Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 11. LOKASI DAN TATA RUANG. TATA RUANG DAN RANCANGAN Seorang pengusaha setelah mampu menentukan lokasi bisnis selanjutnya harus mulai memikirkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 11. LOKASI DAN TATA RUANG. TATA RUANG DAN RANCANGAN Seorang pengusaha setelah mampu menentukan lokasi bisnis selanjutnya harus mulai memikirkan."— Transcript presentasi:

1 MATERI 11. LOKASI DAN TATA RUANG

2 TATA RUANG DAN RANCANGAN Seorang pengusaha setelah mampu menentukan lokasi bisnis selanjutnya harus mulai memikirkan perencanaan tata ruang yang benar untuk dapat memaksimalkan penjualan. Pentingnya Tata Ruang agar para pelanggan merasa lega berbelanja ditempat bisnis.

3 TATA RUANG Tata Ruang adalah: – Pengaturan fasilitas fisik yang masuk akal dalam suatu bisnis. –Dampak positifnya adalah Menyumbang pada efisiensi operasi. Peningkatan produktivitas. Peningkatan penjualan.

4 KRITERIA ANALISA UNTUK BANGUNAN Perencanaan untuk penggunaan ruangan yang paling efektif dan efisien dalam lingkungan bisnis dapat memberikan peningkatan yang drastis dalam efektivitas dan efisiensi operasi suatu perusahaan. Perhatikan terhadap: –Ukuran. –Kontruksi dan tampak luar. –Pintu Masuk. –Papan Tanda. –Interior Bangunan. –Penerangan dan Peralatan.

5 SASARAN BELAJAR Dapat menjelaskan tahap-tahap dalam keputusannya memilih lokasi baik berada dalam suatu daerah regional,negara bagian dan tempat akhir. Dapat menjabarkan kriteria lokasi untuk bisnis pengecer dan jasa. Dapat membuat garis besar pilihan lokasi dasar untuk bisnis pengecer dan jasa central business district, baik dilingkungan sektar,pusat perbelanjaan dan mal,dekat dengan pesaing,daerah terpencil atau dirumah.

6 Dapat menjelaskan proses pemilihan lokasi untuk para produsen Mengevaluasi keuntungan dan kerugian dari membangun,membeli atau melakukan leasing suatu bangunan. Menjelaskan prinsip-prinsip tata ruang yang efektif bagi pengecer,bisnis jasa dan produsen.

7 PEPATAH BISNIS Hampir semua orang telah mendengar pepatah bahwa keberhasilan bisnis terutama bisnis pengecer ditentukan 3 faktor yaitu: –Lokasi Fakta membuktikan bahwa benar kegagalan pencarian lokasi strategis merupakan kegagalan bisnis.

8 DASAR-DASAR TAHAPAN 1.WILAYAH REGIONAL Tahap pertama dalam menyeleksi lokasi terbaik hendaknya berfokus pada tingkat wilayah (regional). Cek wilayah mana di negara ini memiliki karakteristik yang diperlukan oleh suatu bisnis baru untuk berhasil. Perhatikan tentang: Pertumbuhan populasi Kelompok umur Tingkat pendapatan & tabungan Eksistensi dari infrastruktur tertentu.

9 2. NEGARA BAGIAN/PROPINSI –Setiap negara bagian memiliki kantor pengembangan bisnis untuk menerima bisnis baru di negara bagian tersebut, –Perlu diperhatikan perihal undang- undang,peraturan dan pajak yang mengatur bisnis dan setiap insentif atau kredit investasi yang ditawarkan negara bagian. –Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kedekatan pasar,kedekatan dengan bahan mentah,kuantitas dan kualitas persediaan tenaga kerja. –Iklim bisnis yang kondusif,serta tingkat upah.

10 3. KOTA/KABUPATEN. –Seorang wirausahawan harus lebih tahu mengenai suatu kota dan lingkungan sekitarnya dari pada orang-orang yang tinggal disana. –Dengan menganalisa populasi dan data demografis seorang wirausahawan dapat memeriksa suatu kota secara rinci. –Akhirnya keputusan lokasi menjadi lebih baik dp sekedar menebak dalam kegelapan.

11 –Karakteristik warga suatu kota adalah: Ukuran dan kepadatan populasi. Indeks Kejenuhan eceran. Undangt-undang dan peraturan lokal. Persaingan. Kesesuaian dengan komunitas. Transportasi. Polis dan Perlindungan dari kebakaran. Jasa Publik. Reputasi lokasi.

12 4. TEMPAT. –Merupakan langkah terakhir dalam melaksanakan proses pemilihan lokasi yakni memilih tempat sebenarnya untuk suatu bisnis. –Setiap jenis bisnis memiliki kriteria evaluasi yang berbeda mengenai lokasi ideal. –Pertimbangan utama suatu produsen memilih lokasi adalah: alkses bahan baku,pemasok,tenaga kerja,transportasi dan pelanggan.

13 KRITERIA LOKASI Bagi Bisnis Eceran. –Keputusan yang perlu diambil oleh pengecer sama pentingnya dengan pilihan lokasi. –Dikarenakan keberhasilan bisnis eceran bergantung pada : Alur pelanggan yang tetap. Para pengecer harus melihat pertimbangan kenyamanan. Pilihan target pelanggan.

14 HAL-YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN Ukuran Daerah Perdagangan meliputi: –Daerah perdagangan. –Kesesuaian eceran. –Tingkat kompetisi. –Jaringan Kerja Transportasi. –Hambatan fisik,as atau Politis.

15 Lalu Lintas Pelanggan. –Diharapkan bahwa jumlah calon pelanggan yang melewati lokasi bisnis cukup memadai selama jam kerja usaha. –Agar berhasil suatu bisnis harus mampu menghasilkan penjualan yang cukup untuk melampaui titik impasnya. –Usaha toko konsumsi yang berhasil adalah lokasi yang bervolume tinggi dan aksesnya mudah. –Perhatikan tempat parkir cukup besar,ruangan untuk perluasan usaha,visibilitas.


Download ppt "MATERI 11. LOKASI DAN TATA RUANG. TATA RUANG DAN RANCANGAN Seorang pengusaha setelah mampu menentukan lokasi bisnis selanjutnya harus mulai memikirkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google