Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia Oleh: Om Aji. Sekilas Tentang Prinsip Ajaran Hindu dan Budha Ajaran Hindu mengenal adanya beberapa hal yang menjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia Oleh: Om Aji. Sekilas Tentang Prinsip Ajaran Hindu dan Budha Ajaran Hindu mengenal adanya beberapa hal yang menjadi."— Transcript presentasi:

1 Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia Oleh: Om Aji

2 Sekilas Tentang Prinsip Ajaran Hindu dan Budha Ajaran Hindu mengenal adanya beberapa hal yang menjadi konsep/prinsip beragama mereka, diantaranya: a.Konsep ketuhanan bersifat Politheisme b.Mengenal adanya reinkarnasi (Buddha) c.Mengakui adanya hukum karma d.Adanya konsep setelah mati yang disebut dengan mokhsa dan berakhir di nirwana atau samsara (Buddha) e.Sistem kasta yang masih bertahan hingga kini

3 Bagaimana Pandangan Islam? Konsep beragama kaum Hindu jelas bertentangan dengan Islam yang hanya beribadah kepada Allah saja sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Ikhlas : 1-4 dan QS. Al Bayyinah : 5. Dalam Islam tak ada konsep reinkarnasi. Islam tak mengenal konsep kasta, hanyalah mereka yang bertakwa yang Allah muliakan kedudukannya, QS. Al Hujurat : 13. Ketika seseorang wafat maka akan dihisab perihal amalnya selama di dunia yang dengannya akan mengantarkan ke surga ataukah ke neraka.

4 Masuknya Hindu ke Indonesia Teori Ksatria, menganggap bahwa agama Hindu dibawa oleh para tentara/ksatria yang membangun koloni di Nusantara dan berasal dari India. Teori Waisya, berpendapat bahwa Hindu dibawa oleh kaum pedagang di India. Teori Brahmana, disebarkan oleh para pemuka agama Hindu dari India. Teori Sudra, yang berpendapat bahwa Hindu dibawa oleh para budak dan golongan tertindas. Teori Arus Balik, diutusnya kaum terdidik India untuk memberi pengajaran di Indonesia dan setelahnya ada masyarakat yang mempelajari Hindu ke India.

5 Masuknya Buddha ke Indonesia Agama Buddha yang masuk ke Indonesia ialah aliran Mahayana yang berkembang pesat di masa Sriwijaya dan Mataram pada Dinasti Syailendra. Buddha diperkirakan masuk pada abad ke 2M. Konsep ajaran Buddha diperkenalkan oleh Sidharta Gautama sebagai tokohnya yang berasal dari India. Hari Waisak sebagai hari suci umat Buddha dimana pada momen tersebut Sidharta mendapat pencerahan.

6 Interaksi Hindu-Buddha dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Indonesia Hubungan dagang antara Indonesia-India lebih dahulu berkembang dibandingkan dengan Cina. Disebut sebagai jaman pertamakali manusia Indonesia mengenal tulisan karena adanya huruf Pallawa dan bahasa Sanksekerta. Adanya peninggalan sejarah berupa prasasti atau candi sebagai jejak rekam keberadaan komunitas Hindu di tempat tersebut. Sinkretisme yang hingga kini menjadi tradisi masyarakat Indonesia semisal upacara sekaten dan ruwahan dibeberapa wilayah Indonesia. Kasta diantara masyarakat Nusantara yang merujuk sebagaimana kasta dalam masyarakat Hindu di India. Bersambung (slide berikutnya bahasan soal kerajaan Hindu-Buddha ), Insya Allah


Download ppt "Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia Oleh: Om Aji. Sekilas Tentang Prinsip Ajaran Hindu dan Budha Ajaran Hindu mengenal adanya beberapa hal yang menjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google