Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009

3 Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –menerapkan penggunaan event-driven dan handling event pada pemograman Java.

4 Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –mendemonstrasikan penggunaan Java Applet dalam sebuah aplikasi pemograman GUI di Java.

5 Bina Nusantara Outline Materi Introduction Java Applets Applets as Application

6 Introduction Graphic User Interface di Web. Animasi dan multimedia (gambar dan suara) dari Java di web. Contoh yang paling bisa dijumpai game sudoku.

7 Applet Class Java applet menggunakan kelas Applet. Sebagai framework yang memungkinkan untuk menjalankan applet dari sebuah web. Tidak memiliki fungsi main. Semua kelas yang menggunakan Applet wajib menurunkan kelasnya dari java.applet.Applet

8 Applet Class Ketika Applet dijalankan, web browser membuat sebuah instant dari Applet dengan memanggil konstruktor applet yang tidak mengandung argumen atau parameter. Untuk mengontrol applet, browser menggunakan fungsi : –init, –start, –stop, dan –destroy

9 Applet Class Fungsi init : –Dipanggil setelah applet dibuat. –Kelas turunannya wajib meng-override fungsi ini. –Biasanya digunakan untuk inisialisasi termasuk setting komponen user interface. Fungsi start : –Dipanggil setelah fungsi init atau setiap kali halaman web dikunjungi. –Menjalankan fungsi-fungsi yang akan dijalankan di applet seperti animasi. –Kelas turunannya wajib meng-override fungsi ini.

10 Applet Class Fungsi stop : –Dipanggil ketika user meninggalkan halaman web yang mengandung applet. –Applet menjadi tidak aktif. –Kelas turunannya wajib meng-override fungsi ini. Fungsi destroy : –Dipanggil ketika user menutup browser yang mengandung applet. –Semua sumber dan objek objek dihapus. –Dipanggil setelah fungsi stop dijalankan terlebih dahulu. –Kelas turunannya wajib meng-override fungsi ini.

11 Applet Class Kerangka kelas turunan yang menggunakan Applet : Wajib di-override di kelas turunannya

12 Applet Class Kelas Applet tidak dirancang untuk bekerja dengan komponen Swing. Untuk menggunakannya pada komponen Swing maka Applet (java.applet.Applet) menurunkan kelasnya pada JApplet (javax.swing.JApplet) Layout default dari JApplet : BorderLayout.

13 Applet Class Contoh penggunaan JApplet : –Kelas diatas tidak dapat dijalankan begitu saja karena tidak memiliki fungsi main. –Harus membuat file HTML dengan menggunakan tag applet yang mereferensi ke applet tersebut. –Browser akan secara otomatis akan membuat frame yang menghandel component GUI tersebut, memberi juga ukuran frame tersebut dan membuat frame tersebut tampil (visible).

14 Applet Class Contoh ketika Applet dipanggil oleh Web. Komponen JLabel yang dibuat oleh kelas SampelApplet

15 Applets as Application JApplet merupakan subclass dari kelas Container dan memiliki kesamaan fungsi dengan JFrame, seperti komponen user interfaces, layout managers, dan event-handling yang digunakan. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika menjalankan Applet: –Tidak diperbolehkan membaca dari, menulis ke sistem file komputer, karena akan merusak file-file dan menyebarkan virus –Tidak diperbolehkan untuk menjalankan program dari browser, karena akan merusak sistem lokal komputer. –Tidak diperbolehkan melakukan hubungan antar komputer, kecuali untuk server dimana applet disimpan.

16 Applets as Application Untuk memanggil Applet sebagai applikasi maka kelas yang menggunakan Applet harus dibuatkan dahulu objeknya pada kelas yang memiliki fungsi main. Ada 2 cara menjalankan Applet sebagai applikasi : –Menggunakan kelas yang ada fungsi main. –Melempar String ke Applet dari halaman HTML.

17 Applets as Application Contoh penggunaan Applet sebagai aplikasi :

18 Bina Nusantara Referensi Introduction to Java. 7ed Liang. Chapter 17. Java Applet Applet


Download ppt "Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google