Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Web By : Lisda Juliana P.,Ssi.. Fungsi Defenisi Fungsi Deklarasi Fungsi Argumen Fungsi Pass by Value Pass by reference.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Web By : Lisda Juliana P.,Ssi.. Fungsi Defenisi Fungsi Deklarasi Fungsi Argumen Fungsi Pass by Value Pass by reference."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Web By : Lisda Juliana P.,Ssi.

2 Fungsi Defenisi Fungsi Deklarasi Fungsi Argumen Fungsi Pass by Value Pass by reference

3 Defenisi Fungsi Fungsi adalah subprogram yang sering disebut juga subrutin program yang terdiri dari perintah-perintah.Menggunakan Fungsi mempermudah dan mempersingkat waktu pemrogram dalam menulis perintah yang terjadi berulang-ulang.Fungsi disebut juga User Defined Function(UDF)

4 PENS - ITS4 Fungsi Fungsi dapat dikategorikan kedalam: –Built-in –User Defined Function (UDF) –External Fungsi Built-in: merupakan fungsi yang sudah ada pada PHP, user tinggal menggunakannya. Contoh: –Fungsi Matematika : sin, cos, tan, asin, deg2rad, dll. –Fungsi Tanggal & waktu : date, checkdate –Fungsi String : strlen, strpos, strtolower, strtoupper, substr, dll.

5 Cara Membuat Fungsi Semua fungsi dimulai dengan kata function() Nama dari fungsi sebaiknya sesuai dengan kagunaannya dan bisa dimulai dengan sebuah huruf atau underscore (bukan angka) Tambahkan sebuah tanda “{“, kode pada fungsi ditulis setelah tanda ini Masukkan kode-kode fungsi Tambahkan sebuah tanda “}” sebagai akhir dari fungsi/penutup fungsi.

6 Sintax Fungsi Function Nama_fungsi($arg1,arg2,…arg_n) { Blok Pernyataan Fungsi; } Keterangan : Nama_fungsi :Nama yang digunakan untuk memanggil fungsi $argumen1.n : argumen-argumen(parameter)yang akan disertakan pada saat pemanggilan fungsi untuk diproses dalam fungsi. Blok Pernyataan Fungsi : pernyataan-pernyataan yang terdapat dalam apitan ({ }).

7 Cara kerja Fungsi function namaPengarang() { echo “Barbara Chatland”; } memanggil fungsi: Jadi kode untuk menampilkan nama pengarang seluruhnya seperti berikut ini:

8 Contoh fungsi dan bukan fungsi Fungsi1.php Fungsi2.php Tulisan.php Not fungsi.php

9 1. Fungsi memiliki Parameter Yt fungsi yang memiliki argumen (variabel) dan menggunakan perintah Return untuk mengembalikan nilai. Jika ada 2 parameter maka dipisahkan dengan tanda koma(,) Contoh Fungsi 2parameter.php Fungsi aritmatika.php Fungsi string.php(1 parameter)

10 2. Fungsi non Parameter Yt : Fungsi yang tidak memiliki argumen ( variabel) didalam fungsi Contoh : Garis.php Fungsinon parameter.php

11 Soal Buat fungsi untuk mencetak bilangan genap dari 1-20 tanpa menggunakan parameter.

12 Argumen Fungsi Ada 3 cara yaitu : Pass by Value ( default) Pass by reference Default argument value

13 Syntax Informasi dapat di masukkan ke dalam fungsi sebagai parameter atau argumen. Syntax: function namaFungsi(parameter) { Kodemu_yang_akan_kamu_eksekusi; }

14 Fungsi Pass by Value Artinya : setiap argumen fungsi dilewatkan secara pass berarti membuat kopi dari argumen yang asli sehingga argumen asli tidak berubah dengan adanya proses pada fungsi tersebut. Pembuatan fungsi menggunakan Return

15 Contoh kasus Pass by value.php Value luas.php

16 Pass by reference Artinya fungsi yang dilewatkan secara pass by reference berarti membawa argumen asli ke dalam fungsi sehingga argumen asli ikut berubah dengan adanya fungsi argumen tersebut. Argumen fungsi yang dilewatkan tersebut harus diawali dengan tanda ampersand(&) diikuti dengan nama argumen.

17 Contoh Kasus Pass by reference.php

18 Default Argumen Value Yt : membuat nilai default terhadap argument fungsi pada saat dipanggil Contoh : Default argument.php

19 Fungsi-fungsi dalam PHP Fungsi Variabel Fungsi Tanggal dan waktu Fungsi String

20 FUNGSI VARIABEL Fungsi Untuk Mengetahui Type Data Untuk mengetahui type data dari suatu variabel Kita dapat menggunakan : Fungsi gettype() Sintax : gettype(mixed var) Nilai balik berupa string yang bernilai boolean,int,float,array dll.

