Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STATISTIK & PROBABILITAS Pendahuluan Statistika, Populasi, Sampel dan Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STATISTIK & PROBABILITAS Pendahuluan Statistika, Populasi, Sampel dan Data."— Transcript presentasi:

1 STATISTIK & PROBABILITAS Pendahuluan Statistika, Populasi, Sampel dan Data

2 Refresh 1. Apa yang dimaksud dengan statistik jelaskan dan apa perbedaanya dengan statistika? 2. Sebutkan pembagian statistik?, Jelaskan dan beri contohnya masing-masing sekaligus dg analisanya. 3. Berikan penjelasan mengenai hal-hal berikut: - Populasi - Sampel - Data

3 Definisi  Statistik / statistic: “Characteristic for measure obtained from a sample” “adalah kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan atau berkaitan dengan suatu masalah tertentu.”

4 Definisi  Statistika / statistics : “Collection of methods for planning experiments, obtaining data, and then organizing, summarizing, presenting, analyzing, interpreting, and drawing conclusions” “adalah pengetahuan yang berkaitan dengan metode, teknik atau cara mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk disajikan secara lengkap dalam bentuk yang mudah dipahami penggunanya. ”

5 Pembagian Statistika 1. Statistik Deskriptif : Merupakan metode guna mengumpukan data dan menghitung data serta, menganalisa secara kuantitatif, sehingga diperoleh karakteristik/sifat dari suatu kelompok data. 2. Statistik Induktif / Inferensia : Merupakan aturan- aturan atau cara-cara untuk pembuatan prediksi (prediction) dan estimasi (estimation)

6 Peranan Statisika Informasi yang semakin bertambah banyak Permasalahan Metode yang melibatkan bidang multidisiplin Era Modern 1.Data sensus penduduk 2.Data gen manusia 3.Data skripsi mahasiswa

7 Peranan Statisika Statistika mampu melaksanakan beberapa tugas penting dalam ilmu pengetahuan, yaitu menerangkan gejala, meramalkan (prediction) kejadian dan mengontrol / estimasi keadaan. Statistik deskriptif merupakan bagian dari statistika yang memikul tugas untuk menerangkan suau gejala. Statistik inferensia / induktif merupakan bagian lain dari statistika yang membuat ramalan dan mengontrol kejadian.

8 Peranan Statisika “Seseorang yang pandai statistika, tanpa mendalami bidang ilmu yang akan dikembangkan sangat mustahil dapat mengembangkan ilmu tersebut. Sedangkan bila seseorang hanya pandai dalam bidang tertentu tanpa mempelajari statistika tentunya tidak dapat mengembangkan pengetahuannya secara ilmiah, walaupun penerapan ilmu yang diperolehnya dapat dicapai dengan baik.” – Ir. HM Hifni

9 Populasi, Sampel dan Data  Data :...? “Sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan” “1 Keterangan yang benar dan nyata; 2 Keterangan atau bahan yang nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kajian); -KBBI-”

10 Populasi, Sampel dan Data  Data Bentuk-bentuk informasi dapat berupa angka ataupun bukan angka. Cth :Angka  - Nilai Mahasiswa - Lama studi Mahasiswa Bukan Angka  - Data profesi orang tua mahasiswa Kumpulan dari datum - datum biasa disebut dengan data.

11 Populasi, Sampel dan Data Data 1. Jenis Data : Cara Penulisan : 1. Data Kuantitatif dinyatakan dalam besaran numerik (angka), Misalnya : Data nilai kekerasan dari suatu material, data nilai kalor yang mampu diserap refrigeran dll. 2. Data Kualitatif dinyatakan tdk dalam bentuk angka, Misalnya : Kategori Mahasiswa berprestasi & kurang berprestasi Kategori Material mampu tekan & tidak

12 Populasi, Sampel dan Data  Jenis Data Berdasarkan Sumbernya : 1. Data primer : data yg didapatkan atau dikumpulkan sendiri, misal dgn melakukan wawancara, observasi atau penelitian lapangan/laboratorium 2. Data sekunder : data yg didapat dari pihak lain, misal dari data penelititan terdahulu.

13 Populasi, Sampel dan Data Data 2. Proses pengambilan data Cara memperoleh data Dapat dilakukan dengan : - melakukan percobaan - studi lapangan - survey - mempelajari dokumentasi terdahulu - wawancara

14 Populasi, Sampel dan Data  Data Proses pengukuran data : 1. Data yang dapat diukur langsung 2. Data yang tidak dapat diukur secara langsung

15 Populasi, Sampel dan Data  Data Tidak terukur  skala Macamnya : 1. Skala Nominal 2. Skala Ordinal / Rangking 3. Skala Interval 4. Skala Ratio

16 Populasi, Sampel dan Data 1. Skala Nominal Pada skala ini digunakan untuk menentukan klasifikasi / katagori sehingga data yang diperoleh hanya berbentuk identifikasi sesuai kelompoknya. 2. Skala Ordinal Skala ini memiliki ciri yang utama yaitu memiliki urutan / tingkatan Kedua skala ini (Skala Nominal dan Ordinal) digunakan berkaitan dengan data kategorik/kualitatif.

