Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH."— Transcript presentasi:

1 KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH

2 PENGANTAR Upacara Pembukaan Kursus Orientasi KML Dinamika Kelompok Pengembangan Sasaran Kursus Oleh Peserta

3 Upacara Pembukaan Kursus Upacara dalam kepramukaan bukanlah sekedar suatu kegiatan seremonial yang penuh kehidmatan dengan berbagai acara prosesi dan orasi yang berlarut-larut serta melelahkan. Upacara dalam kepramukaan adalah salah satu alat proses pendidikan yang bertujuan pendidikan, tidak dirasakan sebagai paksaan, dalam suasana hidmat menyenangkan, nyaman, rekreatif, teratur, mengesankan, penuh persaudaraan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pesera upacara.

4 Susunan Upacara Pembukaan Kursus 1. Upacara : - Menyanyikan Lagu Indonesia Raya - Mengheningkan Cipta 2. Pembacaan Surat Keputusan Penyelenggaraan Kursus 3. Laporan Kepala Lemdika/Ketua Panitia Penyelenggara 4.Amanat (Keynote Address) Pembina Upacara, dilanjutkan Pernyataan Pembukaan Kursus 5.Penyematan Tanda Peserta Kursus dan Penyerahan Tunggul Latihan 6. Hymne Pramuka 7. Do’a

5 Orientasi KML 1. Sebagai orang dewasa, pembina pramuka peserta kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain. 2. Orang dewasa mau belajar bilamana: a. ia mau; b. ia senang dengan materinya; c. ia memerlukan dalam kehidupannya, dan bagi fungsi, peran, tugas dan tanggung jawabnya; d. ia merasa diuntungkan.

6 Dinamika Kelompok Sebagai orang dewasa, peserta kursus masing- masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu sama lain, sehingga timbul kemungkinan mereka cenderung kurang dapat bekerja sama dalam satu tim. Tujuan dinamika kelompok adalah mengembangkan persaudaraan kerja sama dalam kelompok sebagai tim dengan teamwork yang kompak, agar proses pembelajaran interaktif dapat berjalan denganlancar.

7 Pengembangan Sasaran Kursus Oleh Peserta Semua orang termasuk peserta kursus, bila akan mengikuti suatu kursus pasti mempunyai keinginan-keinginan tertentu yang ingin dicapai untuk kepentingan pengabdiannya, pekerjaannya atau usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menampung sasaran yang ingin dicapai oleh para peserta kursus, sehingga sasaran kursus yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara dapat dipadukan dengan apa yang dikehendaki oleh peserta.


Download ppt "KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN LEMBAGA PENDIDIKAN KADER PRAMUKA TINGKAT DAERAH KALIMANTAN TENGAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google