Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian & Pembuatan Kebijakan SPMI www.spm-pt.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian & Pembuatan Kebijakan SPMI www.spm-pt.com."— Transcript presentasi:

1 Pengertian & Pembuatan Kebijakan SPMI

2 Kebijakan SPMI adalah… Dokumentasi/ Pedoman tertulis berisi garis besar penjelasan tentang bagaimana suatu PT memahami, merancang, dan melaksanakan SPMI dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat sehingga terwujud budaya mutu pada PT tersebut.

3 Isi Kebijakan SPMI Dalam dokumen ini ada penjelasan mengenai latar belakang atau alasan, tujuan, strategi, prinsip, dan arah PT untuk menjamin dan meningkatkan mutu dalam setiap kegiatannya. Kebijakan SPMI PT dibuat dan ditetapkan oleh pimpinan PT.

4 Manfaat kebijakan SPMI SPM-PT Menjelaskan kepada para stakeholder PT tentang SPMI PT yang dimiliki, secara ringkas padat namun utuh dan menyeluruh. Menjadi pedoman dasar atau ‘payung’ bagi seluruh standar, manual, dan formulir SPMI PT. Membuktikan bahwa SPMI PT yang dimiliki telah terdokumentasikan.

5 PROBLEM/ TEMUAN DI LAPANGAN… Beberapa Perguruan Tinggi memiliki penamaan/ istilah yang berbeda- beda satu dengan lainnya.

6 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (1) KEBIJAKAN PT: Pernyataan tentang arah, dasar, nilai-nilai, tujuan, strategi, prinsip, dan sistem manajemen penyelenggaraan jasa pelayanan pendidikan tinggi secara menyeluruh yang dibuat dan dilaksanakan oleh sebuah PT dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan tujuan institusi. Lazimnya, kebijakan PT dirumuskan secara tertulis dan dicantumkan dalam Renstra PT.

7 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (2) KEBIJAKAN AKADEMIK: Pernyataan tertulis yang diturunkan dari Kebijakan PT namun khusus hanya menyangkut bidang akademik, yaitu kurikulum, proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan aspek lain yang secara langsung berhubungan dengan persoalan akademik. Tidak termasuk ke dalam kebijakan akademik adalah kebijakan kepegawaian, kesejahteraan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

8 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (3) STATUTA : Statuta adalah dokumen legal formal yang merupakan landasan hukum bagi pengorganisasian suatu PT. (Jadi tidak benar bila disamakan artinya dengan Kebijakan SPMI.)

9 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (4) RENSTRA / Rencana Strategis: Berisi rencana, program, strategi PT secara keseluruhan secara periodik / berkala. Tidak tepat disamakan dengan Kebijakan SPMI, namun dapat dibenarkan bila di dalam RENSTRA ada penyebutan / penegasan bahwa PT ybs mempunyai & melaksanakan SPMI dengan “model” tertentu. (Direkomendasikan PT memisahkan dokumen Kebijakan SPMI dari dokumen Renstra)

10 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (5) PERATURAN AKADEMIK : Tidak benar bila disamakan dengan Kebijakan SPMI, sebab isi dokumen ini lazimnya berupa tata tertib / disiplin akademik yang harus dilaksanakan dalam proses pembelajaran dan penilaian akademik. Biasanya juga berupa semacam ‘Petunjuk Pelaksana’ atau buku panduan yang dibagikan kepada mahasiswa.

11 Istilah yang kerap ditemukan atau dikacaukan (6) PEDOMAN MUTU, MANUAL MUTU : Pada beberapa PT yang menerapkan Sistem Mutu ISO 9001:2008, mengunakan isilah Pedoman Mutu atau Manual Mutu. Pedoman Mutu/ Manual Mutu ISO 9001:2008, mempunyai fungsi yang sama dengan Kebijakan Mutu

12 ISI KEBIJAKAN SPMI (1) Judul & informasi penting tentang: – identitas Perguruan Tinggi seperti nama, alamat, telepon, facsimile, address, dan logo. – tanggal-bulan-tahun Kebijakan itu diberlakukan, edisi dan/atau revisi ke berapa (bila ada); – siapa yang telah mereview, menyetujui, dan mengesahkan dokumen tersebut untuk digunakan, diterbitkan dan disebar-luaskan; – apakah dokumen itu hanya dapat digunakan untuk kepentingan internal PT ataukah juga untuk pihak luar;

13 ISI KEBIJAKAN SPMI (2) Daftar Isi Pengantar. Visi, Misi, Tujuan PT, dan/atau sejarah singkat serta prestasi PT (bila diperlukan). Latar Belakang atau alasan mengapa PT menjalankan SPMI. Ruang Lingkup Kebijakan SPMI, misal: akademik, atau akademik dan nonakademik. Daftar dan definisi berbagai Istilah yang didigunakan dalam semua dokumen SPMI.

14 ISI KEBIJAKAN SPMI (3) Uraian tentang garis besar kebijakan SPMI antara lain, mengenai: – Tujuan dan Strategi SPMI – Prinsip atau Asas-Asas yang menjadi landasan PT dalam melaksanakan SPMI – Manajemen SPMI, misalnya menggunakan metode PDCA, Balanced Score Card, PAOR, RBM, atau Six Sigma, disertai ilustrasi, diagram atau sejenisnya bila dipandang perlu. – Unit atau pejabat khusus sebagai penanggungjawab pelaksanaan SPMI, termasuk struktur organisasinya, tugas pokok dan fungsi organisasi, hubungan atau mekanisme kerja antara unit tersebut dengan unit atau pejabat struktural lain pada semua aras dalam PT. – Informasi jumlah dan nama semua standar dalam SPMI.

15 ISI KEBIJAKAN SPMI (4) Informasi singkat tentang dokumen tertulis lain yaitu Manual SPMI / Prosedur Mutu, kumpulan Standar- standar SPMI, dan kumpulan Formulir SPMI yang ditulis terpisah namun menjadi kesatuan dengan dokumen Kebijakan SPMI. Cross-reference dokumen Kebijakan dengan berbagai dokumen tertulis SPMI lainnya dan/atau dengan publikasi PT lainnya misalnya Statuta, Renstra. Indeks (bila perlu). Daftar Pustaka.

16 Seputar SPM-PT


Download ppt "Pengertian & Pembuatan Kebijakan SPMI www.spm-pt.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google