Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Java - 4 Presented by : Ratri Enggar Pawening.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Java - 4 Presented by : Ratri Enggar Pawening."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Java - 4 Presented by : Ratri Enggar Pawening

2

3 AWT & Swing Di dalam Java terdapat 2 paket untuk mengembangkan GUI, yaitu AWT (Abstract Window Toolkit) dan Swing. AWT  digunakan unt menyederhanakan implementasi UI Swing  merupakan pengembangan dari AWT dengan menambahkan komponen GUI tetapi masih berdasarkan arditektur AWT

4 JFrame Window = Frame Frame  objek yang merepresentasikan suatu area di layar yang berisi sejumlah objek lain untuk menyampaikan info kpd user Class Jframe berada dalam package yang dipanggil dengan: import javax.swing.JFrame;  Harus selalu ditulis dalam GUI yang kita buat

5 JFrame Cara Pemanggilan JFrame - 1 Dipanggil melalui class yang terdapat method main()

6 JFrame Cara Pemanggilan JFrame - 2 Dipanggil melalui class lain yang merupakan turunan dari class JFrame Turunan dari class JFrame

7 Setelah program dijalankan

8 Setelah di resize Masih belum ada judul

9 JFrame Memberikan Judul, Close Operation

10 JFrame Method setDefaultCloseOperation(int) digunakan untuk menentukan aksi pada saat frame di-close. Penggunaan CloseOperation ini harus disesuaikan dengan kebutuhan

11 JFrame DO_NOTHING_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan tidak ada proses yang akan ditutup. Dengan kata lain frame ini tidak ditutup HIDE_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar, bukan dari memory. Ini adalah nilai default untuk parameter setDefaultCloseOperation() DISPOSE_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar dan dari memory EXIT_ON_CLOSEKonstanta ini menyatakan bahwa pada saat frame ditutup maka keseluruhan program akan ditutup dan dihapus dari memory

12 Click “close” Program hanya di-hide, masih ada di memory Default Setting HIDE_ON_CLOSE

13 EXIT_ON_CLOSE Dihapus dari memory

14 JFrame Menentukan ukuran dan lokasi frame setSize(250,300); setLocation(100, 100);

15 Class Container Class Container digunakan untuk menempelkan komponen ke dalam frame. Inisialisasi private Container cont = new Container();

16 JPanel Objek JPanel bisa dimasuki beberapa komponen yang selanjutnya menjadi objek tunggal. Objek JPanel bersifat abstrak. Inisialisasi private JPanel panel = new JPanel();

17 JLabel Untuk membuat tulisan pada frame dibutuhkan sebuah objek yang akna mewakili sebuah teks. private JLabel label = new JLabel("Name"); getText()Untuk memperoleh teks pada label setText() Mengubah/memberikan text pada label setFont()Untuk mengubah jenis huruf pada tulisan yang ditampilkan Method Inisialisasi

18 JButton Untuk membuat objek tombol private JButton button = new JButton("Save"); Method Inisialisasi setEnable(boolean)Tombol.setEnable(false) setVisible(boolean) setText() setFonttombol.setFont(new Font(“Arial”, Font.BOLD,29)) setForeground()tombol.setForeground(Color.blue)

19 JTextField Untuk menerima input dari user private JTextField text = new JTextField(); Method Inisialisasi setEnable(boolean)Tombol.setEnable(false) setVisible(boolean) setText() setFont tombol.setFont(new Font(“Arial”, Font.BOLD,29)) setForeground()tombol.setForeground(Color.blue)

20 Pemasangan Komponen GUI Metode Langsung Layout Management

21 Metode Langsung Setiap komponen ditambahkan ke dalam frame dengan menenpati seluruh area frame. Menggunakan perintah add()

22 Layout Management Untuk melakukan penempelan komponen ke dalam frame agar mendapatkan tampilan yang menarik. setLayout(LayOutManager) digunakan untuk mengatur metode yang digunakan untuk pemasangan komponen

23 Layout Management FlowLayout panel.setLayout(new FlowLayout()); panel.add(label); panel.add(text); panel.add(button); panel.add(button1);

24 Layout Management GridLayout panel.setLayout(new GridLayout(2,2)); panel.add(label); panel.add(text); panel.add(button); panel.add(button1);

25 Layout Management BorderLayout  Menggunakan konsep arah mata angin NORTH WESTCENTEREAST SOUTH NORTH WEST

26 panel.setLayout(new BorderLayout()); panel.add(button, BorderLayout.NORTH); panel.add(button1, BorderLayout.WEST); panel.add(button2, BorderLayout.CENTER); panel.add(button3, BorderLayout.EAST); panel.add(button4, BorderLayout.SOUTH);

27


Download ppt "Pemrograman Java - 4 Presented by : Ratri Enggar Pawening."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google