Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KHABAR MUTAWATIR AHAD MUTAWATIR LAFDHIMUTAWATIR MAKNAWIMUTAWATIR AMALI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KHABAR MUTAWATIR AHAD MUTAWATIR LAFDHIMUTAWATIR MAKNAWIMUTAWATIR AMALI."— Transcript presentasi:

1

2 KHABAR MUTAWATIR AHAD

3 MUTAWATIR LAFDHIMUTAWATIR MAKNAWIMUTAWATIR AMALI

4 Bahasa isim fa’iltataba’a: terus menerus Istilah : hadits yang diriwayatkan oleh banyak orang (rawi), yang menurut kebiasaan mustahil mereka sepakat untuk berdusta.

5 1. Diriwayatkan oleh banyak rawi. Terdapat perselisihan mengenai jumlah minimal tentang banyaknya rawi. Menurut pendapat yang terpilih, paling sedikit ada sepuluh orang 2. Jumlah bilangan rawi tersebut terdapat pada seluruh tingkatan (thabaqat) sanad. 3. Menurut kebiasaan, mustahil mereka sepakat untuk berdusta. 4. Khabar mereka disandarkan kepada panca indera

6 Hadits yang makna dan lafadznya memang mutawatir من كذب عليّ معتمدا، فليتبوأ مقعده من النار “Barangsiapa berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaknya ia bersiap-siap menempati tempatnya di neraka.”

7

8 Hadits yang maknanya mutawatir, bukan lafadznya Rasulullah SAW tidak mengangkat kedua tangan beliau dalam doa-doanya selain dalam doa salat istiqa’ dan beliau mengangkat tangannya, sehingga nampak putih-putih kedua ketiaknya.” (HR. Bukhari Muslim)

9 Artinya : “Sesuatu yang mudah dapat diketahui bahwa hal itu berasal dari agama dan telah mutawatir di antara kaum muslimin bahwa Nabi melakukannya atau memerintahkan untuk melakukannya atau serupa dengan itu

10 1. Al-Azhar Al-Mutanatsirah fi Al-Akhbar Al- Mutawatirah. Karya Imam Suyuthi, yang tersusun menurut bab per bab. 2. Quthafu Al-Azhar. Karya Imam Suyuthi yang merupakan ringkasan dari kitabnya yang terdahulu. 3. Nadhamu Al-Mutanatsir min Al-Hadits Al- Mutawatir. Karya Muhammad bin Ja’far Al- Kittani.

11 Bahasa satu (wahid). Khabar ahad adalah berita yang diriwayatkan oleh satu orang. Istilah hadits yang tidak terkumpul syarat-syarat mutawatir

12 1. Hadits masyhur 2. Hadits ‘aziz 3. Hadits gharib: gharib mutlaq dan gharib nisbi

13  Masyhur menurut bahasa adalah berita yang terkenal secara lisan sekalipun keadaannya berdusta.  Sedangkan menurut istilah adalah apa-apa yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan akan tetapi tidak akan sampai batas kemutawatirannya.

14  Aziz menurut istilah apa-apa yang diriwayatkan oleh dua rowi atau lebih  Dan ada yang berpendapat bahwasanya aziz itu apa-apa yang diriwayatkan oleh dua rowi dalam satu tobaqoh.

15  Hadits Maqbul Cari apa itu hadits maqbul ! Definisi dan kehujahannya  Hadits Mardud

16 A. Hadits shahih : 1. shahih lidzaatihi dan بني الإسلام على خمس : شهادة shahih lighairihi لولا أن أشق على امتى لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة B. Hadist hasan : 1. hasan lidzaatihi لولا أن أشق على امتى لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة 2. Hasan lighairihi أرضيتِ من نفسك ومالك بنعلين؟ قالت، نعم فأجاز

17 Shahih--- bahasa X saqim = haq X bathil Artinya : “Hadis sahih adalah hadis yng susunan lafadnya tidak cacat dan maknanya tidak menyalahi ayat (al-Quran), hdis mutawatir, atau ijimak serta para rawinya adil dan dabit.”

18 Hadits dla'if dan saudara-saudaranya.  Pembagian hadits dla'if :  - Dla'if akibat cacat pada sanadnya (gugur sanadnya)


Download ppt "KHABAR MUTAWATIR AHAD MUTAWATIR LAFDHIMUTAWATIR MAKNAWIMUTAWATIR AMALI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google