Gross working capital – total Aktiva lancar. Net working capital – aktiva lancar kurang hutang lancar (tidak termasuk hutang yang menimbulkan biaya) Kebijaksanaan modal kerja – keputusan mengenai jumlah komponen aktiva lancar yang harus dimiliki, dan bagaiman mendanai aktiva lancar tersebut. Manajemen modal kerja– kontrol terhadap kas, persediaan, piutang dagang, dan manajemen hutang jangka pendek.

3 Kenapa perlu modal kerja Kelebihan modal kerja Biaya dana semakin Kelebihan modal kerja “ nyata “ Jumlah kas dan sejenisnya menumpuk melebihi kebutuhan Kelebihan modal kerja “ semu “ Jumlah piutang dan persediaan terlalu besar ( tidak bisa dimanfaatkan seperti kas ) Kekurangan modal kerja Kontinuitas perusahaan terganggu Produksi terganggu Permintaan tidak dapat dilayani Biaya tetap terus dibayarkan

4 Beberapa Rasio rasio PT.BSP. BSP Ind. Avg. Current1.75x2.25x Debt/Assets58.76%50.00% Turnover of cash & securities16.67x22.22x DSO (days) Inv. turnover4.82x7.00x F. A. turnover11.35x12.00x T. A. turnover2.08x3.00x Profit margin2.07%3.50% ROE10.45%21.00%

5 Kebijaksanaan Modal kerja BSP dibandingkan dengan industri? BSP mempunyai jumlah modal kerja yang banyak. Kebijaksanaan modal kerja merupakan refleksi dari Current ratio, turnover of cash and securities, inventory turnover, dan DSO. Rasio ini mengindikasikan BSP mempunyai jumlah modal kerja yang tinggi jika di bandingkan dengan tingkat penjualan. BSP sangat konsevativ atau tidak efisien.

6 Apakah BSP tidak efisien atau konsevativ? Kebijakan konservativ mungkin mencukupi jika berdampak terhadap kenaikan laba. Tapi, BSP tidak se profitable dibandingkan dengan rata-rata industri. Ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan mempunyai modal kerja yang berlebihan.

7 Kas kenapa di pegang? 1. transaksi–harus memiliki kas untuk beroperasi. 2. Jaga-jaga – “safety stock”. Untuk tujuan jaga-jaga. 3. Saldo kompensasi – konpensasi karena mendapat pinjaman atau jasa. 4. Spekulasi– untuk mendapatkan posisi tawar menawar yang kuat dan untuk mendapatkan diskon.

8 Tujuan pengelolaan kas Untuk memenuhi tujuan kepemilikan kas. Untuk meminimalisasi saldo transaksi dan kebutuhan atas kas dalam rangka memenuji tujuan lain.

9 Anggaran kas: alat pengelolaan kas utama Tujuan: memproyeksikan kas masuk, keluar dan saldo kas. Digunakan untuk merencanakan ketersediaan dana untuk investasi. waktu: harian, mingguan, bulanan, tergantung pada tujuan forecast. Bulanan utnuk perencanaan tahunan dst-nya.

10 Anggaran kas BSP: untuk January and February Net Cash Inflows Jan Feb Kas masuk$67,651.95$62, Pembelian 44, , Gaji 6, , Sewa 2, , Total pembayar$53,794.31$44, Arus kas bersih$13,857.64$18,311.85

11 Anggaran kas BSP Net Cash Inflows Jan Feb Kas awal jika tidak ada Hut.$ 3,000.00$16, Kas bersih 13, , Kas Kumulatif 16, , kurang: target kas 1, , Surplus$15,357.64$33,669.49

12 Komponen lain anggaran kas Penerimaan dari penjualan aktiva tetap. Penerimaan dari penjualan saham dan obligasi. Pendapatan bunga.

13 Tujuan memiliki kas relatif tinggi Mengantisipasi kekurangan kas Menganut aliran konservatif Kas mungkin digunakan untuk mendanai investasi masa akan datang.

14 Jenis biaya persediaan Carrying costs – biaya penyimpanan, assuransi, pajak, dan depresiasi. Ordering costs – biaya melakukan pesanan, pengangkutan, dan penanganan persediaan. Costs of running short – kehilangan peluang penjualan, hilangnya pelanggan, dan mengganggu skedul produksi. mengurangi jumlah rata-rata persediaan, umumnya mengurangi carrying costs, menaikan increases ordering costs, dan mungkin menaikan biaya kehabisan persediaan

15 Apakah BSP mempunyai terlalu banyak persediaan? Perputaran persediaan BSP (4.82), lebih rendah dari rata-rata industri (7.00). Perusahaan mempunyai banyak persediaan per dollar penjualan. Memiliki persediaan yang berlebihan, ini akan meningkatkan biaya sehingga akan menurunkan ROEnya. Tapi tambahan modal kerja harus didanai, sehingga EVA juga rendah.

