Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan 09 - 12 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan 09 - 12 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006."— Transcript presentasi:

1 1 Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006

2 2 Pengaruh Kebudayaan Islam Masuknya kebudayaan Islam ke Indonesia adalah melalui jalur perdagangan;baik yang langsung dari Timur Tengah, bahkan terutama dari India. Adanya perkiraan bahwa agama Islam pun penyebar-luasannya adalah oleh para pedagang dari Gujarat (India) di abad ke-15. Ada pula perkiraan di abad ke-13 di Passai – Aceh sudah ada permukiman di bawah seorang penguasa yang muslim. (catatan Al-Biruni abad 13 dan juga dari catatan Marco Polo abad 14).

3 3 Pengaruh Kebudayaan Islam Warisan seni rupa/bangunan gaya kebudayaan Islam antara abad berupa batu-batu nisan. Gaya bangunan rumah seperti yang diwariskan oleh kebudayaan Hindu / Budha berlanjut khususnya dari segi pemakaian bahan bangunan organik (kayu,bambu,daun nipa,ijuk,dsb). Juga untuk bangunan mesjid sebagai bentuk baru dari bangunan keagamaan dalam masyarakat yang berubah kepercayaannya, gaya yang diterapkan adalah melanjutkan gaya bangunan untuk berkumpul (pendopo) yang berlaku setempat. Di abad-abad kemudian khususnya gaya bangunan mesjid menjadi gaya campuran dan mengadoptasi baik unsur-unsur arsitektur barat ataupun dari Timur Tengah.

4 4 Ciri Arsitektur Islam Arsitektur Islam memanfaatkan sepenuhnya cahaya dan bayangan, kehangatan dan kesejukannya, angin dan sirkulasinya, air dan efek penyejukannya, tanah dan ciri-ciri isolatifnya serta sifat-sifat protektifnya terhadap cuaca. Jauh dari adanya percobaan untuk melawan dan menantang alam dan irama- iramanya, arsitertur Islam selalu selaras dengan lingkungan. Arsitektur Islam senantiasa melakukan perubahan sedikit mungkin untuk menciptakan lingkungan yang manusiawi, menjauhi pengingkaran titanis dan karya-karya artistiknya.

5 5 Penerapan Arsitektur Islam Masjid dengan mengadopsi arsitektur Persia

6 6 Perpaduan arsitektur Islam dengan arsitektur Hindu Gerbang Masjid yang dipengaruhi arsitektur Hindu/ Candi

7 7 Perpaduan arsitektur Islam dengan arsitektur Hindu

8 8 Perpaduan Arsitektur Islam dengan Arsitektur Lokal Masjid yang menggunakan arsitektur Minangkabau

9 9 Perpaduan arsitektur Islam dengan arsitektur Jepang Masjid dengan pengaruh arsitektur Jepang

10 10 Perpaduan arsitektur Islam dengan arsitektur Eropa Masjid dengan pengaruh arsitektur Eropa


Download ppt "1 Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan 09 - 12 Matakuliah: R0392/Sejarah Arsitektur I Tahun: 2006."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google