17 Populasi, Sampel dan Data  Contoh pertanyaan yang jawabannya berbentuk kata atau kalimat adalah: 1. Setujukah anda dengan diterapkannya aturan kampus bebas kendaraan bermotordi dalam kampus Universitas Brawijaya: [ ] sangat setuju[ ] setuju[ ] netral [ ] tidak setuju[ ] sangat tidak setuju 2. Sebutkan tempat parkir yang sering anda gunakan: Sebutkan alasan kenapa anda memilih tempat parkir tersebut (jawaban no.2):

18 Populasi, Sampel dan Data  Pertanyaan di atas mempunyai jawaban dalam bentuk kata atau kalimat, meskipun pernyataan nomor satu sudah menyediakan pilihan jawaban. Jawaban untuk ketiga pertanyaan tersebut harus dikodekan terlebih dahulu. Pengkodean jawaban pada nomor 1 harus mengikuti skala ordinal, sedangkan nomor 2 dan 3 mengikuti skala nominal

19 Populasi, Sampel dan Data 3. Skala Interval Yaitu sebuah skala yang memberikan satuan-satuan yang konstan. Contoh : - Temperatur = 0°C - Jarak = 1 cm

20 Populasi, Sampel dan Data 4. Skala ratio Yaitu skala yang memberikan dua dimensi, dalam artian ada pembanding dari suatu informasi yang diperoleh. Contoh : - Nilai kekerasan suatu material A lebih besar dua kali dari pada nilai kekerasan material B Ada dimensi (satuan) kekerasan dan ada sifat lain yaitu mempunyai angka pembanding 2 kali. Sehingga Skala Interval dan Rasio digunakan berkaitan dengan data numerik/kuantitatif.

21 Populasi, Sampel dan Data  Sampel :... Yaitu sebagian dari populasi yang apabila diambil dengan benar maka dapat merepresentasikan dari populasi Contohnya : Seorang peneliti akan meneliti nilai kekerasan dari suatu material baja yang telah diberikan perlakuan panas. Maka peneliti dapat mengambil sampel, di beberapa titik permukaan yang telah diberikan perlakuan panas yang representatif dan mengambilnya secara acak.

22 Populasi, Sampel dan Data  Sampel Tujuan penggunaan sampel dalam suatu penelitian : 1. Memerlukan waktu yang relatif lebih singkat dalam hal pengumpulan data dibandingkan dengan menggunakan seluruh populasi. 2. Biaya lebih murah. 3. Data yang diperoleh justru lebih akurat. 4. Dengan metode statistika induktif / inferensia dapat dilakukan generalisasi dari data statistik yang diperoleh.

23 Populasi, Sampel dan Data  Pemilihan Jenis Sampel 1. Sampel Random 2. Sampel Sistimatis 3. Sampel Luas 4. Sampel Bertingkat 5. Sampel Kuota

24 Populasi, Sampel dan Data  Populasi : Yaitu sekumpulan data atau objek yang sedang diteliti (keseluruhan obyek yang sedang diteliti). Suatu populasi bukan merupakan suatu ukuran jumlah, akan tetapi merupakan suatu lingkup atau auatu himpunan yang menjadi suatu topik persoalan yang sedang dibicarakan.

25 Populasi, Sampel dan Data  Populasi : Contoh  Seorang peneliti akan meneliti nilai kekerasan dari suatu material baja yang telah diberikan perlakuan panas. Maka peneliti dapat mengambil sampel, di beberapa titik permukaan yang telah diberikan perlakuan panas yang representatif dan mengambilnya secara acak. Populasi : Seluruh permukaan dari material baja yang telah di beri perlakuan panas.

26 Tabel Statistika  Dapat dibagi menjadi empat macam : 1. Tabel Referensi 2. Tabel ikhtisar 3. Tabel Umum 4. Tabel Distribusi

27 Grafik Statistik  Grafik Statistik merupakan penyajian data dalam bentuk gambar.  Secara Umum dapat dibagi menjadi : 1. Bagan (diagram) 2. Grafik  Bentuk penyajian dalam bentuk garis.

28 Grafik Statistik  Bagan (diagram) 1. Bagan : Ialah penyajian data dalam bentuk simbol yang dapat mewakili jumlah atau sifat suatu benda. 2. Bagan Arus : biasa dipakai untuk menjelaskan jalannya sebuah proses atau aliran suatu peristiwa yang umum menggunakan tanda anak panah.

29 Grafik Statistik Bagan (diagram) 3. Organigram : menggambarkan organisasi suatu badan, atau usaha yang menginformasikan satu bagian dengan bagian yang lain beserta tingkat kewenangannya. 4. Bagan Proses : Diagram ini berguna untuk menyederhanakan suatu proses / urutan peristiwa. 5. Peta Statistik : mirip dengan pictograf akan tetapi simbul yang dibuat dipasang pada suatu peta sehingga dapat menggambarkan di tempat tertentu memiliki ciri-ciri tertentu pula.

30 Grafik  Yaitu cara penyampaian informasi bagi pembaca.  Macamnya :  Grafik Garis  Grafik Batang  Grafik lingkaran  Poligon dan histogram

31 Post test 1. Jelaskan perbedaan antara skala - Skala Nominal - Skala Ordinal - Skala Interval - Skala Ratio 2. Sebutkan alasan - alasan penggunaan sampel dari suatu populasi dalam suatu penelitian. 3. Buat contoh suatu kumpulan data, kemudian cari rata-ratanya & buat analisa Statistik deskriptif dan induktifnya.

32


Download ppt "STATISTIK & PROBABILITAS Pendahuluan Statistika, Populasi, Sampel dan Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google