Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSDIKLATNAS - 2010 Abad ke 21 merupakan abad yang penuh tantangan sebagai dampak kemajuan teknologi. Tantangan yg dihadapi kaum muda a.l. 1. Meningkatnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSDIKLATNAS - 2010 Abad ke 21 merupakan abad yang penuh tantangan sebagai dampak kemajuan teknologi. Tantangan yg dihadapi kaum muda a.l. 1. Meningkatnya."— Transcript presentasi:

1

2 PUSDIKLATNAS

3 Abad ke 21 merupakan abad yang penuh tantangan sebagai dampak kemajuan teknologi. Tantangan yg dihadapi kaum muda a.l. 1. Meningkatnya kebutuhan 2. Masalah lapangan kerja 3. Perubahan nilai sosial 4. Meningkatnya macam dan jenis penyakit 5. Penyalah gunaan narkoba 6. Pelestarian alam dan lingkungan 7. Kepedulian sosial 8. Kesenjangan hubungan ortu dan anak, pendidik dan peserta didik, dsb.

4 MEMBINA PRAMUKA T/D Pada hakekatnya upaya pendidikan bagi pemuda atau orang dewasa muda usia 16 sampai 20 th. Upaya pendidikan totalitas secara terarah,teratur dan berkesinambungan di alam terbuka dng PDK & MK.

5 Sasaran pembinaan T/D, menjadi anak bangsa sekaligus kader pembangunan yang berjiwa Pancasila : a. Berkepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa pancasila. b. Pengorbanan demi kejayaan nusa,bangsa dan negara. c. Berdisiplin d. Patriotisme yang berwawasan luas. e. Berkemampuan kuat utk berkarya dng semangat kemandirian.

6 Membina pramuka T/D berarti mendalami dunia T/D baik secara psikis maupun pendekatan lainnya dengan dasar kodrati, didaktis, pertumbuhan dan perkembangannya membantu menjadikan dirinya sebagai manusia berkualitas Hubungan antara T/D dengan pembinanya adalah hubungan kemitraan yang bersifat edukatif Perkembangan kejiwaan perlu dihayati sifat, karakter baik yang positif maupuan negatif, yang perlu diperharikan antara lain jasmani, rohani dan sosial Perlu diamati dan dipahami bahwa seusia T/D akan mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat cepat sebagai dampak kemajuan IPTEK terjadi ketidakseimbangan dalam perkembangan moral/mental, spiritual, fisik, intelektual, emosional dan sosialnya.

7 T/D adlh orang dewasa muda, secara fisik tampak tegak, namun pada hakekatnya mereka dalam kondisi keraguan menghadapi ketidakpastian dalam kehidupan. Untuk itu mrk memerlukan orang dewasa yang menjadi panutan, bijaksana, menjadi mitra sejati menghadapi tantangan hidup

8 T/D perlu dipahami aspirasi dan kebutuhannya serta situasi dan kondisinya. Hal ini dapat digali melalui forum pertemuan, forum-forum formal yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh dan untuk mereka. Kemitraan bersifat konsultatif, edukatif dengan orang dewasa/pembina T/D merupakan ciri hubungan kemitraan

9 Pramuka T/D sebagai tunas yg berkembang dan sebagai kader bangsa sekaligus kader pembangunan yang bermoral Pancasila

10 Tingkatan Pramuka T/D dalam satuannya A. Tamu Penegak B. Calon Penegak C. Penegak Bantara D. Penegak Laksana E. Pandega

11 Pramuka T/D Pa dan T/D Pi dihimpun dalam Gudep terpisah Pramuka T/D penyandang cacat disebut Pramuka Luar Biasa dihimpun dalam Gudep tersendiri/khusus atau dpt diintegrasikan ke Gudep biasa Dampak perkembangan IPTEK thdp sikap dan perilaku anak, remaja dan pemuda, kepramukaan harus difungsikan sebagai filter dampak tersebut.

12 PRODUK GERAKAN PRAMUKA ABAD 21 I. Sikap dan Moral Pancasila 1. Penghayatan Kode Kehormatan Pramuka 2. Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka II. Keterampilan Manajerial 1. Kepemimpinan 2. Manajemen Satuan 3. Hubungan insani 4. Kehumasan III. Keterampilan Kepramukaan 1. Ketrmpln survival 2. Olah raga 3. Pengembaraan 4. Pengabdian IV. Keterampilan Teknologi 1. Kewirausahaan 2. Saka PRAMUKA KADER PEMBANGU NAN YANG BERMORAL PANCASILA

13 PRAMUKA SIAPA YANG PUNYA Pramuka siapa yang punya Yang punya kita semua (Yang punya Indonesia) (Praja Muda Karana)

14 TERIMA KASIH


Download ppt "PUSDIKLATNAS - 2010 Abad ke 21 merupakan abad yang penuh tantangan sebagai dampak kemajuan teknologi. Tantangan yg dihadapi kaum muda a.l. 1. Meningkatnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google