Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIAGA SKUSKKGARUDA. SIAGA SIAGA : Seorang anggota siaga harus : 1)Mengetahui Cara dan dapat mengambil air sholat ( berwudhu ) 2)Dapat membaca dua.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIAGA SKUSKKGARUDA. SIAGA SIAGA : Seorang anggota siaga harus : 1)Mengetahui Cara dan dapat mengambil air sholat ( berwudhu ) 2)Dapat membaca dua."— Transcript presentasi:

1 SIAGA SKUSKKGARUDA

2 SIAGA

3

4

5

6 SIAGA : Seorang anggota siaga harus : 1)Mengetahui Cara dan dapat mengambil air sholat ( berwudhu ) 2)Dapat membaca dua kalimat syahadat 3)Dapat beristinjak dan membersihkan najis 4)Dapat melaksanakan sholat dengan tertib dan dengan cukup rukun-rukunnya selama dua bulan berturut-turut

7 PENGGALANG/PENEGAK/PANDEGA : 1)Untuk mencapai tingkat Purwa, seorang Pramuka harus : a) Dapat menjalankan tayamum dan mandinya. b) Memahami syarat-syarat, rukun, dan yang membatalkan sholat. Khusus untuk golongan Penegak/Pandega ditambah dengan : c) telah melatih sedikitnya seorang pramuka Siaga sehingga mencapai TKK Sholat

8 PENGGALANG/PENEGAK/PANDEGA : 1)Untuk mencapai tingkat Madya, seorang Pramuka harus : a) Telah memenuhi SKK Sholat tingkat Purwa. b) Mengerti surat-surat yang dibaca dalam sholat. c) Mengerti bacaan-bacaan sunnah dalam sholat Khusus untuk golongan Penegak/Pandega ditambah dengan : d) telah melatih sedikitnya seorang pramuka sehingga mencapai TKK Sholat tingkat Purwa.

9 PENGGALANG/PENEGAK/PANDEGA : 1)Untuk mencapai tingkat Utama, seorang Pramuka harus : a) Telah memenuhi SKK Sholat tingkat Madya. b) Mengerjakan sholat jum’at, sholat dalam perjalanan dan sholat jenazah. c) Mengerjakan sholat sunah rawatib, sholat idul fitri dan adha serta mengerjakan zikir dan do’a setelah sholat fardhu Khusus untuk golongan Penegak/Pandega ditambah dengan : d) telah melatih sedikitnya seorang pramuka sehingga mencapai TKK Sholat tingkat Madya.

10 Tanda Kecakapan Khusus Bidang Agama, moral Mental spiritual, pemb. pribadi dan watak Bidang Patriotisme dan Seni budaya Bidang kesehatan dan ketangkasan Bidang ketrampilan dan Teknik pembangunan Bidang sosial, peri- kemanusiaan gotong royong, perdamaian dunia dan lingk hidup

11 Syarat-syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Siaga a. Menjadi contoh yang baik dalam Perindukan Siaga, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Dwisatya dan Dwidarma. b. Telah menyelesaikan SKU tingkat Siaga Tata. c. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Siaga, sedikit-dikitnya enam macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus.

12 d. Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikit-dikitnya sembilan macam dengan menggunakan sedikit-dikitnya tiga macam bahan. e. Pernah mengikuti Pesta Siaga, sedikitnya dua kali. f. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur. g. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.

13 Syarat-syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Penggalang a.Menjadi contoh yang baik dalam Pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. b. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penggalang Terap. c. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penggalang, sedikit-dikitnya sepuluh macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus, sedikitnya satu macam TKK tingkat Utama dan dua macam TKK tingkat Madya, yaitu :

14 1) Lima buah TKK wajib yang dipilih di antara : a) TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. b) TKK Pengatur Rumah c) TKK Juru Masak. d) TKK Berkemah. e) TKK Penabung. f) TKK Penjahit. g) TKK Juru Kebun h) TKK Pengaman Kampung i) TKK Pengamat j) TKK Bidang Olah Raga, misalnya gerak jalan, berenang, dan lain-lain. 2) Lima buah TKK pilihan, yang dapat dipilih di antara TKK yang telah ditetapkan dengan Kptsan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

15 d. Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikit-dikitnya sepuluh macam dengan menggunakan sedikitnya lima macam bahan. e. Pernah mengikuti Jambore, Perkemahan, Bakti dan Lomba Tingkat. f. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur. g. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya. h. Dapat menjalankan salah satu cabang olah raga, misalnya atletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan atau cabang olah raga lainnya. i. Telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

