Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEJARAH KELAS 11 BAB 1 PERKEMBANGAN PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEJARAH KELAS 11 BAB 1 PERKEMBANGAN PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 SEJARAH KELAS 11 BAB 1 PERKEMBANGAN PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA

2 A. Lahir dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha Agama dan Kebudayaan Hindu Mahenjo Daro dan Harappa → bangsa Arya → Masyarakat Hindu Agama Budha *) muncul 500 SM. *) Sidharta Gautama → Budha (orang yang telah mendapatkan pencerahan) *) Berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Ashoka, Dinasti Maurya.

3 B. Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia Jalur perdagangan India-Cina melalui Indonesia Angin musim (Muson) yang membentuk pola pelayaran antara Indonesia, Cina, dan India Melalui hubungan perdagangan, kebudayaan India masuk ke Indonesia.

4

5 Teori-Teori Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia a. Teori Brahmana (J.C van Leur) b. Teori Ksatria (CC Berg, Mookerji, JL. Moens) c. Teori Waisya (N. J. Krom) d. Teori Arus Balik ( FDK Bosch)

6 C. Tradisi Hindu-Budha di Indonesia Fakta-Fakta Proses Interaksi Masyarakat Indonesia dengan Tradisi Hindu-Budha a. Bidang Teknologi → pembuatan candi; teknologi pembuatan candi terdapat dalam kitab Silpasastra.

7 → teknologi kemaritiman b. Bidang Pendidikan → mulai dikenal tulisan → munculnya sastrawan-sastrawan masa kerjaan Hindu-Budha. → berdirinya pusat pendidikan agama Budha.

8 c. Bidang Sosial dan Pemerintahan → mengenal sistem kasta → mengenal sistem kerjaan d. Kepercayaan → mulai memeluk agama Hindu-Budha → terjadi sinkretisme

9 Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi, dan Budaya di Indonesia Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha a. Sistem dan Struktur Sosial → berlaku sistem kasta, tapi penerapannya tidak seperti di India. b. Sistem dan Stuktur Ekonomi → Perdagangan perdagangan di Nusantara semakin berkembang dengan adanya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha. → Tenaga Kerja Raja adalah titisan dewa, bekerja untuk raja merupakan bentuk pengabidan pula kepada dewa.

10 → Penguasaan Tanah Raja adalah penguasa seluruh sumber daya termasuk tanah. → Pajak Penghasilan Raja berasal dari pajak dari rakyat atau upeti dari daerah jajahan, dari sinilah lahir konsep kerajaan vasal. → Transportasi Transportasi menggunakan perahu bercadik. c. Pemerintahan dan Struktur Birokrasi → Konsep makrokosmos dan mikrokosmos Raja adalah titisan dewa dengan kerajaannya sebagai miniatur (mikrokosmos) dari alam semesta (makrokosmos) yang diperintah oleh dewa.

11 → Daerah-daerah taklukan diperintah oleh kerabat Raja. → Kerjaan Majapahit, Raja dibantu oleh Bhatara Saptaprabhu atau Dewan Pertimbangan Kerajaan.


Download ppt "SEJARAH KELAS 11 BAB 1 PERKEMBANGAN PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google