Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OM SWASTIASTU CA. MAMMAE OLEH : NI WAYAN KASIH. Ca. Mammae Definisi dari Ca. mammae Penyebab terjadinya Ca. mammae Manifestasi klinis dari Ca. mammae.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OM SWASTIASTU CA. MAMMAE OLEH : NI WAYAN KASIH. Ca. Mammae Definisi dari Ca. mammae Penyebab terjadinya Ca. mammae Manifestasi klinis dari Ca. mammae."— Transcript presentasi:

1 OM SWASTIASTU CA. MAMMAE OLEH : NI WAYAN KASIH

2 Ca. Mammae Definisi dari Ca. mammae Penyebab terjadinya Ca. mammae Manifestasi klinis dari Ca. mammae Patofisiologi dari Ca. mammae Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari Ca. mammae Kejadian Ca. mammae yang terjadi di dunia, Indonesia, dan Bali Peran perawat terhadap pasien dengan Ca. mammae

3 DEFINISI Ca mammae adalah sel mammae yang mengalami proliferasi dan diferensiasi abnormal serta tumbuh secara otonom, menyebabkan infiltrasi ke jaringan sekitar sambil merusak dan menyebar ke bagian tubuh lain. Kanker payudara adalah sekelompok sel tidak normal pada payudara yang terus tumbuh berupa ganda. Pada akhirnya sel-sel ini menjadi bentuk benjolan di payudara. Jika benjolan kanker tidak terkontrol, sel-sel kanker bisa bermestastase pada bagian-bagian tubuh lain. Metastase bisa terjadi pada kelenjar getah bening ketiak ataupun diatas tulang belikat. Seain itu sel-sel kanker bisa bersarang di tulang, paru-paru, hati, kulit, dan bawah kulit. (Erik T, 2005)

4 1.Mekanisme hormonal 2.Virus 3.Genetik 4.Defisiensi imun Steroid endogen (estradiol & progesterone) apabila mengalami perubahan dalam lingkungan seluler dapat mempengaruhi faktor pertumbuhan bagi ca mammae (Smeltzer & Bare, 2002: 1589).

5 1.Mekanisme hormonal 2.Virus 3.Genetik 4.Defisiensi imun Invasi virus yang diduga ada pada air susu ibu menyebabkan adanya massa abnormal pada sel yang sedang mengalami proliferasi.

6 1.Mekanisme hormonal 2.Virus 3.Genetik 4.Defisiensi imun Kanker mammae yang bersifat herediter dapat terjadi karena adanya “linkage genetic” autosomal dominan. Penelitian tentang biomolekuler kanker menyatakan delesi kromosom 17 mempunyai peranan penting untuk terjadinya transformasi malignan. mutasi gen BRCA 1 dan BRCA 2 biasanya ditemukan pada klien dengan riwayat keluarga kanker mammae dan ovarium (Robbin & kumar, 1995) serta mutasi gen supresor tumor p 53 (Murray, 2002).

7 1.Mekanisme hormonal 2.Virus 3.Genetik 4.Defisiensi imun Defesiensi imun terutama limfosit T menyebabkan penurunan produksi interferon yang berfungsi untuk menghambat terjadinya proliferasi sel dan jaringan kanker dan meningkatkan aktivitas antitumor. Kanker butuh waktu 7 tahun untuk dapat tumbuh dari sebuah sel tunggal menjadi massa yang cukup besar untuk bisa diraba.

8 Manifestasi Klinis Ca. Mammae (gejala)  Teraba adanya massa atau benjolan pada payudara.  Payudara tidak simetris / mengalami perubahan bentuk dan ukuran karena mulai timbul pembengkakan  Ada perubahan kulit : penebalan, cekungan, kulit pucat disekitar puting susu, mengkerut seperti kulit jeruk purut dan adanya ulkus pada payudara  Ada perubahan suhu pada kulit : hangat, kemerahan, panas  Ada cairan yang keluar dari puting susu  Ada perubahan pada puting susu : gatal, ada rasa seperti terbakar, erosi dan terjadi retraksi