16 Syarat-syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak enjadi contoh yang baik dalam gugusdepan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. b. Memahami Undang-undang Dasar c. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penegak Laksana. d. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penegak, sedikit-dikitnya sepuluh macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus, sedikitnya satu macam TKK tingkat Utama dan tiga macam TKK tingkat Madya,

17 yaitu : 1) Lima buah TKK wajib yang dipilih di antara : a) TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. b) TKK Pengatur Rumah c) TKK Juru Masak. d) TKK Berkemah. e) TKK Penabung. f) TKK Penjahit. g) TKK Juru Kebun h) TKK Pengaman Kampung i) TKK Pengamat j) TKK Bidang Olah Raga, misalnya gerak jalan, berenang, dan lain-lain. 2) Lima buah TKK pilihan, yang dapat dipilih di antara TKK yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

18 e. Sedikit-dikitnya sudah tiga kali mengikuti pertemuan-pertemuan Pramuka untuk golongan Penegak, di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional atau internasional. f. Tergabung dalam Satuan Karya, dan dapat menyelenggarakan suatu proyek produktif yang bersifat perorangan atau bersama, sesuai dengan Satuan Karya yang diikutinya. g. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung Tabanas yang rajin dan teratur. h. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya, atau membantu menyelenggarakan pertunjukan kesenian.

19 i. Dapat menjalankan dan memimpin salah satu cabang olah raga, yang dipilih dari cabang olahraga atletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan atau cabang olah raga lainnya. j. Pernah ikut serta dalam kegiatan memikirkan, merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembangunan masyarakat di lingkungannya.

20 Syarat-syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Pandega a. Menjadi contoh yang baik di rumah, di sekolah/perguruannya, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. b. Memahami Undang-undang Dasar 1945 dan GBHN. c. Telah menyelesaikan SKU tingkat Pandega. d.Sedikit-dikitnya telah tiga kali mengikuti acara yang dipilihnya di antaranya : 1) Pertemuan Pramuka untuk golongan Penegak dan Pandega di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional atau internasional.

21 2) Perkemahan Wirakarya atau Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Dirgantara, Bahari, Bayangkara, Tarunabumi, Wanabakti, Kencana, dan saka lainnya di ranting, cabang, atau daerah. 3)Integrasi masyarakat atau peninjauan proyek- proyek kegiatan, atau kunjungan timbal balik diantara Pramuka Pandega antar gugusdepan, ranting, cabang, daerah atau nasional baik secara perorangan maupun secara bersama dalam ikatan satuan, dan membuat laporannya.

22 e. Sedikit-dikitnya sudah tiga kali ikut membuat perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengawasan, penilaian dan penyelesaian salah satu atau gabungan dari kegiatan- kegiatan di bawah ini : 1) Pesta Siaga. 2) Perkemahan Penggalang. 3) Raimuna, Perkemahan Wirakarya, Muspanitera, atau Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega lainnya. f. Sedikit-dikitnya telah tiga kali ikut membantu salah satu kegiatan masyarakat, peringatan, peralatan, proyek pembangunan dan lain-lain

23

24 1)Penguji SKU adalah Pembina/Pembantu Pembina Pramuka yang langsung membina Pramuka yang diuji. 2)Penguji SKK adalah Tim yang terdiri dari 2 orang yaitu : a. Pembina/Pembantu Pembina yang langsung membina Pramuka yang diuji. b. Seorang yang dianggap ahli dalam bidang kecakapan ditempuh oleh Pramuka yang bersangkutan. c. Penguji ahli dapat berasal dari dalam maupun dari luar Gerakan Pramuka.

25 3)Penguji SPG ialah :  Tim yang diangkat oleh Ketua Kwartir, terdiri dari Pembina Satuannya. Pembina Gugusdepan, Andalan, orangtua dan tokoh masyarakat setempat.  Khusus untuk Gugudepan di luar negeri tim penguji dapat diangkat oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan

26 Tugas Pembina Pramuka : 1) membantu memberi motivasi, mendorong, agar Pramuka tidak terlalu lama berada dalam tingkat yang diperolehnya masing- masing mereka harus segera menyelesaikan SKU berikutnya. 2) mendorong Pramuka pemilik TKK selalu membina diri sehingga kecakapannya tetap bermutu, dan memotivasi terus menerus agar mereka memiliki TKK-TKK lainnya. 3) memberi keterangan tertulis yang sesungguhnya tentang diri peserta didik, utamanya bagi mereka yang dicalonkan sebagai Pramuka Garuda.

27


Download ppt "SIAGA SKUSKKGARUDA. SIAGA SIAGA : Seorang anggota siaga harus : 1)Mengetahui Cara dan dapat mengambil air sholat ( berwudhu ) 2)Dapat membaca dua."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google