Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAWATAN LUKA PADA NY. S DENGAN KANKER MAMMAE (Payudara) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA Ruang Nusa Indah Dua.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAWATAN LUKA PADA NY. S DENGAN KANKER MAMMAE (Payudara) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA Ruang Nusa Indah Dua."— Transcript presentasi:

1 PERAWATAN LUKA PADA NY. S DENGAN KANKER MAMMAE (Payudara) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA Ruang Nusa Indah Dua

2 Disusun oleh : 1. Endang Sriyani(120044) 2. Widia Ningrum(120183) AKADEMI KEBIDANAN YOGYAKARTA YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

3 Tujuan Latar Belakang Pendahuluan Mahasiswa mampu memahami tentang penyakit kanker payudara dan melaksanakan perasat perawatan luka post operasi.

4 Kanker yang paling banyak di alami Wanita Manuaba, Kanker Mammae ( Kanker Payudara) 1. Kanker servic( Kanker mulut rahim) Latar Belakang

5 Tinjauan Teori Teori Medis Kanker Mammae Teori Perasat Perawatan Luka

6 Kanker Mammae Pengertiaan Penyebab Tanda dan gejala Stadium Kanker Payudara Patofisiologi Pencegahan, Penatalaksanaan dan Pengobatan

7 Pengertian Kanker payudara (Carcinoma mammae) dalam bahasa inggrisnya disebut breast cancer merupakan kanker pada jaringan payudara. Kanker ini terjadi karena pada kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.

8 Penyebab Usia dan jenis kelamin R. Keturunan Faktor Hormonal Faktor Reproduksi Faktor gizi dan lifestyle

9 Tanda dan Gejala Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan,benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Pada stadium lanjut,benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Dan Bisa juga terbentuk benjolan yang membengkak atau borok dikulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.

10 Stadium Stadium Kanker Payudara menurut Canadian Cancer Society Stadium dalam kanker, adalah untuk menggambarkan kondisi kanker, yaitu letaknya, sampai dimana penyebarannya, sejauh mana pengaruhnya terhadap organ tubuh yang lain.

11 Stadium IV : Ukuran tumor bisa berapa saja, tetapi telah menyebar ke lokasi yang jauh, yaitu :Tulang, paru-paru,liver atau tulang rusuk. Stadium II Diameter tumor lebih kecil atau sama dengan 2 cm dan telah ditemukan pada titik-titik pada saluran getah bening di ketiak ( axillary limph nodes ) StadiumIII Tumor telah menyebar ke dinding dada atau menyebabkan pembengkakan bisa juga luka bernanah di payudara. Stadium I Tumor masih sangat kecil dan tidak menyebar serta tidak ada titik pada pembuluh getah bening

12 Patofisiologi Transformasi Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. Fase Inisiasi Pada tahap inisiasi suatu perubahan dalam bahan genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. Perubahan dalam bahan genetik sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen. Fase promosi Pada tahap promosi, suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. Karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan. Fase metastasisMetastasis menuju ke tulang merupakan hal yang kerap terjadi pada kanker payudara. Beberapa diantaranya disertai dengan komplikasi lain (Anonim, 2012).

13 Pencegahan kanker payudara merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan agar orang hidup sehat melalui upaya menghindarkan diri dari keterpaparan pada berbagai faktor risiko. Pencegahan primer ini juga bisa berupa pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) yang dilakukan secara rutin sehingga memperkecil faktor risiko terkena kanker payudara.

14 Penatalaksanaan dan Pengobatan MastektomiRadiasiKemotrapi

15 Teori Perasat Perawatan Luka


Download ppt "PERAWATAN LUKA PADA NY. S DENGAN KANKER MAMMAE (Payudara) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA Ruang Nusa Indah Dua."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google