9 LANJUTAN…  Penyebaran ke tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan kadar kalsium darah meningkat  Ada pembengkakan didaerah lengan  Adanya rasa nyeri atau sakit pada payudara.  Semakin lama benjolan yang tumbuh semakin besar.  Mulai timbul luka pada payudara dan lama tidak sembuh meskipun sudah diobati, serta puting susu seperti koreng atau eksim dan tertarik ke dalam.  Kulit payudara menjadi berkerut seperti kulit jeruk (Peau d' Orange).  Benjolan menyerupai bunga kobis dan mudah berdarah.  Metastase (menyebar) ke kelenjar getah bening sekitar dan alat tubuh lain.

10 Komplikasi Ca. mammae Metastase ke jaringan sekitar melalui saluran limfe dan pembuluh darahkapiler ( penyebaran limfogen dan hematogen0, penyebarab hematogen dan limfogen dapat mengenai hati, paru, tulang, sum- sum tulang,otak,syaraf. Gangguan neuro varkuler Fibrosis payudara Kematian

11 Kejadian di dunia Laporan kanker dunia memperkirakan angka kejadian kanker akan meningkat menjadi 15 juta kasus baru di tahun Terdapat kematian per tahun akibat kanker payudara. Kasus kanker payudara di Amerika tercatat hampir wanita yang terdiagnosis dan setiap tahunnya terdapat lebih dari meninggal akibat penyakit ini. Data terbaru dari American Cancer Society telah menghitung bahwa di tahun 2013, terdapat kasus kanker payudara. Sekitar wanita meninggal dunia setiap tahunnya karena kanker payudara.

12 Kejadian di Indonesia Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2009, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap diseluruh rumah sakit di Indonesia, yaitu sebanyak 21,69%, disusul kanker leher rahim sebanyak 17% (Rasjidi,2009). Berdasarkan data Global Burned Of Cancer, angka kejadian kanker payudara di Indonesia sebanyak 26 per perempuan (Bambang, 2010). Sutjipto (2013), dokter spesialis bedah kanker Rumah Sakit Kanker Dharmais, menyatakan saat ini penderita kanker payudara di Indonesia mencapai 100 dari penduduk. Sekitar 60-70% dari penderita tersebut datang pada stadium tiga yang kondisinya terlihat semakin parah (Depkes RI, 2013).

13 Peran Perawat pada Pasien Ca. mammae Perawat memberikan motivasi kepada pasien agar tidak menyerah terhadap penyakitnya tersebut. Perawat memberi penyuluhan tentang Ca. mammae. Perawat memberikan pengertian kepada pasien dan keluarga pasien mengenai Ca. mammae tersebut. Perawat memberikan penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan dan pola makan yang seimbang dan sehat.

14

15

16 Kesimpulan Kanker payudara adalah sekelompok sel tidak normal pada payudara yang terus tumbuh berupa ganda. Pada akhirnya sel-sel ini menjadi bentuk benjolan di payudara. Jika benjolan kanker tidak terkontrol, sel-sel kanker bisa bermestastase pada bagian-bagian tubuh lain. Kanker payudara disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu mekanisme hormonal, virus, genetic, dan defisiensi imun. Bebepara ciri-ciri seorang wanita yang mengalami kanker payudara antara lain teraba ada benjolan disekitar payudara, payudara mengalami perubahan bentuk karena pembengkakan, ada rasa nyeri atau sakit pada payudara. Kejadian kanker di seluruh dunia terus mengalami peningkatan, baik di negara-negara barat maupun di negara-negara bagian Asia. Laporan kanker dunia memperkirakan angka kejadian kanker akan meningkat menjadi 15 juta kasus baru di tahun Terdapat kematian per tahun akibat kanker payudara.

17 OM SANTIH, SANTIH, SANTIH OM


Download ppt "OM SWASTIASTU CA. MAMMAE OLEH : NI WAYAN KASIH. Ca. Mammae Definisi dari Ca. mammae Penyebab terjadinya Ca. mammae Manifestasi klinis dari Ca. mammae."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google