Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH MODUL 10.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH MODUL 10."— Transcript presentasi:

1 KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH MODUL 10

2 RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) FORUM TERBUKA EVALUASI MALAM GEMBIRA UPACARA PENUTUPAN KURSUS PENUTUP

3 OPEN FORUM/FORUM TERBUKA TUJ UAN Memberi kesempatan kepada para peserta yang masih merasa belum tuntas dalam penguasaan materi, untuk mengadakan klarifikasi atas penguasaannya tersebut serta mengupayakan adanya informasi lebih lanjut dari materi tersebut. SASARAN Setelah mengikuti Open Forum/Forum Terbuka, Peserta mampu : * Menemukan Jawaban atas masalah yang selama ini menggangu pi kirannya; * Menjelaskan: apa, mengapa, bagaimana hal-hal yang selama ini meragukan; * Menyusun kegiatan dalam bentuk praktek yang praktis atas materi yang sebelumnya kurang tuntas penguasaannya; * Menambah rasa percaya diri dan tanggungjawab terhadap perkembangan Gerakan Pramuka.

4 PELAKSANAAN OPEN FORUM/FORUM TERBUKA  Forum Terbuka dipimpin oleh Ketua tim Pelatih/Pemimpin Kursus dengan didampingi oleh semua Pelatih dan Panitia Pelaksana, tempat duduk forum diatur melingkar dalam satu saf  Ketua Tim Pelatih memberi kata pengantar dan membuka seluas-luasnya kepada para peserta kursus untuk menanyakan hal-hal yang selama ini dirasa kurang tuntas penguasaannya  Proses tanya jawab  WAKTU : 2 X 45 menit.

5 RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)/ACTION PLAN Rencana Tindak lanjut (RTL,)/Action Plan yang disusun setelah mengikuti kursus, diasumsikan akan merupakan suatu produk peserta kursus yang berupa perencanaan program pribadi dalam pengembangan pribadi maupun pengabdiannya di masyarakat, utamanya demi perkembangan Gerakan Pramuka. Rencana Tidak Lanjut (RTL) akan merupakan tali pengikat peserta kursus atas komitmennya terhadap Gerakan Pramuka TUJUAN Rencana Tidak lanjut (RTL) disusun dengan tujuan agar kita dalam semua kegiatan yang akan kita lakukan selalu terlebih dahulu terencanakan, termasuk dalam kegiatan kepramukaan yang kita lakukan.

6 SASARAN Setelah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) peserta mampu :  Mengendalikan dirinya dan melaksanakan program yang telah disusunnya sendiri ;  Mengembangkan pengetahuannya agar dapat melaksanakan pengabdiannya lewat kepramukaan ;  Selalu berusaha untuk merealisasikan komitmennya sebagaimana tersurat pada Rencana Tindak lanjut yang disusunnya ;  Meningkat kepercayaannya terhadap dirinya sendiri ;  Membiasakan diri bahwa untuk melaksanaan kehidupannya sehari-hari selalu tidak keluar dari program hidup yang disusun oleh keluarga.

7 PELAKSANAAN PENYUSUNAN RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)  Tim Pelatih memberikan pengantar tentang : apa, mengapa, bagaimana menyusun sebuah RTL, dan apa manfaatnya bagi kehidupannya sehari- hari dalam pengabdiaannya terhadap keluarga, masyarakat, bangsa dan negara ;  Penyusunan RTL sebagai perencanaan program pribadi, balk- untuk pengembangan pribadi maupun kegiatannya di masyarakat, khususnya dalam pengembangan kepramukaan dan Gerakan Pramuka  RTL dibuat rangkap 2 (dua), yang satu diserahkan ke Lembaga lewat Ketua Tim/Pemimpin Kursus sedang yang lainnya disimpan sendiri sebagai pengendali dirinya dalam kegiatan sehari-hari.  WAKTU : 2 X 45 menit.

8 EVALUASI TUJUAN Evaluasi Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan agar baik penyelenggara, pelaksana, maupun peserta kursus melaksanakan tugasnya dengan baik SASARAN Setelah kursus selesai Peserta mampu : Menyusun evaluasi pelaksanaan kursus ; Memberikan masukan berupa saran-saran dan pendapat peserta terhadap jalannya pelaksanaan kursus ; Memilih dan merangkai kata-kata dengan Bahasa Indonesia yang balk dan benar, agar Evaluasi yang diberikan berdaya guna dan berhasil guna

9 UPACARA PENUTUPAN KURSUS TUJUAN Memberikan dukungan semangat kepada Peserta Kursus agar lebih meningkatkan kualitas maupun kuantitas kegiatannya demi pengembangan kepramukaan dan Gerakan Pramuka menuju terwujudnya tujuan Gerakan Pramuka SASARAN Setelah mengikuti Upacara Penutupan Kursus, Peserta mampu :  Meningkatkan kualitas pengabdiannya bagi perkembangan kepramukaan;  Mengembangkan/memantapkan materi kegiatan peserta didik ;  Bersama peserta didik menciptakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang, yang didalamnya bermuatan pendidikan mental/moral/spiritual, Disik, intelektual, emosional dan sosial.  Menjadi agen pembaharuan kepramukaan

10 SUSUNAN UPACARA PENUTUPAN KURSUS 1. Upacara :- Menyayikan Lagu Indonesia Raya - Mengheningkan cipta 2. Laporan Pelaksanaan Kursus oleh Pemimpin Kursus 3. Kesan dan pesan peserta 4. Amanat Pembina Upacara, dilanjutkan Pernyataan penutupan Kursus 5. Pelepasan Tanda Peserta Kursus dan penyerahan kembali Tunggul Latihan 6. Lagu Bagimu Negeri 7. Doa 8. Penyerahan Sertifikat Kursus

11 Masyarakat berasumsi bahwa setiap Pramuka pasti memiliki keterampilan Kepramukaan kiranya asumsi tersebut masuk akal juga, oleh karena itu menjadi kewajiban bagi kitalah untuk memberikan bekal keterampilan kepada Pramuka dengan sebanyak-banyaknya yang meliputi : keterampilan spiritual, keterampilan emosional, keterampilan manajerial, keterampilan fisik, keterampilan mengenal alam dan keterampilan sosial


Download ppt "KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH MODUL 10."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google