Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Penelaahan deskriptif dan grafis rumah tradisional Pertemuan 04 - 06 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Penelaahan deskriptif dan grafis rumah tradisional Pertemuan 04 - 06 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006."— Transcript presentasi:

1 1 Penelaahan deskriptif dan grafis rumah tradisional Pertemuan Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006

2 2 Bentuk dan Gaya Arsitektur Tradisional : Pulau Sumatera : Gayo & Aceh Minangkabau Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun Kepulauan Riau Palembang Jambi Pulau Nias Bengkulu Melayu – Deli Lampung, Mentawai

3 3 Ciri-ciri : 1.Umumnya berpanggung 2.Didominasi oleh bahan-bahan kayu 3.Motif ornament lebih mengarah pada motif binatang dan tumbuhan dengan umumnya menggunakan warna hitam, merah dan putih yang berfungsi sebagai simbol pemilik rumah (kasta) 4.Struktur tidak menggunakan paku 5.Pada beberapa daerah, umumnya menggunakan pondasi balok bersilang

4 4 Aceh Ciri : Arsitektur rumah adat ini unik, karena jendela, rumah, yang juga berfungsi sebagai ventilasi, adalah lubang-lubang sela ukiran yang terdapat di seluruh dinding.

5 5 Aceh Ciri : Rumah adat Aceh dilihat dari samping, tampak tiang yang terbuat dari kayu gelondongan bulat dengan pondasi/umpak dari batu alam atau semen

6 6 Suamtera Utara (Batak) Ciri : Rumah adat Batak dilihat dari samping, tampak susunan kayu penopang bangunan yang ada di kolong struktur bangunan tersebut.

7 7 Suamtera Utara (Batak) Ciri : Bangunan ini adalah pola perkampungan di Tanah Batak.

8 8 Sumatera Barat (Rumah Gadang) Ciri : Atap bergonjong, Bodi ( sesuai dengan pola pemerintahan : Koto piliang/ arsistocratic dan Bodi chaniago/ democratic )

9 9 Sumatera Barat Ciri : Bentuk dasar dari bangunan rumah gadang adakah segi empat atau empat persegi panjang, hal ini ditentukan oleh jumlah ruang di dalamnya yang selalu ganjil yakni 3, 5, 7, dan 9. Pada masa lalu bahkan ada yang mempunyai 17 ruang.

10 10 Sumatera Barat Ciri : Motif ornament tumbuhan

11 11 Lampung Ciri : Rumah Limas sebagai bangunan induk, di dalamnya diperagakan berbagai aspek budaya tradisionalnya. Sedang bangunan lain adalah jenis rumah orang kebanyakan yang disebut Rumah Ulu. Sementara bangunan rumah seolah terapung adalah Rumah Rakit, tempat orang- orang sungai menjalani kehidupannya.

12 12 Lampung Ciri : Motif ornament tumbuhan


Download ppt "1 Penelaahan deskriptif dan grafis rumah tradisional Pertemuan 04 - 06 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google