Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh KOKOM KOMARIAH  Kegiatan/Proses  Individu/Kelompok  Permintaan  Penawaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh KOKOM KOMARIAH  Kegiatan/Proses  Individu/Kelompok  Permintaan  Penawaran."— Transcript presentasi:

1 Oleh KOKOM KOMARIAH

2  Kegiatan/Proses  Individu/Kelompok  Permintaan  Penawaran.

3  Jenis makanan apa yang akan disajikan  Berapa harganya  Kapan akan disajikan  Bagaimana cara penyajiannya

4  Pasar yang heterogen/beragam dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang Homogen/sejenis.  Dalam usaha jasa boga yang bersifat komersil segmen pasar dibagi menjadi dua area kunci yaitu: (1) pengguna perorangan, (2) pengguna bisnis.

5  Geografi.  Demografi.  Psikologi.

6 Target pasar  memilih satu atau lebih segmen pasar  harus cukup besar agar mencapai volume penjualan yang besar  sebaiknya memilih area yang mempunyai pesaing seminimal mungkin. Sasaran khusus (Specific targeting):  siapa konsumennya  dari mana konsumen berasal  apa motivasinya membeli  berapa harganya  jenis makanan apa yang akan disajikan  kapan di sajikan  bagaimana penulisan hidangan pada menu.

7  Karakteristik produk perusahaan:  fasilitas  sumber konsumen  produk/jasa.

8 Definisi:  Pasar adalah sekelompok orang atau organisasi dengan kebutuhan untuk memuaskan keinginan diri, misalnya: rasa lapar, uang untuk dibelanjakan dan keinginan untuk membelanjakannya. Pasar bagi industri jasa boga mengacu pada:  apa yang harus dilakukan oleh usaha jasa boga?  kepada siapa perusahaan makanan menjual produknya?  siapa saja yang akan membeli?

9 Segmentasi pasar ( memecah keseluruhan pasar menjadi bagian- bagian kecil dengan latar belakang atau kepentingan yang serupa).  segmentasi pasar adalah proses dimana pasar yang heterogen/beragam dibagi menjadi beberapa bagian/kelompok yang homogen/serupa  seorang pengusaha di bidang jasa boga (catere) memilih satu atau lebih kelompok-kelompok tersebut sebagai sasaran pemasarannya (pasar target).

10 Secara garis besar potensi pasar jasa boga dapat dibagi menjadi dua segmen pasar yaitu:  pengguna perorangan (konsumen)  pengguna bisnis (organisasi). Hal-hal tersebut diatas biasanya digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar. Segmentasi pasar perorangan didasarkan pada:  geografi (wilayah, kota, desa, iklim)  demografi (umur, jenis kelamin, status sosial, pendidikan, tingkat ekonomi, pekerjaan, agama, pendapatan)  psikologi (kepribadian, gaya hidup, nilai hidup, norma kehidupan).

11 Segmentasi pasar industri (bisnis) didasarkan pada:  jenis konsumen  jumlah konsumen  situasi daya beli. Target pasar  Seorang pengusaha jasa boga (caterer) memilih satu atau dua segmen pasar yang dapat menciptakan volume penjualan yang cukup besar dan menguntungkan. Hal ini juga harus disesuaikan dengan:  tujuan bisnis usaha boga tersebut  kemampuan  tenaga kerja.

12  Perlu diingat bahwa target pasar sebaiknya dapat menciptakan volume penjualan yang cukup besar dan menguntungkan. T  Target pasar yang dipilih sebaiknya memiliki persaingan yang seminimal mungkin.  Pengetahuan pasar digunakan untuk, pertama kali, menentukan segmentasi pasar dan kemudian sasaran khusus (spesifik targeting).

13 Ketika menentukan sasaran khusus pada kelompok pasar perlu diketahui:  siapa konsumennya  dari mana mereka berasal  apa motivasi mereka dalam membeli  apa jenis makanan yang harus disiapkan  berapa harganya  kapan makanan disajikan  bagaimana hidangan ditulis pada menu.

14  Karakteristik produk perusahaan ◦ Fasilitas ( Jelaskan alasan mengapa seorang penyusun menu harus paham dengan macam- macam fasilitas yang dimiliki perusahaan)  Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan pasar. Akan sangat tidak mungkin untuk mencapai kualitas produk yang maksimal tanpa peralatan yang lengkap.

