Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pola Kegiatan Perekonomian Pertemuan 2. 4/25/2015 2 Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten Produksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Tingkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pola Kegiatan Perekonomian Pertemuan 2. 4/25/2015 2 Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten Produksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Tingkat."— Transcript presentasi:

1 Pola Kegiatan Perekonomian Pertemuan 2

2 4/25/ Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten Produksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Tingkat produktivitas relatif rendah, tingkat produksi untuk kehidupan sederhana. Perdagangan Barter. Pertukaran barang dengan barang yang bersifat wujud atau Double coincidence of wants.

3 4/25/ Pola Perdagangan Subsisten. Uang digunakan sebagai alat perantara dalam tukar menukar.

4 4/25/ Pola Kegiatan Ekonomi dalam Perekonomian Uang Ciri-ciri Perekonomian Uang. suatu perekonomian yang menggunakan uang dalam kegiatan perdagangan. Penggunaan uang memungkinkan adanya spesialisasi. Spesialisasai dan Perdagangan. - wujudnya uang sebagai alat tukar akan melancarkan perdagangan - perdagangan lancar dapat meningkatkan spesialisasi dalam pekerjaan.

5 4/25/ Spesialisasi dan Perdangan dalam Perekonomian Uang PETANI (Makanan) TUKANG KAYU (Alat rumah tangga) TUKANG JAHIT (Pakaian)

6 4/25/ Kebaikan Spesialisasi: Mempertinggi efisiensi penggunaan faktor produksi. Mempertinggi efisiensi memproduksi (economies of scale). Mendorong perkembangan teknologi.

7 4/25/ Pelaku Kegiatan Ekonomi: Rumah Tangga Perusahaan: industri primer, industri sekunder dan industri tersier Pemerintah

8 4/25/ Sirkulasi Aliran Pendapatan PERUSAHAAN RUMAH TANGGA Pengeluaran (Perbelanjaan) Barang dan Jasa Faktor-faktor produksi Gaji dan upah, bunga, sewa, untung

9 4/25/ Dalam perekonomian akan wujud dua aliran, baik dari sisi permintaan maupun penawaran: Aliran uang Aliran barang

10 4/25/ Sirkulasi Aliran Pendapatan dan Ekonomi Pasar P Q S D P Q S D (i) Pasar Barang (ii) Pasar Faktor PERUSAHAAN RUMAH TANGGA Aliran (1) Aliran (2) Aliran (3)Aliran (4)

11 4/25/ Interaksi antara Sektor Rumah Tangga dan Perusahaan: Jenis-jenis barang dan jasa yang perlu diproduksi. Jumlah produksi dari masing-masing barang dan jasa tersebut.

12 4/25/ Aliran 1, penawaran berbagai jenis barang dan jasa oleh sektor perusahaan. Aliran 2, permintaan berbagai jenis barang dan jasa oleh sektor rumah tangga. Interaksi ini akan menentukan: Jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi. Tingkat harga dari masing-masing barang tersebut. Tingkat produksi masing-masing barang tersebut.

13 4/25/ Aliran 3, permintaan faktor-faktor produksi oleh sektor perusahaan. Aliran 4, penawaran faktor-faktor produksi oleh sekotr rumah tangga. Interaksi ini akan menentukan: Berapakah modal sebaiknya digunakan? Berapakah dan bagaimanakah sebaiknya susunan tenaga kerja yang sebaiknya digunakan? Berapakah dan bagaimanakah jenis tanah yang diperlukan? Tenaga ahli dan tenaga manajemen yang bagaimanakah yang diperlulkan?

14 4/25/ Mekanisme Pasar Kebaikan Mekanisme Pasar: Pasar dapat memberi informasi yang tepat. Pasar memberikan perangsang untuk mengembangkan kegiatan. Pasar memberi perangasang untuk memperoleh keahlian modern. Pasar menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepasa masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

15 4/25/ Kelemahan Mekanisme Pasar: Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu. Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil kegiatannya. Sistem pasar dapat menimbulkan monopoli. Mekamisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien. Kegiatan konsumen dan produsen mungkin menimbulkan eksternalitas yang merugikan.

16 4/25/ PEMERINTAH Tujuan Campur Tangan Pemerintah: Menjamin agar kesamaan hak untuk setiap individu tetap wujud dan penindasan dapat dihindarkan. Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil. Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pasar. Menyediakan barang bersama. Mengawasi agar eksternalitas kegiatan ekonomi yang merugikan dapat dihindari atau dikurangi.

17 4/25/ Bentuk-bentuk Campur Tangan Pemerintah: Membuat Peraturan-peraturan. Menjalankan Kebijakan Fiskal dan Moneter. Melakukan kegiatan Ekonomi Secara Langsung.


Download ppt "Pola Kegiatan Perekonomian Pertemuan 2. 4/25/2015 2 Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten Produksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Tingkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google