Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN DALAM KEPRAMUKAAN P E N G E R T I A N 1.Pengertian Pendidikan Pendidikan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan, bimbingan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN DALAM KEPRAMUKAAN P E N G E R T I A N 1.Pengertian Pendidikan Pendidikan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan, bimbingan,"— Transcript presentasi:

1

2 PENDIDIKAN DALAM KEPRAMUKAAN

3 P E N G E R T I A N 1.Pengertian Pendidikan Pendidikan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan, bimbingan, pengajaran dan latihan bagi perannya di masa yang akan datang. Ada 3 lingkungan pendidikan : a. Lingkungan keluarga b. Lingkungan sekolah c. Lingkungan Masyarakat

4 P E N G E R T I A N 2.Kepramukaan merupakan proses pendidikan luar lingkungan keluarga dan sekolah dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan PDK dan MK yang sasaran akhir adalah pembentukan watak. 3. Pendidikan dan kepramukaan diartikan secara luas adalah suatau proses pembinaan dan pengembangan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas kecakapan yang dimiliki peserta didik, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

5 Pendidikan dalam arti luar bertumpu 4 sendi : 1.Belajar mengetahui ( Learning to know ) 2.Belajar berbuat ( Learning to do ) 3.Belajar hidup bermasyarakat ( Learning ti life together ) 4.Belajar menjadi seseorang ( Learning to be ) Proses pendidikan dalam kepramukaan terjadi pada saat peserta didik melakukan kegiatan yang menyenangkan, menarik, kreatif, dan menantang. Pada saat itu, di sela-sela kegiatan, Pembina Pramuka memberikan bimbingan dan pembinaan watak.

6 PENDIDIKAN PESERTA DIDIK 1.Proses pendidikan peserta didik ditujukan pada pencapaian tujuan Gerakan Pramuka, yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk peserta didik dalam lingkungan alam mereka sendiri, dipimpin oleh mereka sendiri, tetapi di bawah bimbingan dan pengawasan orang dewasa sebagai pembinanya 2.Proses pendidikan peserta didik diatur melalui SKU, SKK dan SPG adalah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap Pramuka. Sedangkan SKK merupakan syarat pilihan masing-masing Pramuka.

7 PRAMUKA SIAGA Usia 7 – 10 tahun ada tiga SKU : 1.Siaga Mula 2.Siaga Bantu 3.Siaga Tata

8 PRAMUKA PENGGALANG Usia 11 – 15 tahun Ada tiga tingka SKU 1.Penaggalang Ramu 2.Penggalang Rakit 3.Penggalang Terap

9 PRAMUKA PENEGAK Usia 16 – 20 tahun Ada dua tingkat SKU 1.Penegak Bantara 2.Penegal Laksana

10 PRAMUKA PANDEGA


Download ppt "PENDIDIKAN DALAM KEPRAMUKAAN P E N G E R T I A N 1.Pengertian Pendidikan Pendidikan adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan, bimbingan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google