21 Contoh kasus Fungsi cek data.php

22 Fungsi is_array Untuk mengetahui apakah tipe data suatu variabel merupakan array atau tidak. Sintaxnya : Is_array ( mixed var ) Fungsi bernilai TRUE jika variabel berupa array, FALSE jika tidak Contoh : isarray.php

23 Beberapa fungsi untuk mengetahui tipe data argumen Selain fungsi diatas, dengan cara yang sama ada beberapa fungsi untuk mengetahui tipe data argumen yt : is_bool : untuk mengetahui apakah suatu variabel boolean atau tidak is_float : untuk mengetahui apakah suatu variabel float atau tidak is_null : untuk mengetahui apakah suatu variabel NULL atau tidak settype : untuk menetapka tipe dari suatu variabel

24 Mengetahui Status Variabel Fungsi empty() : untuk mengetahui apakah suatu variabel telah ditetapkan dan bukan bernilai nol atau belum ditetapkan. Sintax : empty ( mixed var ) Contoh: Empty.php

25 Fungsi isset Untuk mengetahui apakah suatu nilai telah di assign ke dalam variabel atau belum Sintax : isset ( mixed var ) Contoh isset.php isset form.php Fungsi unset Untuk menghapus variabel yang menyebabkan semua memori yang berhubungan dengan variabel tsb dibebaskan.

26 Sintax : unset ( mixed var[,mixed var[,…]] ) Contoh : unset.php

27 Fungsi String Fungsi Echo() dan Print() Fungsi ini merupakan fungsi yang sangat sering dijumpai dalam PHP, karena fungsi ini digunakan untuk menampilkan suatu string atau teks ke browser. Sintaksnya adalah sebagai berikut: Echo(string) Print(string)

28 Perbedaan echo, print echo() adalah fungsi yang tidak memiliki nilai kembali print memiliki nilai kembali / return value, dia bisa digunakan dalam operasi logika maupun ekspresi. Print dapat berlaku seperti sebuah fungsi artinya print memiliki return value berupa boolean jika sukses sedangkan echo tidak, echo langsung meng output kan parameter yang diberikan.print memiliki return value berupa boolean jika sukses

29 tetapi tidak dapat melakukan print $a, $b; //akan menghasilkan parse error. Dan dapat melakukan ini ($var) ?print 'true':print 'false'; dan tidak dapat melakukan ini ($var) ?echo 'true':echo 'false';

30 melainkan harus echo ($var) ? 'true' : 'false'; echo lebih cepat 20% dari print Namun echo sendiri, tidak mempunyai varian. Maksudnya echo hanya menampilkan string, jika kita menginputkan varibel berupa array atau object, echo hanya menampilkan keterangan bahwa variabel tersebut adalah array, atau object.

31 Fungsi Printf() Kedua fungsi ini digunakan untuk menampilkan output ke browser dengan format tertentu. Sintaksnya adalah sebagai berikut: Printf(format[,argumen]) Contoh : printf(%d,$nama); Parameter format selalu ditandai dengan karakter persen (%), kemudian diikuti oleh karakter tertentu yang memberikan spesifikasi untuk memberikan hasil dengan format tertentu. Karakter pemberi spesifikasi tersebut adalah:

32 Karakter Keterangan b Argumen diperlakukan sebagai integer, dan ditampilkan sebagai angka biner. cArgumen diperlakukan sebagai integer, dan ditampilkan sebagai karakter dengan nilai ASCIInya. dArgumen diperlakukan sebagai integer, dan ditampilkan sebagai angka desimal. fArgumen diperlakukan sebagai double, dan ditampilkan sebagai angka floating point. OArgumen diperlakukan sebagai integer, dan ditampilkan sebagai bilangan oktal. sArgumen diperlakukan dan ditampilkan sebagai string. xArgumen diperlakukan sebagai integer dan ditampilkan sebagai angka heksadesimal (dengan huruf kecil). XArgumen diperlakukan sebagai integer dan ditampilkan ebagai angka heksadesimal (dengan huruf besar).

33 Contoh kasus

34 Menghitung Panjang string Untuk menghitung panjang jumlah karakter yang ada dalam string maka menggunakan fungsi Strlen($string);.

35 Contoh program

36 Fungsi Aritmatik Yt : fungsi yg hanya menangani nilai untuk bilangan bulat dan bilangan pecahan. Contoh:

37 Fungsi tanggal Contoh : fungsi kemaren.php – fungsi mgulalu.php


Download ppt "Pemrograman Web By : Lisda Juliana P.,Ssi.. Fungsi Defenisi Fungsi Deklarasi Fungsi Argumen Fungsi Pass by Value Pass by reference."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google