Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Joko Mursitho KEPRAMUKAAN (Sumber WOSM, 1990 + Geneva 4 Switzerland - 2000)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Joko Mursitho KEPRAMUKAAN (Sumber WOSM, 1990 + Geneva 4 Switzerland - 2000)"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Joko Mursitho KEPRAMUKAAN (Sumber WOSM, Geneva 4 Switzerland )

2 Kepramukaan merupakan pelengkap pend. sekolah dan pend. keluarga, guna mengisi kebutuhan peserta didik yg tidak terpenuhi oleh kedua pend. tsb.

3 Kepram. mengemb. penget. dan minat yg telah dimiliki pesdik, untuk melakukan penjelajahan, penelitian, pe- nemuan dan keinginan un- tuk tahu. Melalui kepram. pesdik menemukan dunia lain di luar ruangan kelas. Di sana peserta didik dapat saling bertukar pendapat, penget., pengalaman dan keteram- pilan, secara terus menerus dan berkesinambungan dlm proses pend.

4 Kepram adalah suatu gerakan, proses, aktivitas yg dinamis dan selalu bergerak maju, dalam bentuk kegiatan bagi remaja dan pemuda, di mana pun, dan kapan pun menuju ke arah perbaikan kehidupan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan dan kondisi setempat.. Kegiatan Kaum Muda

5 Anggota Pramuka memberikan darma dan baktinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat

6 SIFAT KEPRAMUKAAN:

7 Kepram sbg proses pend dlm bentuk kegiatan bagi kaum muda, tidak hanya bersifat nas ttp juga bersifat internas. Anggota Pramuka dapat berinteraksi secara internas dgn angota Pramuka lainnya bahkan dengan masyarakat internasional di lingk di mana anggota Pramuka tsb berada. Kepram memupuk persaudaraan secara nas dan internas, dlm upaya menciptakan perdamaian dunia. Internasional

8 Terbuka Bagi Siapapun Sesuai dgn PD dan MK yg diterapkan oleh Lord Baden Powell, maka kepra- mukaan terbuka bagi siapapun dgn tidak memandang ras, aga- ma, gol. atau suku.

9 Kepram sbg proses pend dlm bentuk kegiatan, menggunakan tata cara rekreasi (yg menggem-birakan) dlm mencapai 7-an & sasarannya. Kegiatan-kegiatannya harus dikemas sedemikian rupa shg dirasakan oleh pesdik sbg sesuatu yg menyenangkan, menarik, tidak menjemukan & bukan paksaan yang bisa dikatakan sbg “Rekreasi yg edukatif”, di mana di dalam rekreasi tsb dikembangkan kemantapan mental fisik, penget, keteram, pengalaman, rasa sosial serta spiritual. Rekreasi yang Edukatif

10

11 Tantangan Bagi Orang Dewasa  Dlm kepram OD tidak hanya memperoleh ke- sempatan untuk beribadah atau memberikan pe- ngabdian membantu kaum muda, ttp juga meng- hadapi tantangan dalam membina interaksi yg didasari rasa saling pengertian dlm memahami kaum muda.  Dlm pengabdiannya OD akan memperoleh pela- tihan dan pengalaman yg sangat berharga dlm meningkatkan kualitas sumber daya/ potensi yg dimilikinya.

12 Gerakan Kepram adalah org. pend yg keanggotaan- nya sukarela. Mereka bebas memilih untuk menjadi anggota atau tidak menja- di anggota

13 Kesukarelaan merupakan ketentuan konstitusional keanggotaan organisasi Gerakan Kepramukaan di seluruh dunia WOSM (World organization of Scout Movement). Anggota Gerakan Pram harus juga sukarela berjanji dan menerima serta melaksanakan ke- tentuan moral berupa Kode Kehormatan “Tri Satya” dan “Dasa Darma”.

14 Non Politik dan Non Pemerintah Gerakan Pram sbg org pend bukan bagian atau mewakili orpol, atau org. pem. maupun instansi-nya. Namun demikian Pram didorong untuk selalu memberikan pengabdian yg konstruktif dan opti- mal kpd masy., bang. dan neg.

15 Setiap anggota Pram disiapkan untuk menjadi warga negara yg bermoral tinggi, sehat fisik dan mentalnya dan mengabdikan dirinya bagi neg., bang. dan masy. di lingk.nya.

16 Metoda Kepram mrpk cara pembi- naan dan pengemb. sumber daya (potensi) man. yg meliputi akhlak, budi pe- kerti kaum muda. Dilaksanakan dng Metodik Kepramukaan yg diterap- kan dlm semua kegiatan.

17 1. Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka 2. Belajar sambil mengerjakan. 3. Sistem Beregu. (Small Unit Approach). Mengembangkan kepemimpinan, keterampilan kelompok, team-work, dan rasa tanggung-jawab pribadi. Caranya melalui:

18 4. Kegiatan yg memberi dorongan progresif yg sesuai dgn kepent, minat dan kebutuhan kaum muda. Kegiatan di alam terbuka di mana terjadi kontak dengan alam seisinya mrpk proses pembelajaran lingk yg kaya, yang bermuatan keterpaduan antara alam, kreativitas dan penemuan shg menimbulkan petualangan dan tantangan. Pemberian anugerah karya (rewards) mrpk dorongan bagi pesdik untuk lebih produktif.

19 Norma Hidup Kepramukaan sebagai proses pendidikan, mengandung norma hidup yang mengandung: a. Lingkup spiritual Kepram sbg proses pend mrpk suatu norma hidup yg menekankan pada upaya pengutamaan nilai spiritual dalam kehidupan di atas nilai atau kehidupan material.

20 b. Lingkup Sosial Kepram sbg proses pend mendorong pesdik untuk melibatkan diri dalam pemb masy. Menghormati dan menghargai orang lain dan integritas alam seisinya. Mempromosikan kerukunan dan kedamaian lokal regional maupun internasional.. Memupuk saling pengertian dan kerjasama.

21 c. Lingkup Pribadi Kepram sbg proses pend membina dan mengembangkan rasa tanggungjawab pribadi serta membangkitkan hasrat peserta didik untuk bersikap dan bertindak laku yang bertanggungjawab.

22 Sebagai gerakan yg mendunia, Kepram memberikan kontribusi yg nyata untuk menciptakan kehidupan dunia yang lebih baik. Visi Kepramukaan

23


Download ppt "Oleh: Joko Mursitho KEPRAMUKAAN (Sumber WOSM, 1990 + Geneva 4 Switzerland - 2000)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google