16 Jika BSP mengurangi persediaannya, tanpa mempengaruhi kas, apa pengaruhnya terhadap posisi kas perusahaan? Jangka pendek: kas akan meningkat, pada saat penurunanpembelian persediaan. Jangka panjang: perusahaan akan menurunkan jumlah kas dan menigkatkan EVA.

17 Pelanggan membayar BSP DSO (45 days) kurang baik dibandingkan dengan rata~rata industri (32) (32 days). BSP sebaik memperketat kebijakan kreditnya untuk mengurangi DSO nya.

18 Elemen kebijakan kreditnya 1. Periode Kredit– jangka waktu pelunasan, jika waktu pelunasan lebih pendek, ini akan mengurangi DSO dan rata-rata piutang, tapi mungkin akan menurunkan penjualan. 2. Potongan tunai – memperendah harga. Menarik pelanggan baru dan mengurangi DSO. 3. Standar kredit– standar yang ketat cendrung mengurangi penjualan, tapi mengurangi biaya piutang tak tertagih. Sedikitnya piutang tak tertagih akan mengurangi DSO. 4. Kebijakan penagihan piutang– kebijakan yang kuat akan mengurangi DSO tapi mungkin merusak hubungan dengan pelanggan.

19 Apa ada risiko kalau kebijakan kredit ketat? ya, kebijakan kredit ketat mungkin dapat menurunkan penjualan. Sebagian pelanggan mungkin memilih mencari perusahaan lain kalau perusahaan terlalu menekan untuk membayar cepat.

20 Jika BSP berhasil mengurangi DSO tanpa berdampak negatif terhadap penjualan, apa pengaruhnya terhadap posisi kas perusahaan? Jangka pendek:jika pelanggan membayar lebih cepat, ini meningkatkan jumlah kas. Jangka panjang: Perusahaan berharap investasi kas ke aktiva produktiv atau dibayarkan kepada pemegang saham. Kedua tindakan akan meningkatkan EVA.

21 Kebijakan pendanaan modal kerja Moderate – aktiva jangka pendek didanai oleh dana jangka pendek. Aggressive – menggunakan pendanaan jangka pendek untuk mendanai aktiva permanen. Conservative – menggunakan modal permanen untuk aktiva permanen dan sementara.

22 Kebijakan Moderate Years Lower dashed line would be more aggressive. $ Perm C.A. Fixed Assets Temp. C.A. pinjaman Jangka pendek L-T Fin: Stock, Bonds, Spon. C.L.

23 Kebijakan konservatif $ Years Perm C.A. Fixed Assets Marketable securities Zero S-T Debt L-T Fin: Stock, Bonds, Spon. C.L.

24 Hutang biaya Hutang jangka pendek yang terjadi secara terus menerus, seperti hutang gaji dan pajak. Apakah menimbulkan biaya? Tidak, sepanjang tidak disebutkan. Tapi, perusahaan mempunyai kontrol yang lemah terhadap tingkat hutang biaya.

25 Apa itu trade credit? Trade credit adalah kredit yang di berikan pemasok kepada perusahaan. Trade credit sebagai sumber dana jangka pendek, khususnya bagi perusahaan kecil. Sumber dana mudah untuk didapat tapi mahal.

26 Biaya Hutang dagang Sebuah perusahaan membeli $506,985 net ($512,106 gross) dengan syarat 1/10, net 30. Perusahaan dapat tidak memanfaatkan potongan dan membayar pada hari ke 40 tanpa denda. Penjualan harian bersih = $506,985 / 365 = $1,389

27 Penjelasan pengeluaran kotor dan bersih Perusahaan membeli barang bernilai $506,985. Ini adalah Harga tunai. Harus membayar lebih sebesar $5,121 jika tidak memanfaatkan diskon. Kelebihan $5,121 dianggap sebagai biaya hutang dagang sama hal dengan bunga pada hutang dagang. Biaya ini dibandingkan dengan biaya pinjaman bank.

28 Penjelasan trade credit Pembayaran jika perusahaan memanfaatkan diskon. pembayaran= $1,389 (10) = $13,890 Pembayaran jika perusahaan tidak memanfaatkan diskon. pembayaran= $1,389 (40) = $55,560 Perincian Credit Total pembelian $55,560 diskon- 13,890 Biaya hut. Dag.$ 41,670

29 Biaya nominal hutang dagang Perusahaan kehilangan peluang mendapatkan diskon 0.01($512,106) = $5,121 untuk memperolah $41,670 pada pembelian kredit ekstra: k NOM = $5,121 / $41,670 = = 12.29% $5,121 adalah jumlah yang harus dibayar sepanjang tahun, jadi biaya efektif hutang dagang lebih tinggi.