15 ◦ Nilai jual yang unik ( Dalam usaha jasa boga, sangat penting untuk mempunyai keunikan atau ciri khas atau kelebihan yang tidak dimiliki tempat usaha lain, hal ini disebut sebagai nilai jual. Contohnya:  letak yang strategis – sangat mudah dijangkau  cita rasa yang berbeda  harga jual yang bersaing  kualitas atau mutu yang tinggi  jasa/pelayanan yang berbeda  dekorasi yang unik.

16 ◦ Analisa persaingan  Harus disadari bahwa persaingan selalu ada, hal ini akan sangat berguna untuk pengusaha agar selalu meningkatkan diri dalam berbagai hal dan bersaing dengan pengusaha lain.  Alasan pentingnya bersikap waspada akan persaingan antara lain:  persaingan dapat menjadikan semuanya bekerja lebih baik  persaingan dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualitas, gunakan informasi yang ada untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.   Di luar dari itu, nilai jual yang dimiliki perusahaan adalah kekuatan (kelebihan) yang menjadikan perusahaan tersebut mempunyai daya saing yang tinggi dengan perusahaan lain.

17 ◦ Menarik konsumen  Konsumen memilih untuk menikmati hidangan di tempat makan tertentu dikarenakan hal-hal berikut:  kedekatan  kenyamanan  daya beli  reputasi  suasana hati  iklan  publisitas

18 ◦ Produk dan pelayanan  Ada beberapa alasan konsumen memilih untuk menikmati hidangan di suatu tempat. Setiap orang akan mempengaruhi perencanaan menu:  pengalaman para pekerja  pengetahuan akan kebutuhan  menu dimengerti dengan jelas  menu konsisten  kemampuan pekerja/staff  pelayanan yang sesuai dengan makanan  apakah dapat dipesan sesuai kebutuhan? (apakah dibutuhkan pemesanan sebelumnya?)  apakah perlu penjelasan untuk memesan?  apakah produk makanan dan pelayanan sesuai dengan harapan?

19 Apakah trend itu?  Adalah sesuatu yang sedang “in“ atau populer yang mengacu pada:  fashion  musik  warna  Makanan. Trend pasar jasa boga:  makanan/minuman  pelayanan/jasa  kebiasaan makan.

20 Trend makanan Indonesia:  Dari abad ke 17 – 19, perusahaan jasa boga non-komersil:  makanan industri  makanan individu  makanan rumah sakit.

21  Dari abad ke 19 – sekarang, makanan yang dipengaruhi oleh negara lain:  makanan Cina (bakmi, bakso, bakpau)  Sekarang ini, orang-orang sibuk bekerja dan mereka hanya mempunyai waktu yang terbatas untuk makan siang. Oleh karenanya banyak sekali didirikan tempat yang menyajikan makanan siap saji seperti: Warung Tegal, Restoran Padang, Kedai Soto Betawi dll.  Roti dengan beebagai variasi menjadi pilihan terbaik sebagai pengganti nasi seperti donat, sandwiches, hamburgers, hot dogs, dsb.

22  Pertumbuhan tidak hanya pada makanan, namun juga pada pelayanan seperti restaurant siap saji, yang menggunakan sistem pelayanan-sendiri (self-service) seperti di Mc.Donald’s.  Sistem pelayanan prasmanan juga popular dilakukan pada acara-acara tertentu untuk melayani konsumen dalam jumlah besar.  Gaya prasmanan sangat popular akhir-akhir ini untuk acara pesta pernikahan. Makanan bukan saja disajikan dengan sistem prasmanan tetapi ditambah lagi dengan beberapa jenis makanan yang diletakkan pada kedai-kedai seperti: sate, soto, es krim, dll.  Jajanan pasar atau makanan tradisional, baik kue maupun makanan lain dari daerah-daerah diseluruh Indonesia juga semakin popular dewasa ini.

23 Faktor yang mempengaruhi trend makanan:  pendidikan  pengaruh media massa  hiburan  pengaruh budaya  pengaruh musim dan popularitas  rasa ingin tahu.

24


Download ppt "Oleh KOKOM KOMARIAH  Kegiatan/Proses  Individu/Kelompok  Permintaan  Penawaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google