Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Produksi Bioetanol dari Bonggol Jagung sebagai Bioenergi Alternatif Terbarukan Oleh kelompok IV Mariati batma Melika simbolon Raudah ansari srg.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Produksi Bioetanol dari Bonggol Jagung sebagai Bioenergi Alternatif Terbarukan Oleh kelompok IV Mariati batma Melika simbolon Raudah ansari srg."— Transcript presentasi:

1 Produksi Bioetanol dari Bonggol Jagung sebagai Bioenergi Alternatif Terbarukan Oleh kelompok IV Mariati batma Melika simbolon Raudah ansari srg

2 pendahuluan Bioenergi adalah energi yang diperoleh dari biomassa sebagai fraksi produk biodegradasi, limbah, dan residu dari pertanian (berasal dari nabati dan hewani), industri kehutanan dan terkait, dan sebagian kecil biodegradasi dari limbah industri Bioetanol dapat dikonversi dari sumber daya alam terbarukan yang mengandung bahan lignoselulosa.

3 metode Metode yang digunakan dalam mini riset ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian teori dari berbagai literatur media massa yang diperoleh dari Internet sebagai salah satu sumber informasi utama.

4 Hasil dan pembahasan Vascular plants Superdivision :Spermatophyta – Seed plants Division : Magnoliophyta – Flowering plants Class :Liliopsida – Monocotyledons Subclass :Commelinidae Ordo:Cyperales Family : Poaceae – Grass family Genus : Zea L. – corn Species : Zea mays L.

5 Tongkol pada jagung adalah bagian dalam organ betina tempat bulir duduk menempel. Istilah ini juga dipakai untuk menyebut seluruh bagian jagung betina (buah jagung). Tongkol terbungkus oleh kelobot (kulit "buah jagung"). Secara morfologi, tongkol jagung adalah tangkai utama malai yang termodifikasi. Mulai organ jantan pada jagung dapat memunculkan bulir pada kondisi tertentu.

6 bioetanol Etanol dapat diperoleh dari bahan baku nabati dengan melalui proses fermentasi sehingga lebih dikenal dengan sebutan bioetanol. Berdasarkan berbagai penelitian diperoleh bahwa bahan lignoselulosa yaitu selulosa, hemiselulosa, dan lignin juga dapat dikonversi menjadi etanol yang dapat digunakan untuk mensubtitusikan bahan bakar minyak/bensin Etanol dapat diperoleh dari bahan baku nabati dengan melalui proses fermentasi sehingga lebih dikenal dengan sebutan bioetanol. Berdasarkan berbagai penelitian diperoleh bahwa bahan lignoselulosa yaitu selulosa, hemiselulosa, dan lignin juga dapat dikonversi menjadi etanol yang dapat digunakan untuk mensubtitusikan bahan bakar minyak/bensin

7 Pembuatan Bioetanol dari bahan Baku Bonggol Jagung Secara umum produksi bioetanol biasanya melalui 3 proses penting yaitu : Pretreatment (Delignifikasi) Pretreatment (Delignifikasi) Produksi Gula (Sakarifikasi/ Hidrolisis) Produksi Gula (Sakarifikasi/ Hidrolisis) Produksi Etanol (Proses Fermentasi) Produksi Etanol (Proses Fermentasi)

8 Alat dan bahan yang digunakan Alat talang, baskom plastik besar Neraca analitik besar Neraca analitik (Adventure ohaus) (Adventure ohaus), blender (panasonic), ayakan 60 mesh, kertas ayakan 60 mesh, kertas saring, pH meter digital, injector, sakarometer saring, pH meter digital, injector, sakarometer, alkoholmeter, autoclave (hiclave HTV autoclave (hiclave HTV 50), dan alat-alat gelas 50), dan alat-alat gelas (pyrex) (pyrex) Bahan limbah jagung berupa tongkol jagung, tongkol jagung, asam sulfat, natrium asam sulfat, natrium hidroksida, ragi roti, aquadests, alginat aquadests, alginat dan kalsium klorida. dan kalsium klorida.

9 Tahapan kerja Preparasai bahan delignifikasi Produksi gula Produksi biotanol Imobilisasi sel Proses fermentasi pemurnian

10 Faktor faktor yang mempengaruhi fermentasi  Konsentrasi Gula  Bahan nutrien  pH fermentasi  temperatur

11 Gambar Bagan Alir Proses Produksi Bioetanol Secara Umum

12 Berikut proses reaksi fermentasi yang terjadi dalam pembentukan bioetanol

13 Berikut mekanisme fermentasinya

14 Berdasarkan studi literatur di peroleh bahwa ada beberapa industri bioetanol yang telah dikembangkan di Indonesia, namun kebanyakan produksi bietanol tersebut dari tebu, pepaya, sagu, nira,dan aren dan produksi nya dalam skala home industri bukan merupakan industri skala besar. Hanya ada satu industri bioetanol yang penulis ketahui dengan berbahan dasar bonggol jagung yaitu Pabrik Bioetanol di Tuban provinsi jawa timur

15 Daftar pustaka Astuti,Puji,dkk Pembuatan Bietanol Dari Limbah Tongkol Jagung Dengan Variasi Konsentrasi Asam Klorida Dan Waktu Fermentasi.Palembang:UNSRI Astuti,Puji,dkk Pembuatan Bietanol Dari Limbah Tongkol Jagung Dengan Variasi Konsentrasi Asam Klorida Dan Waktu Fermentasi.Palembang:UNSRI Fitriani,dkk.2013.Produksi Bioetanol Tongkol Jagung (Zea Mays) dari Hasil Proses Delignifikasi.Online Jurnal Of Natural Science: Vol 2 (3) :66-74 Fitriani,dkk.2013.Produksi Bioetanol Tongkol Jagung (Zea Mays) dari Hasil Proses Delignifikasi.Online Jurnal Of Natural Science: Vol 2 (3) :66-74 Ruane,et Bioenergy And The Potential Contribution Of Agricultural Biotechnologies In Developing Countries. ScienceDirect. Biomas & Bioenergy. Ruane,et Bioenergy And The Potential Contribution Of Agricultural Biotechnologies In Developing Countries. ScienceDirect. Biomas & Bioenergy. Subekti, H.2006.Produksi Etanol dari Hidrolisat Fraksi Selulosa Tongkol Jagung oleh Saccharomyces cerevisiae. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian ITB Subekti, H.2006.Produksi Etanol dari Hidrolisat Fraksi Selulosa Tongkol Jagung oleh Saccharomyces cerevisiae. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian ITB BPS.2014(http://www.bps.go.id/- download_file/IP_Februari_2014.pdf) diakses tanggal : 7september BPS.2014(http://www.bps.go.id/- download_file/IP_Februari_2014.pdf) diakses tanggal : 7september http://www.bps.go.id/- download_file/IP_Februari_2014.pdfhttp://www.bps.go.id/- download_file/IP_Februari_2014.pdf

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Produksi Bioetanol dari Bonggol Jagung sebagai Bioenergi Alternatif Terbarukan Oleh kelompok IV Mariati batma Melika simbolon Raudah ansari srg."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google