30 Commercial paper (CP) Surat-surat berharga jangka pendek yang diterbitkan oleh perusahaan besar dan kuat. CP diperdagangkan dengan tingkat bunga sedikit diatas bunga SBI.

31 Penentuan kebutuhan modal kerja Metode keterikatan dana Metode perputaran modal kerja

32 Metode keterikatan dana Merupakan jumlah dari periode- periode yang meliputi jangka waktu pembelian kredit beli, lama penyimpanan bahan mentah digudang dan jangka waktu penerimaan kredit

33 Soal 1 Metode keterikatan dana Sebuah perusahaan memproduksi pakaian jadi setiap harinya sebanyak 20 unit. Dalam 1 bulan perusahaan bekerja selama 25 hari. Unsur-unsur biaya yang dibebankan untuk setiap unit produk tersebut adalah Bahan baku A seharga Rp perunit Bahan baku B seharga Rp perunit Tenaga kerja langsung Rp perunit Biaya administrasi setiap bulannya Rp Gaji pimpinan perusahaan setiap bulannya Rp

34 Data-data lainnya adalah sebagai berikut: Untuk membeli bahan baku A dan bahan baku B perusahaan memberikan uang muka pada supplier rata-rata 5hari sebelum bahan baku diterima Waktu yang diperlukan untuk membuat barang tersebut adalah 3 hari Barang jadi harus disimpan dulu di gudang selama 2 hari di gudang Penjualan produk dilakukan dengan kredit dengan syarat pembayaran 5 hari sesudah barang diambil Pertanyaan Berapa besarnya modal keerja yang diperlukan oleh perusahaan tersebut berdasarkan metode keterikatan dana?

35 Soal 2 Metode keterikatan dana Diketahui data-data perusahaan Aleta sebagai berikut: Produksi perhari adalah 100 unit Hari kerja perusahaan 25 hari Penjualan seluruhnya dilakukan dengan kredit untuk jangka waku 15 hari Dibutuhkan bahan mentah A Rp 50/unit yang dibeli dengan memberikan uang muka 10 hari dan langsung diproses. Dibutuhkan bahan mentah B Rp 20/unit yang dibeli secara tunai dan langsung diproses

36 Biaya tenaga kerja Rp 75/unit BOP Rp 30/unit Biaya adiminstarasi dan pemasaran RP perbulan Barang diroses selama 10 hari Barang jadi harus disimpan dulu di gudang selama 5 hari sebelum dijual Kebutuhan kas minimal yang harus dijaga perusahaan adalah Rp Hitunglah kebutuhan modal kerja perusahaan tersebut

37 Metode perputaran modal kerja Metode ini menghitung kebutuhan modal kerja dengan memperhatikan masing-masing komponen aktiva lancar Modal kerja kotor = AL Modal kerja bersih = AL - HL

38 = NoUnsur modal kerjaPerputaranUmur perputaran 1Kas = Penjualan Rata-rata kas..….x 365 = ….hari Perputaran kas 2Piutang = Penjualan kredit Rata-rata piutang..….x 365 = ….hari Perputaran piutang 3Persediaan = Penjualan Rata-rata persediaan Lama waktu 1x perputaran GWC..….x 365 = ….hari Perputaran persediaan hari 4Hutang lancar = Pembelian kredit Rata-rata htg lancar Lama waktu 1x perputaran NWC..….x 365 = ….hari Perputaran hutang lancar hari

39 GWCTO = 365 = …….x Lama waktu 1x perputaran GWCTO GWC = Penjualan = Rp …… GWCTO NWCTO = 365 = …….x Lama waktu 1x perputaran NWCTO NWC = Penjualan = Rp …… NWCTO

40 Soal 1 Metode perputaran modal kerja PT ABC merencanakan penjualan sebesar Rp 60 juta. Data-data diketahui sebagai berikut: Rata-rata kas Rp 3 juta Rata-rata piutang Rp 6 juta Rata-rata persediaan Rp 15 juta Rata-rata hutang lancar Rp 1,5 juta dan pembelian kredit adalah Rp 30 juta Berdasarkan informasi tersebut hitunglah Modal kerja kotor Modal kerja bersih

41 Soal 2 Metode perputaran modal kerja PT Mamiri melakukan penjualan sebanyak unit barang dengan harga jual perunit Rp Data-data lain yang diketahui adalah sebagai berikut: Rata-rata besarnya uang tunai Rp 1,5 juta Rata-rata piutang Rp 15 juta Perputaran persediaan 18 kali dalam setahun Berdasarkan informasi tersebut hitunglah kebutuhan modal kerja


Download ppt "Manajemen modal kerja Alternative working capital policies Cash management Inventory management Accounts receivable management Working capital financing."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google