Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Created By: Devi Pratiwi Dwi Luluk Anggraini Irma Pratiwi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Created By: Devi Pratiwi Dwi Luluk Anggraini Irma Pratiwi."— Transcript presentasi:

1 Created By: Devi Pratiwi Dwi Luluk Anggraini Irma Pratiwi

2  Endometriosis adalah suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim,padahal dalam keadaan normal endometrium hanya di temukan di dalam lapisan rahim.  Biasanya endometrium terbatas pada lapisan rongga abdomen atau permukaan abdomen.

3  Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat pada ovarium dan ligamen penyokong rahim. Endometrium juga dapat melekat pada lapisan luar usus halus dan usus besar,ureter,kandung kemih,vagina,jaringan parut di dalam perut atau lapisan rongga dada. Terkadang jaringan endometrium tumbuh di dalam paru-paru.

4

5 Penyebabnya tidak diketahui, tetapi beberapa ahli mengemukakan teori berikut:  Teori menstruasi retrograd (menstruasi yang bergerak mundur). Sel-sel endometrium yang dilepaskan pada saat menstruasi bergerak mundur ke tuba falopii lalu masuk ke dalam panggul atau perut dan tumbuh di dalam rongga panggul/perut.  Teori sistem kekebalan. Kelainan sistem kekebalan menyebabkan jaringan menstruasi tumbuh di daerah selain rahim.  Teori genetik Keluarga tertentu memiliki faktor tertentu yang menyebabkan kepekaan yang tinggi terhadap endometriosis.

6  Nyeri di perut bagian bawah dan di daerah panggul  Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spoting sebelum menstruasi)  kemandulan  dispareunia (nyeri ketika melakukan hubungan seksual).

7  Jaringan endometrium yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut, nyeri ketika buang air besar, perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih.  Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah (endometrioma). Kadang endometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba.  Kadang tidak ditemukan gejala sama sekali.

8  Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan panggul akan teraba adanya benjolan lunak yang seringkali ditemukan di dinding belakang vagina atau di daerah ovarium. Pemeriksaan lain :  Laparoskopi  Biopsi endometrium  USG rahim

9 Harus disadari bahwa endometriosis bersifat progresif dan berulang, sehingga pengankatan rahim (histerektomi) dan kedua saluran telur menjadi pilihan yang paling mungkin untuk menghilangkan endemetriosisnya. Namun tindakan ini tidak mungkin dilakukan pada mereka yang masih ingin mempunyai keturunan atau belum menikah. Sehingga pilihan tepat yang dapat dilakukan yaitu menggunakan obat- obatan.

10 Pilihan pengobatan untuk endometriosis:  Obat-obatan yang menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium  Pembedahan untuk membuang sebanyak mungkin endometriosis  Kombinasi obat-obatan dan pembedahan

11


Download ppt "Created By: Devi Pratiwi Dwi Luluk Anggraini Irma Pratiwi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google