Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA KELOMPOK 4. Loelisa Lintang Manalu 125030100111177 Novita Veronika B 1250301001111184 Ruth Anggreany T 12030100111197 Sri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA KELOMPOK 4. Loelisa Lintang Manalu 125030100111177 Novita Veronika B 1250301001111184 Ruth Anggreany T 12030100111197 Sri."— Transcript presentasi:

1 BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA KELOMPOK 4

2 Loelisa Lintang Manalu Novita Veronika B Ruth Anggreany T Sri Suriani Saragih Yunita Rahmawati Arina Dinal Khaq Mega Fataya Wulan Fitriawati

3 LATAR BELAKANG MASALAH India merupakan salah satu negara yang termasuk negara berkembang dengan jumlah penduduk terbesar kedua saat ini. Keadaan yang seperti ini bukanlah hal yang mudah untuk mengatur suatu keadaan negaranya untuk dapat menjadi negara yang maju seperti halnya negara lain yang memiliki penduduk sedikit dan luas wilayah yang kecil. Pada sekitar tahun 1991 menyusul awal terjadinya krisis ekonomi yang menimpa banyak negara di Asia, India menjadi salah satu negara yang terkena krisis tersebut. Mereka bahkan mengalami masalah yang jauh lebih berat ditambah lagi dengan adanya 110 juta rakyat India pada saat itu, negara ini terlempar ke dalam jurang kemiskinan hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

4 LATAR BELAKANG MASALAH Melihat keadaan yang mengenaskan tersebut, India sepertinya tidak punya banyak pilihan, bahwa tanpa bantuan dari pihak luar maka lampu kehidupan India tidak akan bertahan lama. Alhasil pada awal Juli tahun 1991 reformasi perekonomian India telah dimulai. Reformasi ekonomi tersebut dicetuskan oleh tiga serangkai yaitu Narashima Rao,Manmohan Singh,dan Chidambaran yang saat ini menjadi perdana menteri India. Kebijakan tersebut akhirnya dapat membuat India bangkrut kembali dari keadaan yang sangat terpuruk, menjadi keadaan yang sangat mapan.

5 RUMUSAN MASALAH 1.Bagaimana latar belakang reformasi dan bentuk reformasi negara India? 3. Bagaimana strategi yang dilakukan oleh negara India dalam mengatasi kendala yang ada di dalam sistem reformasi yang ada? 2. Apa sajakah kendala yang dihadapi India terkait reformasi yang ada tersebut?

6 LATAR BELAKANG REFORMASI DI INDIA 1.Pasca kemerdekaannya tahun 1947 India saat itu menerapkan sistem kebijakan ekonomi yang tidak propasar yang mengakibatkan aktivitas ekonominya lambat. 2.Adanya Inflasi sebesar 17% pada saat itu,jumlah penduduk yang sangat banyak dan mengakibatkan angka kemiskinan yang tinggi.

7 LATAR BELAKANG REFORMASI DI INDIA 3. Adanya pergantian pemerintahan dari Jawaharlal Nehru kepada Narashima Rao dan selaku menteri keuangan Manmohan Sigh India mulai melakukan reformasi di sektor ekonomi dan non ekonomi. 4. Meminta bantuan kepada luar yaitu IMF untuk mengatasi kondisi krisis keuangan di India

8 LATAR BELAKANG REFORMASI DI INDIA

9 BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA Reformasi ekonomi yang ada pada negara India sebenarnya sudah ada sejak lama,hal tersebut dicetuskan oleh Gandhi dan Nehru dengan aliran sosialismenya. Hanya saja sejak kemerdekaan mereka dari Inggris,India cenderung menutup diri dan alhasil investor asing pun mulai berkurang untuk bekerjasama dengan India. Hal inilah yang memunculkan bentuk reformasi ekonomi yang baru di India.

10 BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA 1. REFORMASI EKONOMI : Reformasi dalam hal ekonomi dapat diartikan meningkatnya derajat saling keterkaitan ekonomi antara dua perekonomian nasional baik dalam bentuk perdagangan, finansial, produksi, dan investasi asing yang sifatnya lebih eksternal,bahkan menimbulkan proses menyatunya ekonomi dunia, sehingga batas-batas antar negara dalam berbagai praktik dunia usaha dan bisnis seakan-akan telah dianggap tidak ada.

11 BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA 2. Reformasi ekonomi di India dicetuskan oleh 3 orang yaitu: Narashimha Rao,Manmohan Sigh dan Chidambaram(saat ini menjabat menteri keuangan) 3. Hal utama yang dilakukan terlebih dahulu adalah pengahapusan kebijakan lisensi Raj yang bertanggung jawab atas berbagai macam penundaan. 4.Melakukan reformasi pajak.

12 BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA 5. Mentranformasi sistem ekonomi dari sosialis menjadi liberalis 6. reformasi ekonomi pada fiskal,administrasi dan sektor industri serta teknologi.

13 KENDALA REFORMASI DI INDIA 1.Wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak. 2.Keadaan Birokrasi yang belum dapat memberikan pelayanan yang baik secara menyeluruh kepada masyarakat India.

14 STRATEGI REFORMASI DI INDIA 1.Adanya AADHAAR (semacam e-ktp di India): tujuannya adalah pemberian identitas unik pada setiap penduduk/individu dengan satu kali pendaftaran. 2. Adanya lembaga Penanganan Keluhan Masyarakat dan Urusan Pensiun 3. Department of Administrative Reforms and Public Grievances, (DARPG)


Download ppt "BENTUK REFORMASI NEGARA INDIA KELOMPOK 4. Loelisa Lintang Manalu 125030100111177 Novita Veronika B 1250301001111184 Ruth Anggreany T 12030100111197 Sri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google